Proses Terjadinya Dan Penyebab Gelombang Pasang Air Laut

klinikabar.com, Proses Terjadinya Gelombang Laut Dan Penyebab Gelombang Pasang - Apa penyebab gelombang laut? Bila anda  duduk di dekat laut dan memperhatikan permukaan air laut, maka anda akan  menarik kesimpulan, bahwa pada keadaan hari cuaca terang hanya sedikit sekali terjadi riak gelombang di atas permukaan air, tetapi pada musim angin bertiup kencang atau angin taufan, muncul gelombang air laut yang besar juga.

Gelombang Pasang Air Laut



Gambar Proses Terjadinya Dan Penyebab Gelombang Pasang Air Laut


Penyebab gelombang air laut? Tentu saja mudah bagi kita untuk menarik kesimpulan tentang apa yang menyebabkan gelombang di dalam air itu, tidak lain adalah angin, sebuah gelombang adalah suatu cara berpindahnya satu bentuk tenaga dari satu tempat ke tempat lainnya, karena untuk memindahkan gelombang itu diperlukan sejenis tenaga pergerakannya, maka angin itulah yang menjadi sumber tenaga penggerak di air itu.

Bila anda memperhatikan bentuk gerak gelombang yang kelihatannya silih berganti, maka gelombang air itu tampak seperti bergerak maju ke depan, tetapi bila terdapat sekeping kayu yang mengambang di atas permukaan air itu, maka kita akan temukan bahwa kayu itu tidak bergerak maju seperti halnya gerak gelombang itu pada pandangan mata kita, ia hanya akan terlunta-lunta turun naik saja di tempat itu digerakkan gelombang. ia hanya bergerak dan berpindah tempat kalau angin mendorong kayu atau air pasang menghanyutkan kayu itu.

Lalu tenaga penggerak apakah yang terjadi di dalam gelombang itu? Sebuah gelombang di dalam air, pada hakekatnya, terjadi karena bergeraknya partikel-partikel di dalam air itu secara turun naik, gerakkan itu menjalar terus sampai mencapai tepi pantai, sedangkan partikel-partikel dalam air itu tetap saja, kita ambil satu contoh, misalnya kita membentangkan seutas tali itu, gerakkan tali itu turun naik dari gelombang itu akan menembus tali itu, tetapi ia tidak akan memindahkan partikel tali itu.

Oleh karena itu gelombang air ini semakin dekat menuju ke darat semakin pendek jaraknya menyentuh dasar laut maka kecepatan gerak gelombang itu berkurang karena terjadinya benturan dengan dasar itu, bagian atas permukaan air akan tetap bergerak terus, kemudian bergulung dan pecah. itulah yang kita sebut "pecahan ombak".

Akhirnya, tenaga yang mendorong gelombang itu sendiri membentur sepanjang jalur tepi pantai, berakhir di situ dan lenyap, jika anda ingin mengujinya, mudah saja, berdirilah di dalam air, di antara hempasan gelombang di sepanjang tepi pantai, maka anda akan merasa bahwa seolah-olah ada kekuatan yang mendorong anda.

Di dalam gelombang air, partikel-partikel air bergerak menurut garis lingkar, sambil bergerak ke atas dan maju, oleh karena didorong oleh angin, kemudian ia jatuh lagi ke bawah dan bergerak mundur oleh karena terseret oleh daya tarik bumi, sehingga bentuk gelombang air yang membumbung itu mengalun lagi ke bawah menjadi rata, gerakan turun naik inilah yang menyebabkan gelombang itu bergerak maju. jarak antara satu jalur gelombang dengan yang lainnya kita sebut panjang gelombang, sedangkan titik yang terendah kita sebut "serokan".

Apakah Gelombang Pasang Itu

Pada tanggal 27 agustus 1883, pulau Krakatau dalam gugusan kepulauan Indonesia, telah meletus dan memuntahkan debu gunung berapi yang luar biasa dahsyatnya, sebagai akibat dari letusan gunung berapi ini, terjadi lah gelombang air pasang, yang membumbung dengan ketinggian lebih dari 100 kaki, ratusan desa dan daerah tanaman telah dilanda oleh letusan gunung tersebut sehingga banyak tanaman dan hewan ternak juga manusia yang tewas dan binasa. Kemudian gelombang itu  pun terasa pula kecepatan sampai 700 mil per jam. Akibat gelombang itu pun terasa pula di sepanjang pantai Australia dan California, yang berada pada jarak ribuan mil.

Pada tahun 1946, satu gempa bumi yang hebat terjadi di landasan samudera dekat kepulauan Aleutia, sebuah gelombang raksasa, yang dalam waktu kurang dari lima jam telah menempuh jarak 2.000 mil muncul dan melanda Hawaii, gelombang air itu menyapu hanyut rumah-rumah dan jembatan serta menghempaskan kembali ratusan kaki jauhnya,lebih dari 170 orang korban telah meninggal.

Kedua gelombang raksasa itu kita sebut gelombang pasang,  bentuknya berbeda-beda sama sekali dengan gelombang biasa yang kita saksikan di laut atau yang kita temukan di sepanjang pantai, gelombang ini tidak ada hubungannya dengan angin atau air pasang surut.

Para ahli ilmu pengetahuan memberikan nama khusus kepada gelombang pasang semacam ini, mereka menyebutnya "tsunami". Suatu gelombang pasang atau tsunami biasanya disebabkan oleh gangguan yang terjadi di dalam dasar laut. yaitu gempa bumi dasar laut.

Sebuah gempa bumi di dasar laut akan menimbulkan satu goncangan gelombang yang bergerak melalui pukulan air di atasnya, tidak bedanya dengan satu bunyi yang keras melintasi ruang udara, memang pada kenyataannya, goncangan gelombang itu bergerak melalui air dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan suara. Bila sebuah kapal kebetulan berada di wilayah terjadinya gelombang pasang, maka kapal itu terhempas oleh goncangan gelombang itu terbentur keras pada bukit batu karang.

Pada saat terjadi gempa bumi di dasar lautan, dasar laut itu akan bergerak longsor dan bergeser, gerak melongsor dan menggeser inilah yang menyebabkan guncangan yang mengganggu itu an menimbulkan gelombang pasang. kadang-kadang terjadi tekanan yang dalam terhadap tumpukan air yang ada disekitar itu, kadang-kadang terbentuk setumpuk gunung air yang membumbung ke atas dengan cara tiba-tiba, maka terjadilah gelombang pasang dan segera pula ia bergerak melintasi lautan dengan kecepatan yang luar biasa.

Penutup

Apabila sebuah gelombang pasang mendekati daratan, maka tanda-tanda yang pertama kita lihat satu gejala yang cukup ganjil, kita akan saksikan permukaan air menjadi tinggi bagaikan pada saat terjadinya gelombang biasa, tetapi beberapa menit kemudian permukaan air itu merosot luar biasa rendahnya, seolah-olah telah terjadi air surut, sebagian besar wilayah landasan dasar laut yang berada dekat pesisir pantai akan dilanda olehnya, maka terjadilah gelombang pasang raksasa, yang datang menyerbu sambil menderu-deru.

Baca Juga Kenapa Gerhana Matahari Dan Bulan Jarang Terjadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel