14 Gejala Dan Penyebab Diabetik Ketoasidosis

klinikabar.com, Gejala Dan Penyebab Diabetik Ketoasidosis - Apa itu Diabetik Ketoasidosis? Diabetik Ketoasidosis adalah keadaan yang mengancam hidup komplikasi dari diabetes melitus tipe I, tergantung insulin dengan kriteria diagnostic yaitu glukosa 7250 mg / dl, pH = <7,3, serum karbonat <18 MEq/L, ketonemia atau ketonuria.

Penyakit Diabetik Ketoasidosis


Gambar Gejala Dan Penyebab Diabetik Ketoasidosis


Diabetik ketoasidosis merupakan kasus kedaruratan endokrinologi yang disebabkan oleh defisiensi insulin relatif atau absolut. Ketoasidosis diabetikum terjadi pada penderita IDDM atau (DM tipe I). Yang disebabkan oleh meningkatnya keasaman tubuh benda-benda keton akibat kekurangan atau defisiensi insulin. dikarakteristikan dengan hiperglikemia, asidosis, dan keton akibat kurangnya insulin.

Anatomi Fisiologi Kelenjar Pankreatika

Kelenjar ini terdapat di belakang lambung di depan vertebra lumbalis I dan II, terdiri dari sel-sel alfa dan beta. sel alfa menghasilkan hormon glukagon, sedangkan sel-sel beta menghasilkan hormon insulin.

14 Tanda Dan Gejala Diabetik Ketoasidosis

  1. Poliuria
  2. Polidipsi
  3. Penglihatan kabur
  4. Lemah
  5. Sakit kepala
  6. Hipotensi ortostatik (penurunan tekanan darah sistolik 20 mmHg / pada saat berdiri)
  7. Anoreksia
  8. Mual
  9. Muntah
  10. Nyeri abdomen
  11. Hiperventilasi
  12. Perubahan status mental
  13. Kadar gula darah tinggi
  14. Terdapat keton di urin.

Penyebab Diabetik Ketoasidosis

Diabetes Melitus atau IDDM, tergantung insulin disebabkan oleh destruksi sel B pulau langerhans akibat proses autoimun. sedangkan non insulin dependent diabetes melitus (NIDDM) atau diabetes melitus tidak tergantung insulin, disebabkan kegagalan relatif sel B dan retensi insulin.

Retensi insulin adalah turunnya kemampuan insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer dan untuk menghambat produksi glukosa oleh hati, sel B tidak mampu mengimbangi retensi insulin ini secara sepenuhnya, artinya terjadi defisiensi relatif insulin. Ketidakmampuan ini terlihat dari berkurangnya sekresi insulin pada perangsangan sekresi insulin. berarti sel B pankreas mengalami desensitisasi terhadap glukosa.

Patofisiologi Diabetik Ketoasidosis

Diabetes ketoasidosis disebabkan oleh tidak adanya insulin atau tidak cukupnya jumlah yang nyata, keadaan ini mengakibatkan gangguan pada metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Ada tiga gambaran klinis yang penting pada diabetes ketoasidosis yaitu :
  1. Dehidrasi
  2. Kehilangan elektrolit
  3. Dan asidosis

Apabila jumlah insulin berkurang, jumlah glukosa yang memasuki sel akan berkurang pula, disamping itu, produksi glukosa oleh hati menjadi tidak terkendali. kedua faktor ini akan mengakibatkan hiperglikemia. Dalam upaya untuk menghilangkan glukosa yang berlebihan dari dalam tubuh, ginjal akan mengekresikan glukosa bersama-sama air dan elektrolit (seperti natrium dan kalium), diuresis osmotik yang ditandai oleh urinasi berlebihan (poliuri) ini akan menyebabkan dehidrasi dan kehilangan elektrolit.

6 Komplikasi Diabetik Ketoasidosis

  1. Ginjal diabetik
  2. Kebutaan
  3. Neuropati diabetik
  4. Kelainan jantung
  5. Hipoglikemia
  6. Hipertensi

6 Pemeriksaan Penunjang Diabetik Ketoasidosis

  1. Analisis darah
  2. Pemeriksaan elektrolit
  3. EKG gelombang T naik
  4. MRI
  5. CT-scan
  6. Foto thorax

9 Cara Menangani Diabetes Ketoasidosis

  1. Sajikan makanan selagi hangat
  2. Berikan makanan sedikit tapi sering
  3. Anjurkan banyak minum
  4. Atur posisi semi fowler
  5. Ajarkan teknik nafas dalam
  6. Kompres dengan air hangat
  7. Ajarkan teknik distraksi dan relaksasi
  8. Kolaborasi pemberian oksigen
  9. Berikan penkes mengenai penyakit

Penutup

Penderita ketoasidosis yang berat, dapat kehilangan kira-kira 6,5 liter air dan sampai 400 hingga 500 MEg natrium, kalium, serta klorida selama periode 24 jam. Akibat defisiensi insulin yang lain adalah pemecahan lemak (lipolisis) menjadi asam-asam lemak bebas dan gliserol. Asam lemak bebas akan diubah menjadi benda keton oleh hati. 

Pada ketoasidosis diabetik, terjadi produksi benda keton yang berlebihan sebagai akibat dari kekurangan insulin yang secara normal akan mencegah timbulnya keadaan tersebut. Benda keton bersifat asam, dan bila bertumpuk dalam sirkulasi darah. benda keton akan menimbulkan asidosis metabolik.

Baca Juga Manfaat Puasa Untuk Penderita Diabetes

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel