4 Cara Mengatasi Trauma Setelah Kecelakaan

klinikabar.com Trauma Karena Kecelakaan, kecelakaan seakan jadi masalah yang tidak ada hentinya, setelah tangis dan kesedihan serta kesakitan, masih ada bayangan kecemasan dan trauma yang terus mengejar. dibutuhkan dukungan yang besar untuk bisa bangkit dari trauma.


Gambar 4 Cara Mengatasi Trauma Setelah Kecelakaan



Apa Itu Trauma

Trauma adalah suatu yang umum terjadi pada seseorang yang mengalami kecelakaan, apalagi jika kecelakaan nyaris merenggut nyawanya. kecelakaan yang mengancam nyawa atau yang menyebabkan seseorang hampir kehilangan nyawa atau terluka berat akan sangat berpengaruh pada kondisi orang tersebut setelah kecelakaan.

bahkan, berpengaruh pada kondisi orang tersebut sampai jauh hari sesudah kecelakaan itu. ilmu kedokteran jiwa menyebutnya sebagai gangguan stres pasca trauma.

Kenapa Wanita Lebih Rentan Akan Trauma

tidak bisa dipungkiri bahwa kecelakaan yang berat atau mengancam nyawa seseorang memang bisa mempengaruhi kondisi psikologis seseorang, kecelakaan yang berat yang mengancam nyawa seseorang minimal bisa memberikan dampak gangguan stress akut.

bahkan gangguan psikologis akibat kecelakaan ini juga berpotensi terjadi hingga jauh hari setelah kecelakaan. dalam dunia kesehatan jiwa, gangguan seperti ini disebut dengan gangguan stres pasca trauma, dan biasanya gangguan stres ini terjadi lebih dari satu bulan.

meskipun sudah umum dialami banyak orang, gangguan stres ataupun gangguan stres pasca trauma ini lebih rentan terjadi pada perempuan dengan ciri kepribadian , tertentu. wanita yang dimaksud adalah wanita yang memiliki kepribadian ambang, dan faktor stres sebelum kejadian kecelakaan pun bisa mempengaruhi.

beberapa faktor lain misalnya karena kurangnya dukungan dari keluarga dalam menghadapi peristiwa tersebut, trauma dimasa  kecil atau di masa anak-anak dan mengkonsumsi alkohol yang berat sering menjadi pertanda rentannya orang mengalami gangguan stres ini.

Gejala Awal Trauma Yang Sering Diabaikan

gangguan stres setelah kecelakaan atau gangguan stres pasca trauma bisa berlangsung bertahun-tahun, namun, tidak banyak yang mampu mengenali gejalanya, khususnya pada saat awal kejadian.

keluarga dan petugas mungkin lebih fokus pada kondisi fisik yang terluka akibat kecelakaan tersebut, namun tidak atau lupa memikirkan luka mental yang mungkin sangat sering terjadi pada kondisi tersebut.

gejala dari gangguan stres akut dan gangguan stres pasca trauma secara fisik adalah sulit tidur, menjadi lebih sensitif, mudah marah, sulit konsentrasi, gejala lain yang paling mudah dikenali adalah sikapnya yang selalu menghindari kondisi, tempat atau sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa traumatis tersebut.

mereka juga merasa berada dalam situasi itu kembali karena selalu menghubungkan pikirannya dengan peristiwa traumatis tersebut.

adanya trauma menyebabkan seseorang sering mengalami mimpi menakutkan yang terkait dengan peristiwa itu, sehingga, seseorang ini akan mengalami kondisi stres yang tidak nyaman yang dipicu oleh adanya sesuatu baik internal atau pun eksternal yang berhubungan dengan peristiwa traumatis tersebut, atau sesuatu yang sekiranya mempunyai makna mirip atau serupa dengan peristiwa traumatis itu.

Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri Setelah Kecelakaan

gangguan kejiwaan berakibat pada gangguan pikiran, perasaan dan perilaku seseorang sehingga, gangguan kejiwaan bisa mengganggu fungsi pribadi dan fungsi sosial seseorang, maka itu, penanganan orang yang mengalami gangguan stres akut dan gangguan stres pasca trauma memerlukan perhatian yang baik.

pertama, dapat dilakukan dengan mengabaikan adanya gejala gangguan tersebut dan segera meminta pertolongan ahli jika timbul masalah. "selain kondisi fisik, juga perlu diperhatikan apakah ada gejala-gejala seperti mimpi buruk, pikiran yang selalu bertujuan pada kondisi kecelakaan, sulit tidur dan sulit konsentrasi.

lalu perhatikan apakah pasca perawatan fisik yang sudah selesai, ada gejala-gejala berhubungan dengan pikiran yang terus terokupasi dengan peristiwa tersebut.

terkait dengan penanganan dari gangguan stres akut dan gangguan stres pasca trauma, dokter pada umumnya akan memberikan obat jenis antidepresan SSRI seperti : Sertraline (Zoloft). obat tidur yang biasanya mempromosikan tidur dan membantu tidur lebih lelap juga bisa diberikan untuk pasien, kebanyakan obat ini berasal dari golongan benzodiazepine seperti estazolam.

selain itu, psikoterapi yang sifatnya individual juga bisa dilakukan untuk merekonstruksi kembali kepercayaan diri dan mengurangi rasa penyesalan yang bisa timbul bila pasien mengalami kecelakaan yang mengakibatkan nyawa orang lain hilang.

4 Tips Mengatasi Trauma Pasca Kecelakaan

1. perbaiki kondisi fisik dengan baik, kesehatan yang baik akan mempengaruhi kondisi mental emosional

2. sadari, peristiwa kecelakaan sudah terjadi dan tidak ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk menganggap hal tersebut tidak ada.

3. segera kenali gejala stres traumatis akibat kecelakaan itu.

4. segera meminta pertolongan pada tenaga ahli, jika dibutuhkan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel