Impetigo : Gejala - Penyebab Dan Cara Mengobati Impetigo Pada Anak

klinikabar.com, Penyebab Dan Cara Mengobati Impetigo Pada Anak - Apa Itu Impetigo? Impetigo adalah suatu infeksi kulit yang sangat menular, dan anak-anak dalam kelompok usia ini tidak jarang menderita impetigo setelah pilek, infeksi ini dapat menyebar ke bagian wajah lainnya tau kadang-kadang bagian badan lainnya karena anak tidak dapat menahan diri untuk menggaruk atau mengorek rash ini.

Impetigo Pada Anak

Gambar Impetigo : Gejala - Penyebab Dan Cara Mengobati Impetigo Pada Anak

Infeksi akibat impetigo ini juga dapat cepat berpindah-pindah dari seorang anak ke anak lainnya karena kontak dekat, terutama selama awal anak memasuki usia sekolah.

Tanda Dan Gejala Impetigo

Pada awalnya impetigo tampak sebagai pembengkakan kecil seperti gelembung, yang sering adalah terjadi di sekeliling hidung atau bibir. Gelembung ini cepat membentuk keropeng di atasnya, keropeng ini berwarna kekuningan yang mudah dilepaskan, meninggalkan permukaan kulit yang telanjang tampak basah ini dan dapat cepat menyebar ke kulit sekelilingnya. Ini umumnya terjadi penyebaran ke anak-anak lainnya karena kontak jari atau dari handuk pada keadaan impetigo dalam stadium ini. Kadang-kadang rash ini dapat dikelirukan dengan kurap, karena awal yang sering terjadi kesembuhan, baik pada impetigo atau pada kurap.

Cara Mengobati Impetigo

Dokter akan memberikan resep salep yang dapat membasmi infeksi ini dengan cepat. kadang-kadang jika dalam skala luas, mungkin perlu pemberian serangkaian antibiotika melalui mulut, tetapi impetigo yang skala kecil dan dapat cepat diobati risiko penyebarannya rendah, baik ke bagian tubuh lain si penderita atau kepada orang lain.

Cara Pencegahan Impetigo

1. Pengobatan dini dan pengobatan yang tepat atas bercak impetigo terkecil adalah tindakan pencegahan pertama.

2. Penderita harus mempunyai saputangan atau handuk sendiri, tidak ada anggota keluarga, anggota kelompok bermain lain, atau teman sekolah lain yang boleh menggunakan handuk dan saputangan tersebut. Saputangan atau handuk ini harus sering diganti dan dicuci terpisah dari cucian keluarga - hindari penggunaan deterjen keras untuk mencuci saputangan atau handuk tersebut dan bilas hingga bersih.

Beruntung sekarang sudah ada antibiotik yang modern, sehingga pengucilan dari sekolah tidak akan lama berlangsung pada anak yang menderita impetigo, tetapi mungkin bijaksana membuat anak anda tetap berada di rumah dengan impetigo selama satu atau dua hari, selama itu - dengan pengobatan - rash akan membaik dengan nyata. risiko penularan pun menjadi kecil.