5 Cara Mengganti Saringan Lantai Kamar Mandi Dan Memasang Floor Drain

klinikabar.com, Mengganti Dan Memasang Floor Drain Sesuai Dengan Ukuran Lubang, segera ganti floor drain anda yang rusak, hindari masalah yang mungkin terjadi dari floor drain yang rusak tersebut. Dan tentu cara mengganti floor drain ini sangat mudah. Silahkan simak dan ikuti tahapannya bagaimana mengganti dan memasang saringan lantai kamar mandi atau floor drain

Mengganti Saringan Lantai Kamar Mandi


Gambar 5 Cara Mengganti Saringan Lantai Kamar Mandi Dan Memasang Floor Drain


3 Penyebab Floor Drain Kamar Mandi Rusak

Penyebab floor kamar mandi rusak adalah jika floor drain terbuat dari plastik maka seringkali rusak karena gigitan tikus atau patah karena tertimpa benda keras, floor drain yang terbuat dari logam biasanya rusak karena karat.

Floor drain rusak mengakibatkan banyak masalah yaitu : Kamar mandi menjadi bau, dan saluran pembuangan air pun jadi tersumbat. Sebelum kerusakan itu membuat banyak masalah, segera ganti floor drain itu. Dan caranya sangat mudah dan anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mengganti Floor Drain Atau Saringan Lantai Kamar Mandi

Alat Dan Bahan :

  • Floor drain atau saringan lantai kamar mandi
  • Pasir 1 kg
  • Semen 1 kg
  • Sendok adukan semen
  • Ember adukan
  • Pahat dan palu
  • Sarung tangan

Cara Pengerjaan :

1. Bongkar floor drain lama yang rusak menggunakan pahat dan palu, bersihkan area bekas pemasangan floor drain lama. pada saat membongkar, pastikan tidak ada material bobokan yang masuk ke dalam lubang pembuangan karena akan menyumbat saluran pembuangan air. Sumbat bagian atas saluran pembuangan dengan kertas.

2. Buat adukan semen dan pasir secukupnya, menggunakan sendok semen, tempelkan adukan ke seputar bibir lubang saluran pembuangan.

3. Ambil bagian mangkok floor drain dan masukkan bagian bawahnya ke lubang pembuangan, tekan dan ratakan ke adukan semen. sebelumnya, singkirkan dulu kertas penghalang material tadi.

4. Tutup bagian pinggir floor drain dengan adukan semen, rapikan, pada saat semen setengah kering, taburkan semen kering ke atasnya, tunggu hingga semen benar-benar kering.

5. Pasang bagian saringan floor drain baru pun terpasang.

Cara Memasang Floor Drain atau Saringan Lantai Kamar Mandi

  • Untuk memudahkan penggantian, sebaiknya pilih jenis floor drain yang sama persis ukurannya dengan floor drain anda yang lama.
  • Floor drain umumnya memiliki dua bagian yaitu : mangkuk dan saringan, jika kerusakan hanya pada bagian penyaring, anda tentu tidak perlu mengganti floor drain secara keseluruhan, cukup ganti saringan lama dengan saringan yang baru.
  • Sebaiknya pilih floor drain dari bahan plastik anti tikus, floor drain dari material logam mudah berkarat pada baut pengikat saringan.

Penutup 

Mengganti saringan kamar mandi atau floor drain yang telah rusak harus dengan hati-hati agar tidak merusak lantai keramik kamar mandi disekitarnya. Itulah bahasan tentang cara mengganti saringan lantai kamar mandi atau floor drain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel