Arti Tangisan Menurut Pertimbangan Dokter Jiwa

klinikabar.com, Arti Tangisan Menurut Pertimbangan Dokter Jiwa - Studi-studi kedokteran mengkaji terhadap realitas ini dan dampaknya terhadap individu dan masyarakat, Munzir al-Badry, salah seorang dokter penyakit jiwa mengatakan bahwa menangis adalah suatu perilaku emosional yang mungkin ditunjukan dalam bentuk dan cara-cara yang bermacam-macam.

Arti Tangisan Menurut Pertimbangan Dokter Jiwa



Gambar Arti Tangisan Menurut Pertimbangan Dokter Jiwa


Dalam berbagai situasi, tangis dianggap sebagai bagian dari sifat-sifat kepribadian yang sulit dinilai atau dianalisis kecuali jika kita menganalisa sosok orangnya ituSebab psikis itu yang menjadikan air mata laki-laki jarang ada atau sama sekali tidak ada. Hal itu kembali kepada kekacauan-kekacauan pada kepribadian yang akan menjadikan laki-laki tidak bisa berbuat di hadapan sikap manusia dengan berbagai situasi apapun dan pada umumnya bertujuan untuk mengobati.

Perbedaan Kandungan Air Mata

Sebagian ilmuwan melakukan eksperimen dengan menempatkan dua kelompok peneliti, dengan masing-masing dari kelompok itu meneliti sampel air mata dalam indikator yang berbeda satu dengan yang lain. Yang pertama meneliti air mata yang ditimbulkan karena derita penyakit fisik, sementara yang kedua meneliti air mata yang berasal dari dorongan perasaan sedih. ditemukan kandungan kimia pada masing-masing sampel air mata itu.

Air mata yang timbul karena pengaruh perasaan sempit, sedih dan sebagainya memiliki kandungan protein yang cukup besar selain zat-zat unik lainnya yang tidak dikandung pada air mata yang disebabkan oleh penyakit fisik.

Hasil Praktis Tentang Menangis Dan Air Mata

1. Rasa sedih maupun rasa gembira, keduanya bisa menjadi penyebab munculnya tangis.

2. Orang yang sehat secara fisik akan menangis dari dua jenis itu melebihi orang-orang yang sakit.

3. Terhadap perempuan memang ada perbedaan di mana mereka lebih sering menangis dibandingkan dengan laki-laki.

Perempuan Lebih Banyak Menangis Daripada Laki-laki

Fisik kaum perempuan ditakdirkan lebih lemah dibandingkan laki-laki, hal ini salah satunya yang menyebabkan kaum laki-laki lebih kuat menghadapi tantangan hidup dan lebih mampu dalam menahan gejolak perasaan. Kebanyakan laki-laki kuat dalam menderita dan pada umumnya laki-laki merasa malu untuk menangis.

Angka statistik pada penelitian menunjukkan 85 persen dari perempuan dan 52 persen dari laki-laki merasakan ketenangan jiwa, pikiran dan fisik setelah menangis.

Kekeringan pada mata akan terjadi disebabkan kekurangan air mata, karena ada kerusakan pada saluran air mata, kadang-kadang karena sinar matahari secara langsung, karena udara yang kering dan karena mata terkena debu secara langsung, udara yang kering dan terkena debu memiliki gejala sebagai berikut ini :
  • Mata selalu bergerak
  • Kedua mata merah dan bengkak
  • Air mata menjadi berkurang

Maka oleh karena itu, para ilmuwan dan kalangan spesialis mata menganalisa bahwa mungkin dapat menguasai masalah kekeringan pada mata melalui saran berikut ini :
  • Jauhi penggunaan lensa yang di tempelkan pada bola mata ( lensa mata)
  • Memakai kaca mata (tahan sinar matahari)
  • Menggunakan air mata buatan dalam bentuk tetes (obat tetes mata)

Fungsi Dan Kandungan Dalam Air Mata

Pada sisi bagian dalam mata, di bawah kelopak mata terdapat sejumlah aliran air mata yang berfungsi untuk menyaring arus yang mengalir untuk mencuci permukaan mata, dan aliran air mata ini akan bertolak terus ke hidung melalui saluran-saluran air mata.

Air mata yang mengalir ini mengandung zat-zat seperti chloride sodium yang sedikit mengental dan meningkat, zat ini dapat membunuh bakteri-bakteri yang lazim disebut enzim.

Manfaat Air mata Sebagai Pembersih Mata Alami

Air mata tangis diibaratkan sebagai sebuah pembersih alami dan sebagai pencuci mata, karenanya, pembersihan bagi mata itu adalah alat pelarut yang serupa dengan air mata dalam komposisi kimiawinya yang akan melarutkan sodium karbonat.

Sejumlah penelitian memandang bahwa reaksi berada di luar kehendak manusia : mata akan melebar ketika sinar matahari melemah sehingga kemampuan untuk melihat semakin besar.

Dan mata akan menyempit disaat sinar matahari semakin terik, sehingga retina(selaput jala pada mata) akan menjaga mata dari sengatan sinar matahari yang sangat terik itu, gerakan-gerakan refleks dan hal-hal yang diluar kemampuan semacam ini dianggap sebagai sarana pelindung bagi mata itu sendiri.

Penutup

Reaksi Dan Aliran Air Mata, Perhatikan ketika kita mengalami ketakutan dimana air liur mencegah atau menghalangi aktivitas, sehingga tenggorokan terasa menjadi kering, tetapi cucuran keringat di permukaan kulit akan bertambah deras mengalir karena tarikan darah dari dalam kulit. Ketika dalam keadaan sedih, aliran air mata akan terperas keluar sehingga membasahi mata, pada saat malu, kantong-kantong darah akan berkonsentrasi di wajah sehingga permukaan kulitnya akan tertutup warna merah darah.

Baca Juga Manfaat Air Mata Mengobati Penyakit Dan Ketegangan Saraf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel