6 Cara Menjaga Keharmonisan Dengan Suami Di Bulan Puasa

klinikabar.com, Cara Menjaga Keharmonisan Dengan Suami Di Bulan Puasa - Bulan Ramadhan bisa dijadikan momen untuk menambah keharmonisan dengan suami. Salah satunya manfaat yang bisa diraih dalam hubungan suami istri selama bulan Ramadhan yaitu dengan menjalankan ibadah bersama-sama.

Ada banyak manfaat berpuasa dalam hubungan suami-istri, diantaranya adalah menyuburkan kasih sayang. Saat berpuasa terjadi proses yang dinamakan penyucian jiwa. Proses ini berdampak kepada perbaikan tabiat dan menumbuhkan emotional state yang baik. Misalnya mengarahkan kepada perilaku yang baik dan melembutkan tutur kata. Sehingga dapat menyuburkan kasih sayang dan cinta serta keharmonisan dengan suami.

Jadikan Puasa Momen Lebih Dekat Dengan Pasangan


Gambar 6 Cara Menjaga Keharmonisan Dengan Suami Di Bulan Puasa


Andai setiap pasangan suami istri melaksanakan puasa ini dengan benar, niscaya hubungan diantara keduanya akan menjadi semakin harmonis dan akan lebih mendekatkan keduanya menjadi lebih harmonis. Setiap individu akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi hati, sehingga emosinya lebih positif. Dan banyak momen yang bisa lebih mendekatkan pasangan suami istri di bulan Ramadhan, apa saja itu? Silahkan simak caranya dibawah ini.

6 Cara Menjaga Keharmonisan Dengan Suami Di Bulan Puasa

1. Momen Saat Makan Sahur Berdua Dengan Suami

Bagaimanapun juga makan bersama di saat sahur dan berbuka puasa memiliki nuansa yang berbeda dari acara makan pada hari-hari biasanya. Antusiasnya dan semangatnya berbeda. Untuk keperluan ini, suami dan istri bisa menyiapkannya secara bersama-sama.

2. Momen Shalat Tarawih Bersama

Alangkah indahnya bila suami bisa menjadi imam Shalat Tarawih di rumah. Kalaupun melakukan Shalat Tarawih di luar rumah, di Masjid misalnya, suami istri bisa pergi bersama.

3. Melakukan Tadarus Al-Qur'an Bersama

Saling memperhatikan bacaan dan mengoreksinya bila ada yang keliru. Lebih bagus lagi bila suami mampu menjelaskan kandungan ayat Al-Qur'an yang dibaca bersama.

4. Bersama-sama Mendatangi Acara Kajian Agama

Saat bulan Ramadhan tiba, alangkah baiknya anda bersama-sama dengan suami mendatangi acara kajian agama, sehingga suami dan istri memiliki semangat yang sama dan pemahaman agama yang sama.

5. Momen Buka Puasa Bersama

Terkadang suami menjamu tema-teman atau keluarga lain untuk buka puasa bersama, Di saat seperti ini tentu sangat baik bila suami istri bersama-sama menyiapkannya.

6. Saling Menjaga Diri dari Perbuatan Tidak Baik

Agar puasanya sukses dan berdampak baik pada perilaku, maka pasangan suami istri mesti berusaha sedemikian rupa menjaga penglihatan, pendengaran dan lisannya.

Baca Juga Tips Menikah Dengan Pasangan Beda Usia Jauh

Dari kebersamaan tersebut itu, maka akhirnya dicapai hubungan yang lebih berkualitas, antara lain :

1. Peningkatan Kehangatan Dalam Hubungan Suami Istri

Kehangatan hubungan tercipta karena adanya intensitas waktu untuk berkomunikasi yang menjadi lebih banyak dibandingkan hari-hari selia di bulan Ramadhan. Mulai dari berkumpul saat makan sahur, berbuka puasa dan ibadah-ibadah lain yang dikerjakan bersama-sama. Saat-saat itu sangat mendukung untuk saling mendekatkan diri.

2. menyuburkan Cinta Dan Kasih Sayang

Puasa itu seharusnya membuat hati manusia menjadi lebih lembut, karena telah dilatih untuk menahan diri dan menjadi penyabar. Kondisi ini sangat menunjang kepada terciptanya kedamaian dalam rumah tangga. Sehingga cinta dan kasih sayang diantara pasangan makin harmonis.

3. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Dengan pola makan yang benar dan teratur dan sesuai dengan tujuan puasa, tubuh menjadi semakin sehat. Kesehatan yang prima sangat menunjang kepada keharmonisan pasangan. Coba anda bayangkan bila tubuh kurang sehat, maka akan berdampak buruk pada kurang bergairahnya hubungan diantara pasangan suami istri.

4. Menjadi Lebih Kompak

Banyaknya acara pada bulan Ramadhan, seperti buka bersama, mempersiapkan Hari Raya dan lain-lain menyebabkan pasangan harus bisa bekerjasama. Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kerjasama yang baik bagi pasangan suami istri. Dan meningkatkan kekompakan antara keduanya.

Baca Juga Tips Menjaga Kehangatan Cinta Setelah Menikah

Penutup

Bulan Puasa adalah momen yang mendidik manusia untuk saling memaafkan. Dengan cara berkomunikasi yang baik, masalah-masalah yang sempat terjadi pada pasangan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga makin merasakan ketenangan dan kenyamanan serta keharmonisan dalam rumahtangga saat puasa.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel