Bagaimana Rekayasa Genetika Dalam Islam

klinikabar.com, Rekayasa Genetika Dan Islam - Melalui rekayasa genetika dan ilmu biokimia segera mungkin dapat memberikan kita alat untuk membuat diri kita lebihcerdas, kuat, dan saya kira lebih menarik. Saya bertanya-tanya meskipun apakah atau tidak kita harus menggnakan ini segera menjadi teknologi yang tersedia untuk mengubah umat manusia. Ini bukan pertanyaan sederhana untuk dijawab, tapi itu adalah [ertanyaan yang harus segera terjawab. Jawabannya harus konsisten dengan apa yang Allah telah membuat huku, bagi kita dalam hal rekayasa gentika dalam Islam.

Bagaimana Rekayasa Menurut Islam


Gambar Bagaimana Rekayasa Genetika Dalam Islam



Sementara itu saya akan menulis tentang rekayasa genetika dan Islam dan hal ini adalah penting, sehingga Cendikiawan Muslim jauh lebih berpengetahuan dari saya, menurut opini berdasarkan penafsiran Al-Qur'an dan Sunnah. Berikut adalah dua cara yang mungkin untuk melihat pertanyaan : 1. Adalah untuk mengatakan bahwa sejak kita diciptakan oleh Allah yang sempurna, maka Allah akan menciptakan kita menurut rencana-Nya. Cara lain untuk memahami pernyataan akan mengatakan bahwa Allah tidak akan memberikan kita kemampuan untuk mengembangkan teknologi yang akan memungkinkan kita untuk meningkatkan ras manusia jika Dia tidak berniat kita untuk menggunakan teknologi rekayasa genetika tersebut.

Para Cendekiawan Muslim beranggapan bahwa bagaimana rekayasa genetika terjadi merupakan pertanyaan yang akan menjadi perhatian besar untuk kita dan generasi yang akan datang. Sejauh ini kita hanya disajikan versi yang sangat sederhana dari pertanyaan dan alternatif. Untuk saat ini, kita harus terus mendorong sebagian sarjana Muslim yang memenuhi syarat dalam menjawab pertanyaan mengenai rekayasa genetika dalam Islam.

Pada titik ini dapat dikatakan bahwa posisi Islam pada rekayasa genetika belum jelas ditentukan, tetapi sampai kita yakin apa yang Allah akan berikan sampai rekayasa genetika ini mejadi halal bagi umat muslim dalam penggunaan rekayasa genetika. Dan kita harus selalu berhati-hati dan selalu mengkaji lebih jauh dalam proses rekayasa genetika tersebut. Karena jika kita ceroboh, maka itu sama saja kita mencipatakan malapetaka bodoh dengan teknologi yang sangat kuat yang dapat menyebabkan umat manusia yang serius sehinga kesalahan tersebut tidak dapat diperbaiki.

Cakupan Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. Dalam ilmu biologi, Rekayasa genetika adalah teknik yang dilakukan manusia mentransfer (memindahkan) gen (DNA) yang dianggap menguntungkan dari satu organism kepada susunan gen (DNA) dari organism lain.

Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan organisme, mulai dari bakteri, fungi, hewan tingkat rendah, hewan tingkat tinggi, hingga tumbuh-tumbuhan. Bidang kedokteran dan farmasi paling banyak berinvestasi dibidang yang relatif baru ini. Sementara itu bidang lain, seperti ilmu pangan, kedokteran hewan, pertanian (termasuk peternakan dan perikanan), serta teknik lingkungan juga telah melibatkan ilmu ini untuk mengembangkan bidang masing-masing.

Manfaat Rekayasa Genetika

  • Meningkatkan derajat kesehatan manusia, dengan diproduksinya berbagai hormon manusia seperti insulin dan hormon pertumbuhan.
  • Tersedianya bahan makanan yang lebih melimpah
  • Tersedianya sumber energi yang terbaharui.
  • Proses industri yang lebih murah.
  • Berkurangnya polusi



Penutup

Dalam hal ini, suatu proses perkembangbiakan yang ditempuh dengan menggunakan peralatan serta prosedur tertentu untuk menghasilkan suatu produk (keturunan). Istilah tersebut kemudian dikembangkan dan memunculkan beberapa istilah lain dalam ilmu ini, seperti transplantasi, kloning, transgenik dan lain-lainnya. Pada intinya, rekayasa genetika adalah sebuah kegiatan rekayasa yang dilakukan oleh manusia untuk membuktikan secara ilmiah terhadap hipotesa yang dibuat terhadap hasil observasi dan pengamatan atas fenomena yang ditemukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel