Penyakit Seliak : Tanda, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Seliak Pada Anak

klinikabar.com, Penyebab Dan Cara Mengobati Seliak Pada Anak - Apa Itu Penyakit Seliak? Penyakit seliak adalah keadaan yang jarang terjadi, penyakit ini timbul karena bayi yang tidak bisa toleran terhadap Gluten,  gluten adalah suatu senyawa yang ditemukan di dalam gandum dan produk rye, hanya, belum diketahui kenapa timbul ketidaktoleransian ini, tetapi mungkin disebabkan alergi.

Baca Juga 6 Jenis Tes Alergi Pada Anak

Penyakit Seliak Pada Anak

Gambar Penyakit Seliak : Tanda, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Seliak Pada Anak

Tanda-tanda keadaan seliak ini timbul bila cereal yang mengandung gluten ditambahkan pada makanan bayi yang berusia sekitar enam bulan, tetapi mungkin seliak sudah terjadi beberapa bulan sebelum diagnosis akhir dibuat. Karena diperlukan waktu untuk timbulnya efek pada usus. Seliak dapat mengenai anak laki-laki dan anak perempuan.

Tanda Dan Gejala Penyakit Seliak Pada Anak

• Diare menjadi gejala pertama pada keadaan ini.
  • Tinja mempunyai bau sangat tidak menyenangkan dan berjumlah sangat banyak serta berminyak.
  • Nafsu makan yang buruk, dalam beberapa minggu anak menjadi kurus, tetapi mempunyai perut yang membuncit.
  • Anak akan merasa tidak nyaman dengan badannya, matanya menjadi sayu, dan menangis karena merasa sakit bagian perut.

Keadaan ini bisa membaik untuk sementara waktu, tetapi dalam satu atau dua minggu akan timbul serangan diare berikutnya. Sering serangan ini berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan. Dalam waktu beberapa minggu dan beberapa bulan, penambahan berat badan berkurang secara perlahan-lahan, kemudian berhenti. Akhirnya bila tidak segera diobati dengan tepat maka penurunan berat badan menjadi serius. Terkadang anak bisa menjadi sakit parah dengan diare dan muntah yang hebat, yang menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh).

Pemeriksaan Penyakit Seliak Pada Anak

Pada pemeriksaan laboratorium, tinja ditemukan mengandung banyak lemak yang tidak dicerna, ini menyebabkan tinja menjadi berminyak dan berbau busuk. Sepotong jaringan dari usus, yang diambil melalui pipa yang dimasukkan melalui mulut, akan memperlihatkan pola karakteristik penyakit bila diperiksa di bawah mikroskop.

Tetapi tes termudah dan paling dipercaya adalah dengan menyingkirkan makanan yang mengandung gluten dari makanan anak. Dalam beberapa hari akan jelas terlihat pertumbuhan yang menggembirakan pada anak, bisa dilihat dari nafsu makan anak yang akan membaik, diare akan berhenti dan secara bertahap berat badan anak akan naik, dan anak menjadi kembali riang dan ceria.

Cara Mengobati Penyakit Seliak Pada Anak

Semua bentuk gluten harus disingkirkan dari makanan, semua roti, kue, puding dan sebagainya harus dibuat dengan tepung bebas gluten. Makanan bayi instan yang mengandung gluten menjadi makanan yang masuk dalam daftar makanan yang dilarang. Kedengarannya mungkin itu sangat menyiksa anak ketika anak harus menghindari makanan yang mengandung gluten, tapi ibu bisa melihat, dalam waktu beberapa bulan, anak akan terbiasa dengan makanan yang tidak mengandung gluten.

Kesulitan dapat timbul pada waktu anak dengan penyakit seliak berkunjung ke rumah temannya dan ingin memakan apa yang tersaji, seperti ingin memakan roti, memakan puding atau makanan lainnya yang mengandung gluten, tetapi dengan bimbingan dan penjelasan kepada anak bersamaan dengan pertumbuhannya, kesulitan ini dapat diatasi. makanan bebas gluten harus diteruskan seumur hidup anak tersebut.