8 Jenis Pasta Yang Populer Dan Mudah Didapatkan Di Indonesia

klinikabar.com, 7 Jenis Pasta Yang Populer Dan Mudah Didapatkan Di Indonesia - Pasta mudah didapat dan dikreasikan, sebagai pengganti nasi ini akan memberikan warna pada meja makan dan menu bekal keluarga anda. Bicara tentang pasta. Tidak terpisahkan dari negara Italia. Banyak yang menyebutkan, dari Italia-lah pasta ini pertama kali dipopulerkan. 

Sejarah Asal Mula Pasta

Gambar 8 Jenis Pasta Yang Populer Dan Mudah Didapatkan Di Indonesia


Kata pasat dipercaya berasal dari bahasa Yunani, yaitu "pastos" yang berarti adonan. Dalam cerita mitologi Yunani kuno disebutkan Dewa Vulcan membuat adonan tipis dari gandum untuk dibagikan ke orang-orang sebagai makanan. Lalu pasta sampai ke Italia karena dibawa oleh Marco Polo, setelah kunjungannya ke China pada tahun 1295. Ini teori populer yang diterbitkan oleh Journal Macaroni. Tapi, beredar pula teori bahwa orang Timur Tengah yang membawa pasta ke Italia. Sedangkan di Indonesia sendiri, pasta dibawa oleh para bangsawan Belanda.

Adonan pasta terbuat dari tepung semolina (sejenis butiran bagian dalam sebuah gandum dari varietas durum), telur, dan air, sehingga tinggi kandungan protein dan gluten. Kandungan protein 100 gram makaroni setara dengan satu potong ayam bagian dada. Pasta juga kaya karbohidrat dan rendah lemak. Hal ini juga yang membuat pasta menjadi salah satu sumber karbohidrat bagi masyarakat Italia.

Agar masakan pasta lebih kaya gizi, banyak dari mereka yang menambahkan sayuran, seperti bayam, jamur, tomat, brokoli, atau terung. Berbagai protein seperti ayam, udang, atau daging pun sering ditambahkan. Selain memperkaya gizi, anda turut menambah penampakan masakan serta keunikan rasa pasta.

Apakah Pasta Boleh Dikonsumsi Bayi, Balita, dan Ibu Hamil?

Boleh saja, asalkan mereka tidak alergi gluten dan dimasak sesuai dengan kemampuan mengunyah dan menelan anak. Perhatikan tekstur masakan, sebab beda usia akan beda tekstur makanan yang bisa mereka makan. Perlu anda ketahui juga bahwa pasta disebut-sebut sebagai karbohidrat kompleks mampu meningkatkan level serotonin ke otak, yang bisa membantu anak merasa relaks dan tenang. Belum lagi kandungan lemaknya, yang bisa berfungsi sebagai sumber energi, pelarut vitamin A, D, E dan K.

Yang perlu anda perhatikan dalam memasak pasta adalah pilihan saus. Karena saus adalah bagian terpenting saat membuat sajian pasta. Karena pada saus-lah cita rasa dan keunikan hidangan terbentuk, namun tidak ada batasan dalam memasak pasta. Lebih dari 600 macam pasta lahir, dan beberapa diantaranya hadir di Indonesia. Berikut ini adalah jenis pasta yang populer dan mudah didapatkan di Indonesia.

8 Jenis Pasta Yang Populer Dan Mudah Didapatkan Di Indonesia

1. Makaroni


Gambar Makaroni

makaroni cocok untuk sajian salad, sup, atau masakan yang dipanggang. Tahukah anda, manfaat dari bentuknya yang melengkung ini? Bentuknya yang melengkung ini bisa menampung saus yang creamy seperti saus keju dan mentega.

2. Fusilli


Gambar Fusilli



Fusilli cocok digunakan dalam sajian salad maupun sajian yang dipanggang. Cocok disajikan dengan saus tomat, pesto dan saus krim.

3. Spageti


Gambar Spageti


Spageti cocok disajikan bersama aneka saus seperti saus tomat, bolognese, pesto atau seafood.

4. Penne


Gambar Penne

Penne cocok disajikan bersama saus tomat, saus bolognese, sayur atau krim.

5. Lasagna


Gambar Lasagna


Ada dua macam, yaitu lasagna instan, bisa langsung digunakan dalam masakan, dan ada lasagna biasa yang butuh direbus sebelum diolah. Lasagna berupa lembaran pasta tipis berbentuk persegi panjang dan cocok sekali jika disusun dengan lapisan saus.

6. Fettucini


Gambar Fettucini


Fettucini bentuknya serupa dengan kwetiau. Cocok disajikan bersama saus bolognese dan saus keju.

7. Farfalle


Gambar Farfalle

Farfalle cocok disajikan bersama hidangan salad atau dengan saus krim.

8. Conchiglie


Gambar Conchiglie

Conchiglie bentuknya memang menyerupai kulit kerang. Cocok ditambahkan ke dalam sup atau disajikan bersama saus tomat, krim, pesto atau bolognese.

Penutup

Dengan 8 jenis pasta yang populer dan mudah didapat di Indonesia, anda dapat memasak atau mencampurnya bersama berbagai macam saus sesuai dengan yang anda suka, seperti krim, bahkan dapat dicampur dengan bumbu rendang. Jadi, anda bebas membuat kreasi makanan dari bahan pasta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel