Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Sfigmo Atau Sfigmomanometer

klinikabar.com, Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Sfigmo - Ada sedikit misteri tentang sfigmomanometer, atau sering disebut sfigmo, sfigmo atau sfigmomanometer adalah alat yang terdiri dari manset kain yang membungkus kantong kedap udara, yang dipompa melalui sebuah selang dari sebuah pompa yang menyerupai bulatan bola karet, dan kantong kedap udara tersebut dihubungkan dengan alat pengukur tekanan.

Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Sfigmo Atau Sfigmomanometer

Alat ini dapat berupa sebuah tabung air raksa dengan sebuah pipa kaca yang vertikal atau sebuah meteran tekanan yang mirip dengan barometer.

Gambar Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Sfigmo Atau Sfigmomanometer


Manset dililitkan pada lengan pasien, dan kantung udara di dalam manset dipompa dengan meremas bola karet secara ritmis. Tekanan di dalam manset dengan cepat naik melampaui tekanan pada arteri pada lengan sehingga membendung aliran darah melalui arteri tersebut. Orang yang mendengar dengan stetoskop diatas tempat arteri pada lekuk siku ketika manset ditekankan di atas tekanan sistolik tidak akan mendengar apapun.

Kemudian jika pendengar berhenti memompa, tekanan dalam manset turun perlahan-lahan, sehingga tiba-tiba suara denyut nadi dapat didengar berdetak dalam arteri. Angka yang ditunjuk pada waktu suara denyut nadi kedengaran - dan biasanya sangat mudah ditentukan.

Apa Itu Tekanan Sistolik

Tekanan sistolik adalah tekanan yang didesak pada pembuluh darah oleh jantung. pada tahap ini, tekanan manset masih lebih tinggi daripada tekanan diastolik - suara yang didengar pendengar adalah suara gesekan pada dinding arteri ketika darah mengalir dan arteri sebenarnya kosong pada setiap detakan.

Jika tekanan manset diturunkan lebih lanjut, detak yang didengar melalui stetoskop melemah, kemudian menghilang. tekanan pada waktu suara itu menghilang adalah tekanan diastolik, setelah itu darah terus-menerus mengalir di dalam arteri, dan dindingnya tidak lagi dirapatkan untuk menghasilkan bunyi.

Untuk orang yang berpengalaman, kegiatan ini hanya berlangsung beberapa detik. Perlu diperhatikan agar pasien atau orang yang akan diukur tekanan darahnya tidak menggunakan baju dengan lengan ketat apabila hendak mengukur tekanan darah. Karena baju yang berlengan ketat akan memberikan ukuran tekanan darah yang salah pada sfigmo atau sfigmomanometer.

Begitu sederhananya proses tersebut sehingga semua orang dapat dilatih untuk mengukur tekanan darah secara cukup seksama untuk menjadi pedoman pengobatan. Mengukur tekanan darah diri sendiri telah dilakukan oleh puluhan ribu orang di Amerika Serikat dan Eropa, namun kurang meluas di Inggris, alasan mengapa di inggris orang-orang tidak tertarik untuk melakukan pengukuran tekanan darah sendiri? Karena sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa orang inggris lebih suka memeriksakan tekanan darah tinggi ke dokter karena tidak dipungut biaya, dan di inggris, pengukuran tekanan darah tinggi dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.

Juga ada fakta lain dalam sikap banyak dokter inggris yang yakin bahwa penekanan berlebihan pada tingginya tekanan darah anda dapat membuat anda terganggu secara emosional, sehingga setiap perubahan sekecil apapun pada tekanan darah menyebabkan anda menjadi cemas. Jika tekanan darah sudah stabil pada tingkat yang normal, maka tekanan darah anda hanya perlu diukur tidak lebih dari satu kali dalam satu bulan.

Akan tetapi, dalam beberapa bulan pertama pengukuran tekanan darah sendiri dapat sangat membantu dokter, karena ia hanya melakukan penentuan obat mana yang akan dicatat dalam resep untuk pasien.

Tetapi anda harus membicarakannya dengan dokter jika anda akan mengukur tekanan darah anda sendiri, dan dokter akan memberikan apa saja hal yang bermanfaat untuk anda, dan jika bermanfaat, dokter juga akan memberitahu bagaimana cara pemakaiannya, berapa sering menggunakan sfigmo dan jenis alat apa saja yang harus anda persiapkan.

Disini alat yang menggunakan air raksa lebih mudah dalam perawatannya dan dapat tetap akurat untuk jangka waktu yang lebih lama daripada alat yang tidak menggunakan air raksa dan alat yang menggunakan air raksa harganya lebih murah.

Menentukan ukuran manset juga penting, jika anda kelebihan berat badan, atau ukuran lengan yang lebih besar dan tebal, pilihlah manset yang lebar dan panjang yang cocok di lingkaran lengan anda. jika manset terlalu sempit, hasil ukuran tekanan darah akan lebih tinggi daripada seharusnya. Manset ukuran normal biasanya cocok untuk semua orang dewasa yang beratnya normal, namun pada anak-anak diperlukan manset khusus. Oleh karena itu, anak yang bersangkutan perlu diajak pada waktu membeli manset, supaya ukurannya dapat langsung dicocokan.

Juga stetoskop harus ringan dan baik serta nyaman di telinga anda, anda harus mendengar jelas melalui stetoskop itu, tapi sekarang sudah banyak sfigmo yang sudah dilengkapi dengan stetoskop, yang khusus dirancang untuk memungkinkan pengukuran tekanan darah oleh diri sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel