Infeksi Ginjal Pada Anak Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Anak

klinikabar.com, Infeksi Ginjal Pada Anak Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Anak - Mengenai para penderita tekanan darah tinggi, kasus darah tinggi pada anak-anak sangat menonjol dalam hal penting lain. Biasanya penderita tekanan darah tinggi sejak anak-anak tidak pernah menikmati hidup sehat.

Infeksi Ginjal Pada Anak

Gambar Infeksi Ginjal Pada Anak Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Anak

Dalam usia tujuh belas tahun biasanya penderita tekanan darah tinggi yang di idap pada masa kanak-kanak akan masih mengidap gangguan ginjal yang dialaminya sejak bayi. Gejala gangguan ginjal yang pertama adalah kejang-kejang yang merupakan pengalaman yang mengerikan bagi orang tuanya yang menyangkal anak itu sudah meninggal.

Namun ternyata anak itu cepat pulih kembali, dan dokter akan menanganinya untuk membuat tentram orangtuanya bahwa kejang yang tiba-tiba itu hanya disebabkan oleh demam tinggi yang dideritanya saat itu. Kejang karena panas seperti itu sangat sering terjadi pada anak kecil, dan cenderung hampir selalu menghilang sebelum memasuki usia sekolah.

Yang lebih penting bagi dokter pada sakit yang pertama itu adalah penyebab demam. dan biasanya anak tidak punya penyebab yang nyata untuk demam yang dialaminya. seperti pilek atau infeksi paru-paru. dan biasanya juga anak tidak memperlihatkan gejala sakit yang lebih serius, seperti meningitis. Meningitis adalah suatu radang selaput otak akan tetapi, sampel urinnya mengungkapkan demam, dan anak akan terlihat seperti menderita infeksi yang hebat pada kantung kemihnya dan mungkin pada ginjalnya.

Baca Juga Cara Kerja Obat Diuretik Dan 12 Golongan Obat Diuretik

Infeksi Ginjal Karena Turunan

Obat antibiotika menghilangkan infeksi tersebut, namun pemeriksaan dengan sinar X yang dilakukan kemudian memperlihatkan bahwa anak mengalami kerusakan ginjal, dan sebagian kerusakan itu pasti terjadi pada infeksi sebelumnya yang tidak memperlihatkan gejala apapun. Sejak saat itu anak akan menjadi sering sakit, dan membutuhkan pengobatan untuk infeksi ginjal yang berulang-ulang.

Sangat beruntung, seiring dengan pertambahan usia anak, infeksinya berangsur hilang dan gangguan ginjal akan sembuh, namun  pemeriksaan dengan sinar-X memperlihatkan masih ada parutnya. menjelang akhir usia belasan, secara jasmaniah ia sehat seperti orang lain, namun kerusakan ginjalnya meskipun tidak bertambah parah, dan tidak mungkin membuat pendek usianya akan mewariskan tekanan darah yang lebih tinggi daripada tekanan darah normal.

Awal Pengobatan Seumur Hidup Darah Tinggi Pada Anak

Dokter akan mempertimbangkan apa yang harus dilakukan. apakah mereka harus mengobati gangguan ini, yang tidak disadari oleh anak, dengan kemungkinan bahwa pengobatan tersebut membuat anak merasa lebih buruk daripada apa yang dirasakannya sekarang, atau apakah mereka harus menunggu dan melihat perkembangannya selama beberapa tahun lagi?

1. Setelah dipertimbangkan, mereka memutuskan untuk memulai pengobatan karena tiga alasan : Jika anak yang akan diobati adalah anak yang cerdas dan mempunyai rasa tanggung jawab yang akan menerima dengan tenang berita bahwa ia membutuhkan pengobatan seumur hidup, maka anak akan memahaminya serta mau diajak kerja sama.

2. Jika anak akan masuk ke perguruan tinggi, maka anak harus mengetahui segala sesuatu mengenai dirinya dan risiko yang akan dideritanya dan seandainya anak jatuh sakit. Di tahun-tahun mendatang mencakup keputusan yang harus dibuat mengenai pengendalian kelahiran dan kehamilan, dan tekanan darahnya akan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan yang diambil itu.

3. Ada bukti yang sangat kuat sekarang ini bahwa semakin awal tekanan darah tinggi dikendalikan dengan baik, semakin baik dan semakin lama harapan hidup. Maksud dokter adalah memberikan kesempatan untuk mencapai usia lanjut yang sehat dan bahagia, dengan segera ia mulai mengobati tekanan darah tinggi pada anak tersebut.

Anak yang menerima keputusan ini, anak akan memulai rangkaian pengobatan untuk mempertahankan tekanan darahnya pada batas yang normal. dan sekarang jika anak memasuki tahun pertama di perguruan tinggi tanpa ada batasan untuk kegiatan akademiknya dan kegiatan waktu senggangnya. Maka anak akan ikut gembira dan merasa lebih segar daripada sebelumnya. Tablet penurun tekanan darahnya yang diminumnya sekali sehari pada waktu pagi, samasekali tidak mengganggu kesenangan hidupnya.

Pemecahan Kasus Tekanan Darah Tinggi Yang Berat Pada Anak - Karena infeksi ginjal pada masa anak-anak diketahui dan ditangani lebih baik, maka kasus seperti yang dijelaskan diatas sudah jauh berkurang. anak sendiri jadi lebih beruntung daripada yang lain, yang ginjalnya pada akhirnya sama sekali tidak berfungsi lagi, baik karena kerusakan yang disebabkan oleh infeksi yang berulang-ulang, maupun disebabkan oleh penyakit ginjal pada masa anak-anak lainnya. Dan kini, pencangkokan dan dialisis ginjal dewasa ini dapat mengatasinya, dan juga masalah tekanan darah yang diakibatkannya.