Mencegah Dan Mengobati Hipotermia Pada Anak

klinikabar.com, Mencegah Hipotermia Dan Mengobati Hipotermia Pada Anak, Hipotermia adalah suatu keadaan bahaya dan dapat timbul jika bayi mengalami kedinginan. Suhu badan normal harus dijaga tetap sekitar 37 derajat Celcius (98, 4 derajat fahrenheit). Suhu badan bayi muda sangat penting, karena mekanisme pengontrolnya belum sempurna. Dengan mencapai usia enam atau tujuh bulan, suhu badan lebih mudah dipertahankan pada tingkat yang tepat dan bayi dapat bergerak-gerak sehingga membantu mempertahankan dirinya untuk terasa hangat.

Hipotermia Pada Anak


Gambar Mencegah Dan Mengobati Hipotermia Pada Anak


Untuk mencegah agar anak tidak hipotermia, oleh karena itu bayi sangat muda perlu diberikan pakaian yang cocok dengan iklim, suhu kamar atau kamar-kamar yang ditempati bayi tersebut harus selalu dijaga kehangatannya, dan yang ideal adalah 60 derajat sampai 65 derajat fahrenheit.

Tanda Dan Gejala Hipotermia.

Ironisnya sering bayi yang menderita hipotermia mempunyai warna kulit merah muda yang segar, setelah kulitnya diperhatikan, disana akan terlihat bagaimana anak anda mengalami hipotermia, setiap bagian tubuh akan terasa sangat dingin. Dan bayi  akan terlihat banyak diam dan banyak mengantuk, sering suhu badannya dibawah 95 derajat fahrenheit. Diperlukan termometer khusus yang tersedia di rumah sakit untuk mengukur suhu tubuh sebenarnya.

Mengobati Hipotermia.

Jika anak anda terserang hipotermia, maka segera mencari pertolongan dokter, apalagi jika hipotermia tersebut merupakan hipotermia berat, suhu badan bayi harus segera dinaikkan perlahan-lahan, agar gangguan metabolisme pada badannya dapat diperbaiki. Lalu bagaimana langkah-langkah pertama untuk menangani anak yang hipotermia sebelum dokter datang?. Tingkatkan suhu ruangan tempat dimana bayi berada, berikan ia minuman hangat, gendong bayi anda dengan tubuh anda anda.

Cara Mencegah Hipotermia Pada Anak

Pada hipotermia, pencegahan lebih baik daripada pengobatan, sadari bahwa manusia yang sangat kecil dan manusia yang sangat tua cenderung mudah mengalami hipotermia, selalu pastikan bahwa ruangan telah cukup hangat dan bahwa bayi telah diberi pakaian hangat. Tetapi hati-hati pula terhadap rush panas dan jangan terlalu sering menggendong bayi, pengalaman akan memperlihatkan bagaimana mendapatkan keseimbangan yang menyenangkan.

Penutup

Jangan mencoba untuk menghangatkan badan bayi yang terkena hipotermia dengan memberikan pakaian yang bertumpuk di tubuhnya, karena ini hanya akan mengisolasi rasa dingin di dalam tubuh, jangan mencoba juga untuk mengelilingi tubuh anak anda yang hipotermia dengan botol-botol yang berisi air hangat, karena menyebabkan kemungkinan luka bakar pada kulitnya, ini akan menyebabkan pembuluh darah permukaan melebar akibat respon tubuh terhadap panas, pada gilirannya ini akan membuang panas lebih lanjut dari organ dalam yang vital, yang telah menderita efek dingin ini.

Baca Juga Cara Mengobati Asma Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel