Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Dengan Metode Laser

klinikabar.com, Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Dengan Metode Laser - Berhenti menghisap rokok bukan perkara gampang, magnet candu rokok begitu kuat menarik para perokok untuk kembali membakar dan menghisapnya lagi, Law Level Laser Therapy kini hadir untuk membantu mengatasi para perokok.

Cara Mengatasi Kecanduan Rokok


Gambar Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Dengan Metode Laser


Rokok berbahaya untuk kesehatan, seperti semua orang tahu hal ini, dengan perokok itu sendiri mengetahui tentang bahaya dari rokok untuk kesehatan. Sadar kesehatan bukan jaminan berhasilnya seorang perokok menjauhi rokok, sadar tapi bila tidak punya keinginan untuk berhenti apalah gunanya? Kalaupun ada tekad, seiring waktu tekad itu runtuh akibat tidak tahan melawan candu rokok.

Ada saja alasan para perokok, alasan bahwa berhenti merokok bukan hal yang mudah mungkin bisa diterima, namun dengan hadirnya banyak teknik berhenti merokok seperti sekarang ini, harusnya tidak ada alasan untuk berhenti merokok. Teknik yang dimaksud diantaranya teknik hipnotis, obat, hingga penggunaan koyo atau patch pengganti nikotin, kini ada satu metode baru yang diperkenalkan dalam upaya membantu terlepas dari jerat nikotin, yaitu dengan teknologi Low Level Laser Therapy (LLLT).

Namun, perlu diingat bahwa kunci sukses tetap terletak pada besarnya keinginan dan motivasi pasien dalam berhenti merokok. sebenarnya LLLT adalah jenis teknologi laser yang sudah lama berkembang. Teknologi ini, biasanya digunakan dalam perawatan kulit dan menghilangkan nyeri pada punggung, namun, kini teknologi ini terbukti mampu membantu seseorang lepas dari candu rokok, teknologi ini telah dikenal secara internasional, yaitu di Eropa, Kanada, Australia dan Amerika Serikat.

Low Level Laser Teknologi tidak berbahaya dan bebas dari obat-obatan, tanpa menimbulkan rasa sakit, teknologi ini efektif dalam menghentikan keinginan merokok. Bahkan, Low Level Laser Teknologi diakui sebagai alat tanpa risiko signifikan dan aman oleh FDA karena bebas obat-obatan. dan prosedurnya bebas dari bahan kimia ataupun obat-obatan yang dimasukkan ke tubuh pasien.

Low Level Laser Teknologi bekerja dengan menggunakan tingkat energi rendah atau laser "lembut". tingkat energinya lebih rendah ketimbang sinar lampu bohlam. Cara kerja LLLT adalah dengan menstimulasi sel-sel otak yang sudah dalam kondisi ketergantungan.

Efek yang diberikan bersifat biokimia, yaitu dengan meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah sehingga tidak panas dan tidak akan merusak sel yang masih hidup, penyinaran laser ini tidak merusak sel hidup, tetapi mengembalikan struktur biokimia di sel-sel otak agar kembali seperti semula atau pada kondisi sebelum kecanduan rokok, yaitu merasa rileks padahal tanpa bantuan nikotin.

Titik Akupuntur Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Metode LLLT merupakan gabungan antara akupuntur dan fisioterapi, metode akupuntur dalam terapi ini dilakukan dengan menembakkan laser pada titik-titik energi tertentu yang berguna mempengaruhi ketergantungan seseorang pada nikotin dengan mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah, disamping memberikan relaksasi dengan merangsang endorphin.

Ada 29 titik dalam tubuh yang mendapatkan penyinaran laser, titik-titik tersebut merupakan area yang berkaitan langsung dengan adiksi nikotin, titik tersebut ada pada tangan, pergelangan tangan, bibir, dan telinga. Pada titik-titik tertentu yang mendapat sinar laser, terdapat saraf dan pembuluh darah, terdapat dua puluh sembilan titik yang menjadi akses paling besar terhadap kerja otak.

Sada bibir, dua titik yang akan mendapat penyinaran adalah ujung bibir kiri dan kanan, bibir adalah salah satu area yang terkena dampak langsung merokok, area bibir biasanya menjadi cepat berkerut dan menghitam, dua area ini juga memiliki akses besar dalam mempengaruhi ketergantungan pada nikotin.

Tahapan Terapi Laser

Terapi LLLT terdiri dari tiga tahap, tahap awal umumnya memakan waktu sekitar satu jam, sedangkan tahap ke dua dan tahap ke tiga sama-sama memakan waktu 30 menit, pada dua sesi ini, laser ditentukan pada pengembalian atau penormalan fungsi otak sehingga menghilangkan candu.

Penyinaran itu hanya berlangsung 15 menit, yang dimaksudkan untuk membantu relaksasi setelah tubuh mengeluarkan nikotin secara alami, sisa waktu digunakan untuk konseling dan relaksasi. Jarak kedatangan sesi pertama dan sesi kedua adalah 3 hari, sementara sesi kedua sampai sesi ke tiga sekitar 7 sampai 10 hari, selama dua sesi pertama biasanya pasien sudah merasakan efek dari terapi LLLT. Stimulasi ini mulai bisa dirasakan selama 12 sampai 24 jam setelah terapi pertama, kemudian meningkat jadi 4 sampai 6 minggu, biasanya pasien tidak lagi merasa membutuhkan rokok dan pasien ingin menjauhi rokok itu.

Pentingnya Motivasi Untuk Perokok Agar Berhenti Merokok

Selalu ada pertanyaan tentang bagaimana keberhasilan sebuah teknologi, maka pertanyaannya, bagaimana tingkat keberhasilan LLLT dalam berhenti merokok? Angka keberhasilan dari berhenti merokok menggunakan teknologi LLLT cukup tinggi, dari 10 pasien, 9 orang diantaranya berhasil berhenti merokok. Namun, LLLT tidak bisa dilakukan bagi mereka yang ingin berhenti merokok namun dalam kondisi tertentu, seperti mengidap kanker, epilepsi, hamil, memakai alat bantu jantung atau sedang dalam pengobatan rentan cahaya.

Meski memiliki angka keberhasilan cukup tinggi, terapi ini tidak akan berhasil tanpa disertai motivasi dan keinginan dari pasien untuk berhenti merokok, namun tidak mengurangi nikotin dalam tubuh, tubuh mengeluarkan nikotin secara alami saat seseorang berhenti merokok. LLLT berperan dalam membantu mengembalikan fungsi normal otak setelah nikotin dalam tubuh dikeluarkan secara alami, yaitu pada saat pasien berhenti merokok. Artinya, keberhasilan dari terapi ini tergantung pada masing-masing keinginan dan motivasi pasien dari ketergantungan rokok.

Penutup

Oleh sebab itu, agar dapat mengatasi kecanduan rokok dan agar terapi ini sukses, dibutuhkan keinginan dan motivasi dari pasien untuk berhenti merokok. LLLT bisa membantu setiap orang mengatasi gejala yang berkaitan dengan berhenti merokok, terapi ini tidak akan menyingkirkan ketergantungan psikologis anda pada nikotin. Setiap orang memiliki tingkat kecanduan tersendiri pada nikotin, sehingga terapi laser tidak bisa menjamin sepenuhnya, oleh sebab itu, dibutuhkan keteguhan hati dan komitmen untuk berhenti merokok dan peliharalah pola makan, tidur, kerja dan istirahat anda. Itulah artikel tentang cara mengatasi kecanduan rokok.

Baca Juga Fakta Bahaya Nikotin Dan Manfaat Bebas Dari Nikotin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel