Kenapa Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari Jarang Terjadi

klinikabar.com, Kenapa gerhana bulan dan gerhana matahari jarang terjadi? Bila bulan dalam perjalanannya mengitari bumi langsung melewati wilayah  antara bumi dan matahari, maka bulan itu akan memantulkan bayangan ke atas permukaan bumi, lalu terjadilah gerhana matahari.

Suatu gerhana matahari hanya terjadi apabila bulan baru, karena pada saat itu bulan berada pada sisi belahan bumi yang menghadap arah ke matahari, lalu mengapakah tidak terjadi gerhana matahari pada setiap kali muncul bulan baru? Karena tiada lain karena jalur lingkaran perjalanan bulan melingkari bumi itu tidaklah selalu tepat bertumpukkan dengan lingkaran orbit bumi berkeliling matahari itu.

Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari

Dalam jangka waktu perjalanan, tiap jarak 29 hari berkeliling bumi itu, bulan terkadang lewat di atas atau di bawah jalur lingkaran perjalanan bumi itu. Itulah sebabnya gerhana matahari bisa berbentuk gerhana penuh, gerhana berbentuk cincin, atau gerhana sebagian, bila bulan itu menutup cahaya matahari dengan bayangan yang penuh, maka gerhana itu kita sebut gerhana penuh, tetapi letak bulan itu tidak selalu berada pada jarak yang sama terhadap bumi.

Gambar Kenapa Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari Jarang Terjadi


Sangat sering bulan terlampau jauh dari bumi untuk dapat melindungi matahari sepenuhnya, dalam hal semacam ini, bulan itu akan kelihatan seperti sebuah keping cakram yang hitam gelap, yang menutupi penuh permukaan matahari, kecuali tersisa semacam lingkaran yang mengkilat sekeliling pinggir matahari.

Lingkaran cincin yang bercahaya ini disebut "annulus" yang berarti "cincin" itulah sebabnya jenis gerhana cincin semacam ini disebut gerhana cincin, terjadinya gerhana matahari sebagian apabila hanya sebagian apabila hanya dari bulan yang berupa cakram hitam gelap itu berada diantara matahari dan bumi.

Terjadinya Gerhana Bulan

Sebuah gerhana bulan hanya terjadi pada waktu bulan purnama, oleh karena letak bulan itu berada tepat di ujung seberang bumi yang bertentangan dengan matahari, bila bulan itu terletak langsung di balik bumi dan terlindung dari pancaran sinar matahari, maka ia akan masuk perlahan-lahan ke dalam kerucut-bayangan yang dipantulkan oleh bumi itu dan menghilang dari pandangan mata kita sehingga terjadilah gerhana bulan penuh.

Suatu gerhana bulan sebagian akan terjadi bila bulan itu memasuki hanya sebagian dari kerucut-bayangan pantulan bumi itu. Terkadang sampai dengan jeda beberapa tahun lamanya tidak terjadi gerhana bulan, tetapi pada tahun tertentu bisa terjadi satu sampai tiga kali gerhana.

Penutup

Pada umumnya, setiap tahun terjadi paling kurang dari gerhana dalam tata surya kita, dan paling banyak lima kali, tetapi dari satu titik tertentu di permukaan bumi ini, orang hanya bisa menyaksikan adanya gerhana penuh dalam jangka waktu 360 tahun.

Baca Juga Apa Itu Pelangi Dan Proses Terbentuknya Pelangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel