Obat Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatan Darah Tinggi

klinikabar.com Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Mengapa tekanan darah tinggi perlu diobati? pertanyaan ini sangat mendasar dan sangat masuk akal, khususnya apabila ditanyakan oleh seorang yang merasa sehat meskipun tekanan darah tingginya tidak diobati, dan kemudian, begitu dimulai pengobatan untuk tekanan darah tingginya, ia merasa ketakutan.

Obat Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatan Darah Tinggi


Gambar Obat Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatan Darah Tinggi


Mungkin anda heran kenapa obat-obatan menjadi faktor penyebab tekanan darah tinggi, namun beberapa obat dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut. 


4 Obat Penyebab Darah Tinggi



1. Tekanan darah tinggi yang hebat dilaporkan sebagai reaksi terhadap salah satu unsur dari sebuah kepalsuan yang dijual untuk menghilangkan gejala pilek. memang kebanyakan orang yang melaporkan reaksi tersebut rupanya telah meminum lebih banyak kapsul daripada yang disarankan, tetapi jika anda mengidap tekanan darah tinggi, sebaiknya anda meminta nasihat dokter mengenai obat-obatan yang dijual bebas yang boleh dan tidak boleh anda gunakan.

khususnya anda harus sangat hati-hati terhadap obat-obatan yang dapat mengerutkan pembuluh darah, seperti obat yang menghilangkan mampet di hidung, walaupun dalam bentuk semprotan sekalipun.

2. Pil Kontrasepsi kombinasi dapat meninggikan tekanan darah. hormon yang membentuk pil ini dapat mengganggu sistem renin sehingga menyebabkan penimbunan garam dan air di dalam tubuh, hal ini menjelaskan perasaan gembung dan bengkak yang dialami beberapa wanita ketika mereka pertama kali meminum pil kontrasepsi ini.

dosis hormon di dalam pil kombinasi yang lebih baru jauh lebih sedikit, sehingga jauh lebih sedikit wanita yang mendapat reaksi berupa tekanan darah tinggi. akan tetapi setiap wanita yang menggunakannya tetap perlu memeriksa tekanan darahnya beberapa kali pada tahun pertama penggunaannya. setelah itu, pemeriksaan dilakukan sekali setiap enam bulan itu cukup memadai.

3. Hormon yang sama sering diresepkan untuk mengatasi gangguan yang menyertai menopause, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang digunakan dalam pil kontrasepsi, dan jarang menyebabkan tekanan darah tinggi.

meskipun demikian, jikalau anda bermaksud menjalani pengobatan hormon untuk mengatasi gangguan selama menopause, sebaiknya untuk pertama kali anda memeriksa tekanan darah anda.

4. Pencegah oksidase monoamin adalah sekelompok obat yang sekarang ini relatif jarang diberikan sebagai resep. obat ini biasanya diberikan hanya untuk orang yang mengalami depresi berat yang tidak tanggap terhadap obat lain.

Diketahui bahwa obat ini menyebabkan tekanan darah tinggi secara mendadak menjadi sangat tinggi apabila diminum bersamaan dengan makanan tertentu. Paduan obat ini salah satu unsur makanan yang meningkatkan pengaruh adrenalin alami dalam tubuh, sehingga baik tekanan sistolik maupun tekanan diastolik meningkatnya sangat cepat, dan kadang-kadang sangat berbahaya.

Orang yang diberi pencegah oksidase monoamin biasanya diberi peringatan agar jangan minum anggur atau bir, atau jangan makan keju, asinan, saus, dan makanan atau minuman yang mengandung ragi, dan sebaiknya anda meminta daftar makanan yang dilarang kepada dokter.

Dari uraian diatas anda akan mengetahui bahwa penyebab tekanan darah tinggi tidak pernah disebabkan oleh faktor tunggal, penyebabnya banyak dan sering disebabkan oleh beberapa hal sekaligus, tes dan wawancara yang paling lengkap seringkali gagal menemukan penyebabnya yang dapat disembuhkan secara tepat.



Hanya sedikit sekali orang yang cukup beruntung yang gangguannya dapat dihilangkan dengan pembedahan atau dengan perbaikan atas keluhan medik, namun itu tidak berarti bahwa tidak ada sesuatu pun yang dapat anda lakukan, atau dilakukan untuk anda, untuk memperbaiki kondisi anda.

4 alasan kenapa tekanan darah tinggi tidak perlu diobati, secara kasar dapat dikatakan sebagai berikut :

 1. Kebanyakan orang yang mengidap tekanan darah tinggi merasa sehat, atau sekurang-kurangnya ia tidak merasa sakit, dan kebanyakan obat modern dapat menyebabkan efek samping yang membuat penderitanya merasa lebih buruk, meskipun tekanan darah berhasil diturunkan sampai tingkat normal.

2. Beberapa orang yang mempunyai tekanan darah sangat tinggi memiliki hidup normal sampai dengan usia lanjut tanpa masalah sedikit pun, menurut data statistik, mereka meninggal lebih awal daripada seharusnya.

3. Tidak mungkin membuktikan bahwa menggunakan obat untuk mempertahankan tekanan darah normal pada seseorang penderita tekanan darah tinggi, dan itu akan memperpanjang usia orang yang bersangkutan.

4. Mengobati darah tinggi mencakup bukan hanya minum obat, melainkan juga perubahan hampir semua segi kehidupan orang yang menderita tekanan darah tinggi, dan apakah upaya tersebut bermanfaat atau tidak untuk pasien?


Cara terbaik untuk menjawab argumentasi tersebut di atas adalah dengan menunjukan risiko yang akan dihadapi seandainya tekanan darah anda dibiarkan tidak terkendali, ada dua cara memandang fakta tersebut, kita dapat melihat apa yang terjadi pada orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi ketika mereka menua, dan kita dapat melihat pada angka statistik yang berkaitan dengan kematian yang disebabkan oleh hipertensi di seluruh dunia.

Termasuk untuk mereka yang tekanan darah tingginya dijadikan dasar oleh perusahaan asuransi jiwa untuk menentukan tingkat premi, angka-angka tersebut dihitung dengan sangat hati-hati dan harus menjadi ukuran yang akurat untuk menentukan tingkat hipertensi yang dapat memperpendek usia seseorang.

Pada akhir tahun 1950-an hingga awal tahun 1960-an, obat untuk tekanan darah tinggi jauh kurang efektif dan menyebabkan banyak efek samping yang lebih buruk dibandingkan obat yang digunakan pada saat ini. Dan di tahun itu pula, banyak pasien di bangsal rumah sakit selalu ada pasien yang menderita tekanan darah tinggi tingkat akhir, dan banyak dari mereka  yang masih muda usianya.

Bahkan hingga dua dasawarsa yang lalu, hipertensi sering berakhir sebagai suatu kondisi yang disebut "hipertensi ganas", yaitu penderita hipertensi menjadi buta, menjadi menderita stroke ringan, dan akhirnya meninggal karena kegagalan ginjal, karena penyakit tersebut dapat merusak peredaran darah, sekali tahap ini dicapai oleh penderita tekanan darah tinggi, maka harapan hidup menjadi kurang dari satu tahun, meskipun diberikan obat yang paling baik.

Namun banyak dokter yang menemukan begitu banyak penemuan-penemuan baru di awal tahun 1970-an, dan sejak saat itu tidak pernah melihat lagi kasus hipertensi ganas, karena adanya kemajuan yang pesat dalam hal pengobatan tekanan darah tinggi, inilah alasan yang paling baik untuk pengobatan aktif semua kasus tekanan darah tinggi, karena sekarang kita dapat menjauhkan komplikasi bentuk yang berat, kita harus menggunakan setiap kesempatan untuk berbuat demikian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel