4 Jenis Teknologi Pengobatan Dan Manfaat Teknologi Untuk Pengobatan

klinikabar.com, 4 Jenis Teknologi Pengobatan Dan Manfaat Teknologi Untuk PengobatanSelama dua puluh tahun yang lalu banyak sekali terobosan mengagumkan yang dibuat di bidang kedokteran. Berkat obat-obatan mutakhir, berbagai penyakit yang dahulu membinasakan berjuta-juta orang kini dapat disembuhkan dengan cepat serta aman.

Manfaat Teknologi Untuk Pengobatan

Gambar 4 Jenis Teknologi Pengobatan Dan Manfaat Teknologi Untuk Pengobatan


Penggunaan Teknologi dalam medis atau dalam pengobatan adalah salah satunya teknik bedah. Teknik bedah yang sudah maju seperti misalnya teknik pencangkokan organ tubuh berhasil menyembuhkan penyakit lain. Sementara ilmu kedokteran maju terus, dan para dokter pun banyak mengetahui cara kerja tubuh manusia dan perlahan-lahan makin banyak lagi penyakit dan gejala penyakit yang benar-benar dapat disembuhkan.

Perkembangan Teknologi Untuk Pengobatan 

Pengobatan ini bergantung pada dua hal : pertama, diagnosis penyakit pasien secara tepat, dan kedua,  pengobatan penyakit secara tepat pula, sekarang ini para dokter sudah mempunyai alat-alat yang sangat canggih untuk memeriksa bagian dalam tubuh. Dengan demikian, dokter dibantu untuk menemukan penyakit pada waktu untuk menemukan penyakit pada waktu masih dini sehingga pengobatan besar kemungkinannya untuk berhasil.

Sebagaimana hanya di berbagai bidang teknologi modern, komputer mulai terasa luas dampaknya dalam praktek kedokteran, hasil pemotretan dengan sinar X dan teknik penyamaran dengan menggunakan radiasi serta gelombang bunyi frekuensi tinggi dapat dianalisis oleh komputer, dengan demikian diperoleh potret dari bagian tubuh yang sedang diperiksa secara jauh lebih terinci.

Di kamar bedah komputer memantau informasi penting seperti misalnya denyut jantung pasien, suhu badan dan laju nafasnya. kini para ahli bedah dapat menjalankan bedah mikro" yang jitu dengan menggunakan "pisau bedah" laser untuk mematri pembuluh darah mikroskopik. Pasien dipasangi dengan perangkat elektronik yang mengatur detak jantung atau dengan peranti lain yang memasukkan obat-obatan kedalam aliran darah selama jangka waktu tertentu. Banyaknya obat itu pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Hampir setiap cabang ilmu kedokteran memanfaatkan komputer. praktek dokter keluarga pun bahkan sudah dimasuki olehnya, mikro komputer dapat menyimpan lebih banyak informasi mengenai penyakit dan gejalanya daripada yang dapat diingat oleh dokter.  Dengan demikian, dokter dibantu dalam membuat diagnosis, komputer tak akan pernah dapat menggantikan dokter, tetapi komputer dapat menghemat waktu yang berharga dan menjadi alat yang hebat untuk memerangi penyakit.

Teknologi Bedah Laser

Laser adalah seberkas sinar yang kuat sekali sekecil pensil, sinar laser berbeda dari sinar lampu senter karena sinar laser hanya terdiri panjang gelombang saja. Artinya adalah bahwa sinar laser tidak menyebar sehingga tidak kehilangan energinya serta dapat dihimpun secara tepat ke tempat yang sangat sempit. Dengan  cara ini "pisau" laser dapat membakar jaringan tubuh yang sakit tanpa merusak jaringan tubuh sehat yang terletak di dekatnya. Dan karena kelengkapan laser tidak sedikit pun menyentuh tubuh pasien, laser memang benar-benar bersih dari kuman. Laser telah menjadi perlengkapan baku untuk bedah telinga, bedah mata dan berbagai macam bedah rumit lainnya.


Teknologi Pemindaian

Pada jaman dahulu dokter hanya mempunyai sinar X untuk melihat bagian dalam tubuh, namun akhir-akhir ini dikembangkan sejumlah teknik pemindaian baru, satu cara baru mendeteksi banyaknya sinar X yang diserap jaringan tubuh.

Komputer menganalisis data itu untuk membentuk penampang lintang seluruh tubuh, gambar yang sama dapat diperoleh dengan menggunakan ultrabunyi, yaitu gelombang bunyi yang sangat tinggi nadanya. Bunyi itu dipantulkan pada jaringan tubuh yang berbeda-beda kerapatannya dan gambarnya dapat dilihat dokter pada pemeraga video warna

Teknologi Pemacu Jantung

Gejala penyakit jantung yang lazim ditemukan adalah keadaan tidak sanggupnya jantung berdenyut dengan kecepatan normal. pemacu jantung yang ditanam di dalam dada pasien dapat memberikan detak-detak listrik yang teratur untuk merangsang jantungnya. 

Oleh karena itu pasien dapat hidup secara normal. Pemicu jantung mutakhir memancarkan data mengenai prestasi jantung. Dengan demikian para dokter dapat mengecek kemajuan pasien tersebut tanpa menggunakan tes yang mahal. Pemacu jantung dijalankan dengan baterai kecil yang dapat menyala selama kira-kira delapan tahun, setelah baterai tersebut habis, sampailah saatnya untuk mengganti baterai itu dengan yang baterai baru.

Teknologi Obat

Dokter-dokter masa kini mempunyai beribu-ribu macam obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit. ada yang menghancurkan organisme penyebab penyakit; ada yang menghilangkan gejala penyakit seperti misalnya diabetes.

Penderita diabetes tidak dapat menghasilkan hormon penting yang dikenal orang sebagai insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur tinggi rendahnya kadar gula di dalam darah. Oleh karena itu insulin harus disuntikkan kedalam tubuh pasien agar pasien dapat hidup secara normal. Percobaan di Laboratorium Antariksa Eropa yang  dimasukkan ke dalam orbitnya oleh pesawat ulak alik antariksa menunjukan tanda-tanda adanya kemungkinan bahwa antariksa akan merupakan lingkungan yang baik untuk membuat obat-obatan baru.

Penutup

Itulah artikel tentang jenis teknologi pengobatan dan manfaat teknologi untuk pengobatan, tidak adanya akibat gaya tarik Bumi berarti bahwa jauh lebih mumudahkan untuk menguraikan obat-obatan yang sudah ada, seperti misalnya insulin, secara alamiah, teknik baru semacam ini merintis jalan bagi obat-obatan yang lebih manjur lagi di masa yang akan datang.

Baca Juga Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Dengan Teknologi Laser

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel