Resep Ikan Kembung Enak Dan Mudah

klinikabar.com, Resep ikan kembung enak dan mudah, Ikan kembung memiliki daging yang kenyal dan tebal. Ikan kembung memiliki duri yang cukup banyak, bentuk badannya yang sedang dan memanjang, proses memasak ikan kembung dapat di goreng, di masak dengan bumbu, di presto atau di bakar. Ikan kembung memiliki banyak duri, sehingga anda perlu membuat lunak duri ikan kembung tersebut dengan cara di presto, sehingga anda dapat membuat aneka resep ikan kembung yang beraneka ragam.

Resep Ikan Kembung Spesial Dan Lezat

Ikan kembung memiliki tekstur daging yang kenyal dan dagingnya tebal, ikan kembung dapat dengan mudah kita jumpai di supermarket, swalayan, atau di pasar tradisional, atau pun di pasar ikan tradisional untuk mendapatkan ikan kembung yang segar. Jika anda ingin membuat menu makan harian keluarga ikan kembung, silahkan anda dapat menyimak resep ikan kembung berikut ini.

Resep Ikan Kembung Goreng


Gambar Resep Ikan Kembung Goreng


Resep ikan kembung goreng - Ikan kembung memiliki daging yang kenyal dan tebal. Ikan kembung memiliki duri yang cukup banyak, bentuk badannya yang sedang dan memanjang, proses memasak ikan kembung dapat di goreng. Jika anda ingin membuat menu makan harian keluarga ikan kembung goreng, silahkan anda dapat menyimak resep ikan kembung goreng berikut ini.


Bahan Ikan Kembung Goreng

3 ekor ikan kembung
Bumbu Rendaman
3 siung bawang putih halus
1 pucuk sendok teh ketumbar bubuk
3 sendok makan air matang
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Kembung Goreng

Rendam ikan dalam bumbu perendam selama 5 menit. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu goreng ikan hingga berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Ikan kembung dapat anda temui di supermarket atau di swalayan bahkan di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kembung yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Untuk membuat duri ikan kembung menjadi lunak, maka ikan kembung harus di presto terlebih dahulu sebelum anda mengolah atau menggoreng ikan kembung.


Resep Ikan Kembung Goreng Bumbu Bawang


Gambar Resep Ikan Goreng Bumbu Bawang


Resep ikan kembung goreng bumbu bawang - Ikan kembung memiliki daging yang kenyal dan tebal. Ikan kembung memiliki duri yang cukup banyak, bentuk badannya yang sedang dan memanjang, proses memasak ikan kembung dapat di goreng. Jika anda ingin membuat menu makan harian keluarga ikan kembung goreng, silahkan anda dapat menyimak resep ikan kembung goreng bumbu bawang berikut ini.

Bahan Ikan Kembung Goreng Bumbu Bawang

6 ekor ikan kembung, di kerat-kerat
1/2 senodk makan air jeruk nipis
1 sachet bumbu racik ikan goreng
12 butir bawang merah, di iris
6 siung bawang putih, di iris
1/2 sendok terasi bakar
3 buah cabai merah besar, di iris miring halus
2 buah tomat, di potong-potong
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan gula pasir
1 batang daun bawang, di iris miring
100 ml minyak untuk menumis
minyak goreng untuk menggoreng.

Cara Membuat Ikan Kembung Goreng Bumbu Bawang


Lumuri ikan kembung dengan air jeruk nipis dan diamkan sebentar. Cuci bersih dengan air dan tiriskan atau keringkan lalu lumuri ikan kembung dengan bumbu racik ikan goreng. Ratakan, diamkan 15 menit. Goreng ikan di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan terasi bakar sampai harum. Masukkan cabai merah dan tomat. Tumis sampai layu. Masukkan ikan, garam, dan gula pasir. Aduk rata, bubuhi daun bawang. Aduk perlahan. Angkat dan sajikan.

Ikan kembung dapat anda temui di supermarket atau di swalayan bahkan di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kembung yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Untuk membuat duri ikan kembung menjadi lunak, maka ikan kembung harus di presto terlebih dahulu sebelum anda mengolah atau menggoreng ikan kembung.

Resep Ikan Kembung Kukus Pedas


Gambar Resep Ikan Kukus Pedas


Resep Ikan Kembung Kukus Pedas - Ikan kembung merupakan kelompok ikan laut yang tergolong ke dalam keluarga Rastrellinger, meskipun ikan kembung memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun ikan kembung masih satu kelompok dengan ikan tuna, madidihang, tenggiri, dan ikan makerel. Bagi anda yang sedang mencari menu masakan ikan kembung, sebagai referensi, kami berikan resep ikan kembung kukus pedas ini.

Bahan Ikan Kembung Kukus Pedas

4 ekor ikan kembung banjar
1 buah tomat, potong-potong
2 lembar daun salam, sobek-sobek
2 cm lengkuas, iris tipis
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, iris halus
500 ml air
4 lembar daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus Ikan Kukus Pedas

8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting
1/2 sendok teh ketumbar
4 batang kemiri, sangrai

Cara Membuat Ikan Kukus Pedas


Aduk bumbu halus, tomat daun salam dan lengkuas hingga tercampur rata. Masukkan ikan, aduk rata lagi, bubuhi dengan garam, gula pasir, dan daun bawang, aduk rata. Tuangkan air, aduk rata dan diamkan selama 10 menit. Ambil selembar daun pisang, sendokkan campuran ikan. bungkus pepes. Semat dengan lidi. Kukus di atas api sedang selama 30 menit sampai matang, bakar di atas pan bergelombang sampai harum.

Itulah resep ikan kembung kukus pedas, jika anda tidak begitu menyukai rasa pedas, maka anda dapat mengurangi penggunaan cabai, ikan kembung kukus pedas ini sangat baik untuk anda yang sedang diet, karena pengolahan ikan yang di kukus sehingga dapat mengurangi lemak dari penggunaan minyak goreng. Selamat mencoba resep ikan kembung kukus pedas

Resep Ikan Kembung Kukus Pedas


Gambar Resep Ikan Kembung Asam Asin


Ikan kembung memiliki daging yang kenyal dan tebal. Ikan kembung memiliki duri yang cukup banyak, bentuk badannya yang sedang dan memanjang, proses memasak ikan kembung dapat di goreng. Jika anda ingin membuat menu makan harian keluarga ikan kembung goreng, silahkan anda dapat menyimak resep ikan kembung asam asin berikut ini.

Bahan Ikan Kembung Asam Asin

2 ekor ikan kembung
3 buah cabai merah, iris miring
2 siung bawang putih, iris-iris
3 butir bawang merah, dipotong-potong
1 sendok teh air asam jawa
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Kembung Asam Asin

Ikan kembung di potong-potong sesuai selera dan di goreng. Panaskan minyak goreng, goreng bawang merah dan bawang putih, masukan air asam jawa, tambahkan cabai merah iris, dan tambahkan sedikit air. Setelah mendidih, masukkan ikan kembung dan masak hingga matang.

Baca Juga Resep Nasi Goreng Spesial Dan Lezat

Penutup

Itulah 4 resep ikan kembung enak dan mudah dalam membuatnya, anda dapat mencoba resep ikan kembung di rumah sebagai sajian bersama keluarga anda tercinta. Selamat mencoba resep ikan kembung enak dan mudah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel