Cara Mengobati Gangguan Pendengaran Atau Tuli Pada Anak

klinikabar.com, Cara Mengobati Gangguan Pendengaran Atau Tuli Pada Anak - Definisi Tuli Atau Gangguan Pendengaran, Tuli atau Gangguan pendengaran adalah dimana kemampuan mendengar suara berkurang atau menghilang sama sekali. biasanya gangguan pendengaran ini berkembang secara bertahap tergantung dari penyebabnya.

Gangguan Pendengaran Atau Tuli


Gambar Cara Mengobati Gangguan Pendengaran Atau Tuli Pada Anak

3 Gejala Gangguan Pendengaran

  1. Bayi tidak dapat berinteraksi jika dipanggil
  2. Tidak dapat mendengar suara dengan jarak lebih dari 1,5 meter bagi balita, gangguan pendengaran dapat menyebabkan perkembangan yang lambat pada berbicara, pada jalan dan pada interaksi
  3. Telinga berdering dan sering timbul keluhan pusing dan kepala seperti berputar.

4 Penyebab Gangguan Pendengaran

  1. Keturunan, faktor cacat janin pada saat dalam kandungan
  2. Kelainan bawaan di bagian telinga
  3. Sering mendengarkan suara keras, bising dan gangguan pada saraf telinga
  4. Gangguan pada kelenjar tiroid yang mempengaruhi saraf pendengaran

2 Jenis Tuli Yang Mungkin Timbul 

1. Tuli Konduktif

Tuli konduktif terjadi bila sejumlah keadaan menghentikan gelombang suara mencapai telinga bagian dalam.

2. Tuli Sensorineural

Terjadi bila saraf pendengaran sebenarnya telah rusak, juga terdapat tuli yang diderita sejak lahir - tuli kongenital. Tuli ini dapat terjadi karena sejumlah faktor, yang paling dikenal berupa kerusakan pada telinga yang sedang berkembang pada awal kehamilan karena serangan cacar atau karena serangan rubella.

Kegagalan perkembangan mekanisme pendengaran sebelum lahir, faktor-faktor keturunan, atau obat yang diminum selama kehamilan dapat juga menyebabkan seorang anak terlahir dengan tuli.

Cara Telinga Kita Mendengar

Telinga terdiri dari tiga bagian 

1. Telinga Luar

Terdiri dari daun telinga (lipatan kulit dan tulang rawan berbentuk di setiap sisi kepala) dan lubang telinga yang menuju ke gendang telinga. Gendang telinga adalah suatu selaput tipis yang tegang, yang memisahkan telinga bagian luar dan telinga bagian tengah dan bergetar karena gelombang suara yang melewati saluran pendengaran luar.

2. Telinga Tengah

Suatu ruang tertutup yang kecil dan mengandung tiga tulang kecil yang bergetar sebagai respon terhadap getaran gendang telinga.

3. Telinga Dalam

Terdiri dari koklea (berbentuk menyerupai rumah siput) dan "saluran setengah lingkaran" keduanya sangat istimewa ada hubungannya dengan keseimbangan. Koklea juga menghantarkan impuls listrik ke otak. otak mengolah impuls tersebut sehingga dihasilkan kesadaran akan bunyi atau suara.

Tanda Tuli

Sebab kongenital apa pun bagi tuli akan ditemukan pada waktu anak usia dua tahun dalam kelompok usia dua sampai lima tahun, dan ini lazim terjadi tuli konduktif, biasanya akibat infeksi di dalam saluran pernapasan atas, melewati telinga bagian tengah dan menyebabkan nyeri telinga yang hebat. Seorang anak bisa menderita sejumlah ketulian. Jadi serangan infeksi berulang seharusnya menyadarkan orangtua akan kemungkinan timbulnya tuli.

Tanda peringatan lain adalah bila anak berulang kali tidak menanggapi permintaan, atau tidak merespon apa yang anda katakan, terutama jika anak tidak dapat memahami apa yang anda bicarakan kepada anak anda. Jangan beranggapan bahwa tidak tanggapnya anak hanya cermin kenakalan dari anak itu.

Tanda lain bagi kemungkinan masalah pendengaran adalah jika anak meminta  suara televisi ditinggikan volumenya. Jika ada keraguan tentang pendengaran anak anda, minta dokter melakukan tes pendengaran yang formal.

Tuli dapat juga diakibatkan oleh kerusakan karena serangan penyakit virus yang berat, seperti karena campak atau karena gondongan, jadi kecurigaan apa pun tentang kesanggupan mendengar setelah infeksi seperti itu harus diperiksa dokter.

Cara Tes Tuli

Pendengaran mungkin sulit diukur dengan tepat pada anak usia dua sampai tiga tahun. Mereka mungkin perlu mengikuti klinik yang menggunakan teknik pengalihan perhatian khusus untuk memeriksa pendengaran.

Anak berusia empat sampai lima tahun dapat diperiksa dengan memperdengarkan nada dalam berbagai frekuensi melalui haad-phone secara terpisah ke dalam masing-masing telinga. tetapi untuk menjamin ketepatan tes :

1. Anak harus dibuat nyaman dan tentram terhadap pemakaian head-phone.
2. Anak harus sanggup memberikan tanggapan dengan tepat (biasanya anak akan mengetukkan tongkat ke meja atau dengan memindahkan batu kemainan lain) atas respon suara berbeda yang anak bisa dengarkan, dan ini memerlukan konsentrasi. banyak anak senang melakukan tes ini serta memberikan hasil yang tepat.

Cara Mengobati Tuli

Sedikit yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pendengaran jika terjadi kerusakan saraf pendengaran jika terjadi kerusakan saraf pendengaran, misalnya karena serangan campak.

Tetapi banyak yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tuli konduktif :
1. Tetes hidung dekongestan akan membantu mengurangi pembengkakan yang masih tersis dan memungkinkan pengalihan cairan apa pun yang terjebak di dalam telinga bagian tengah.

2. Ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan mungkin menemukan adanya banyak cairan di dalam telinga bagian tengah, yang perlu dialirkan ke luar di bawah anestesi umum di rumah sakit. Sering kemudian dipasang pipa ventilasi plastik kecil yang dinamakan grommet untuk memungkinkan sirkulasi udara yang bebas melalui telinga tengah dan mencegah kambuhnya keadaan ini. biasanya pipa kecil ini keluar sendiri secara spontan setelah setahun atau delapan belas bulan kemudian.

Penutup

Kebanyakan kasus tuli konduktif berespon terhadap pengobatan ini, tetapi mungkin perlu mengalirkan cairan telinga tengah lebih dari satu kali jika infeksi sering terjadi.

Baca Juga Cara Melatih Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel