Fakta Dan Pola Pengobatan Penderita Tekanan Darah Tinggi

klinikabar.com Pola Pengobatan Pada Penderita Darah Tinggi - Pada  umumnya dokter menggunakan apa yang dikenal sebagai pendekatan "perawatan berjenjang" untuk memberikan resep obat tekanan darah tinggi. Ini berarti bahwa pertama-tama anda diberi obat yang daya kerjanya relatif ringan untuk menurunkan tekanan darah secara perlahan-lahan.

Fakta Dan Pola Pengobatan Penderita Tekanan Darah Tinggi Dengan Obat

Setelah kira-kira sebulan, tekanan darah anda akan dinilai kembali. jika tekanan darah sudah normal. Anda tetap menggunakan obat yang sekarang ini, dengan dosis yang sama, selama beberapa bulan lagi, sampai dokter menilai sudah tiba saatnya untuk mencoba menguranginya.

Gambar Pola Pengobatan Penderita Tekanan Darah Tinggi Dengan Obat


Anda mungkin beruntung, dan pada suatu hari dapat berhenti sama sekali minum obat, atau mungkin anda harus melanjutkan selama beberapa bulan, tahun atau bahkan selama hidup anda.

Apapun yang terjadi, bahkan jika anda tidak lagi memerlukan obat, anda tetap harus mematuhi pemeriksaan tekanan darah yang dilakukan secara rutin untuk masa depan yang diperkirakan. bisa terjadi pengukuran hanya dilakukan sekali dalam setahun untuk orang yang berhasil menurunkan tekanan darahnya ke tingkat normal tanpa bantuan obat-obatan, namun biasanya dilakukan sekali dalam sebulan.

Kebanyakan orang cocok dengan obatnya yang pertama, dan dapat melanjutkan terus obat tunggal tersebut. hal ini umumnya berlaku untuk orang yang mempunyai tekanan diastolik 80-an atau 90-an. akan tetapi, bagi beberapa orang dosis awal yang kecil dari obat pertama tidak cukup untuk menurunkan tekanan darah pada tingkat yang normal.

Mereka entah akan diberikan obat yang sama namun dengan dosis yang lebih tinggi, atau tambahan obat lain dari jenis yang berbeda. inilah langkah kedua dalam pengobatannya.

Kembali lagi, kebanyakan orang yang maju ke tahap ke dua mengalami penurunan tekanan darah yang berarti dan tidak memerlukan pengobatan lebih lanjut. hal ini menyisakan sekelompok kecil orang yang tekanan darahnya tidak turun secara memuaskan atau yang mengalami efek samping dari pengobatan pertama.

Mereka maju ke tahap ketiga untuk memperoleh kelompok obat ke tiga atau paduan obat. karena ada beberapa kelompok obat yang dipilih, selalu ada jalan untuk mencapai tingkat tekanan darah yang layak.

Begitu tekanan darah kembali "stabil", entah pada tahap pertama, kedua atau ketiga, mungkin anda akan tetap pada obat-obat tersebut, dengan dosis tersebut, selama berbulan-bulan, namun pengukuran tekanan darah yang dilakukan secara teratur bisa menjadi pedoman suatu perubahan.

Jangan pernah menanyakan atau menerima resep ulang untuk obat-obat tersebut dari asisten dokter tanpa terlebih dahulu mengukur tekanan darah anda, karena ada kemungkinan naik atau turunnya tekanan darah, padahal anda tidak memperlihatkan apa yang anda rasakan.

Pengukuran tekanan darah hanya membutuhkan waktu satu atau dua menit dan hal ini pasti bukan penghamburan waktu saja.

Pedoman Dokter Mendasarkan Pilihan Obat Untuk Pasien Darah Tinggi

1. Dokter menggunakan obat yang sudah akrab dengannya, dalam kaitan dengan pengetahuan aan pengaruh, dosis. dan efek samping dari obat-obatan tersebut. Meskipun berpengalaman, tidak seorang pun dokter dapat benar-benar akrab dengan setiap obat untuk tekanan darah tinggi, sehingga dokter akan memusatkan perhatian pada beberapa obat yang menurut pengalamannya dapat memberikan harapan.

Oleh karena itu, jangan heran apabila seorang rekan anda, yang juga sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi, namun dalam pengawasan dokter yang lain, mendapat tablet yang berbeda dengan yang anda terima.

2. Obat tergantung pada jenis tekanan darah tinggi yang diderita. walaupun kebanyakan masuk dalam klasifikasi "esensial", beberapa bentuk hipertensi yang lebih jarang, khususnya hipertensi yang berhubungan dengan gangguan feokromositoma dan gangguan kelenjar adrenalin membutuhkan obat khusus diluar ketentuan perawatan berjenjang yang biasa.

Jangan cemas jika anda mengalami hal seperti ini, pengobatan ini biasanya sama efektifnya dengan pendekatan perawatan berjenjang.

Beberapa Fakta Tentang Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi begitu umum hingga kebanyakan orang pernah mendengar tentang darah tinggi, dan terlalu banyak orang yang mengalami tekanan darah tinggi atau pun mengetahui orang lain yang mengalami tekanan darah tinggi.

Namun jauh lebih banyak lagi orang, termasuk orang yang tidak mengetahui jika dirinya menderita tekanan darah tinggi. Yang mempunyai pengetahuan pun yang samar-samar tentang apa yang dimaksud dengan tekanan darah tinggi, atau apa akibatnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan menjelaskan kondisi tersebut, bersama dengan penyebab yang diketahui yang diperkirakan menjadi penyebab.

Tentang Tekanan Darah Tinggi 

Peredaran darah anda dapat diibaratkan dua sistem pipa tertutup yang didalamnya darah dialirkan dengan tenaga sebuah pompa, yaitu jantung.

Tekanan darah anda kekuatan yang mendorong darah melalui sistem yang lebih besar, dan mengantarnya ke seluruh tubuh, dan melalui sistem yang lebih kecil darah dialirkan ke jantung, ke paru-paru dan sebaliknya - namun dengan tekanan darah yang jauh lebih rendah.

Untuk memahami apa yang dimaksudkan dengan tekanan darah "tinggi", lebih baik anda mengetahui apa itu tekanan darah "normal", dan tekanan darah "rendah".

Tekanan Darah Normal

Tekanan darah mempunyai dua komponen - kekuatan pendorong (disebut tekanan sistolik), yang berpengaruh pada darah karena kontraksi otot jantung, dan kekuatan penahan, atau ketegangan (disebut tekanan diastolik) pada dinding pembuluh darah yang lebih kecil yang mengalirkan darah, dan yang mempercepat jalannya darah pada waktu jantung mengendur antar denyut.

Tekanan darah adalah ukuran dari kedua kekuatan ini, tekanan sistolik selalu lebih tinggi daripada tekanan diastolik, dan tekanan darah naik atau turun sejalan dengan detak jantung menuju sistem tersebut pada katup aortik yang fungsinya mencegah aliran darah dari pembuluh darah kembali ke jantung pada waktu ia mengendur.

Tingginya tekanan darah diukur dalam mililiter air raksa (mm Hg). pada orang dewasa biasanya tinggi tekanan sekitar 130 sampai dengan 140 sistolik, dan 70 sampai 90 diastolik.

Tekanan darah biasanya ditulis sebagai suatu nisbah (ratio) dari kedua tekanan darah itu sehingga, misalnya, tekanan darah 135/80 berarti bahwa tekanan sistoliknya 135 mm Hg dan tekanan diastolik 80 mm Hg. Pada anak-anak, tekanan darah sedikit lebih rendah - biasanya sekitar 90/60.

Kedua tekanan tersebut adalah ukuran pada sebuah alat yang disebut sfigmomanometer, yang dipakai dengan membalutkan manset pada lengan dan menggunakan sebuah stetoskop untuk mendengar perubahan denyut nadi pada lengan ketika tekanan diturunkan di bagian skala yang ditandai. 

Biasanya tekanan darah tetap, namun selama gerak badan atau jika sedang mengalami stres, tekanan darah naik, dan akan kembali turun apabila anda berbaring dan rileks, hanya apabila tekanan darah tetap diatas normal tanpa rangsangan gerak badan atau stres, maka orang yang bersangkutan dapat dianggap menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jenis-jenis Tekanan Darah

Tekanan Darah Rendah 

Ada orang yang mempunyai tekanan darah rendah yaitu, catatan ukuran tekanan darah yang normal tetap dibawah 100060. Hal ini jarang menyebabkan masalah, kecuali kadang-kadang orang tersebut seperti sering merasa akan pingsan atau merasa letih.

Jatuh pingsan terjadi apabila tekanan darah turun tiba-tiba dari tingkat yang normal ke tingkat yang tidak menunjang suplai darah ke otak, tetapi segera setelah orang yang bersangkutan dibaringkan horizontal, aliran darah ke otak akan kembali normal, dan dengan demikian kesadaran pulih kembali. serangan pingsan tidak berbahaya, kecuali kemungkinan terjadi kecelakaan jika tidak ditopang pada waktu jatuh.

Akan tetapi, kebanyakan orang yang tekanan darahnya rendah tidak memperlihatkan gejala, dan hanya diketahui apabila tekanan darah diukur pada waktu pemeriksaan rutin. Tekanan darah rendah membutuhkan pengobatan, kecuali dalam kasus yang jarang apabila serangan pingsan mengganggu kenyamanan hidup.

Tekanan Darah Tinggi

Salah satu dari dua perubahan (atau keduanya) dalam mekanisme tekanan darah normal dapat menyebabkan hipertensi :

1. Adalah jantung berdenyut terlalu kuat sehingga dapat meningkatkan angka sistolik;
2. Adalah apabila pembuluh darah kecil menyempit secara tidak normal, sehingga memperbesar tahanan aliran darah yang melaluinya dan meningkatkan tekanan diastolik.

Dalam kasus tekanan darah tinggi, biasanya kedua tekanan itu menjadi naik, walaupun untuk orang tua hanya tekanan sistolik yang mungkin naik. Secara umum, suatu peningkatan dalam tekanan diastolik jauh lebih serius daripada suatu peningkatan tekanan sistolik.

Ada kecenderungan untuk mengelompokkan para penderita hipertensi ke dalam kategori "hipertensif ringan" apabila tekanan diastoliknya antara 95 dan 104 mm Hg, "hipertensif sedang" jika tekanan diastoliknya antara 105 dan 114 mm Hg, dan "hipertensif berat" bila tekanan diastoliknya 115 mm Hg atau lebih.

Sebagian terbesar hipertensif kategori lainnya, sebisa mungkin, sekurang-kurangnya turn sampai dengan kategori ringan. mula-mula hal ini dilakukan dengan memberikan obat untuk mengurangi kekuatan denyut jantung, sehingga menurunkan tekanan sistolik, atau memperlebar pembuluh darah kecil yang menyempit sehingga menurunkan diastolik.

namun ada obat yang mempunyai kedua pengaruh tersebut sekaligus, ada juga yang tampaknya bekerja pusat pengendalian dalam otak dalam sistem saraf, dengan mengatur kembali tekanan dalam sistem tersebut pada tingkat yang lebih rendah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel