Gejala Demam Berdarah Dan Bahaya Demam Berdarah

Klinikabar.com, Gejala Demam Berdarah Dan Bahaya Demam Berdarah - Demam dengue merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue dan disebarkan melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti yang telah terinfeksi dengan virus dengue tersebut. Memasuki musim hujan, maka banyak penyakit yang mulai menyebar di masyarakat seperti demam berdarah, chikungunya, diare, filariasis atau penyakit kaki gajah dan lain-lain.

Bahaya Demam Berdarah

Gambar Gejala Demam Berdarah Dan Bahaya Demam Berdarah

Demam berdarah dan chikungunya merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, dimana untuk demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa. Dan biasanya dengan banyaknya korban jiwa akibat terlambatnya penanganan akibat pasien datang ke rumah sakit setelah korban dalam kondisi kritis dan membahayakan.

Demam dengue merupakan penyakit dalam akut yang disebabkan oleh virus dengue dan disebarkan melalui perantara nyamuk Aedes aegypti yang telah terinfeksi dengan virus dengue tersebut. Demam dengue sendiri terbagi menjadi dua yaitu demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD). Demam berdarah dengue merupakan bentuk yang lebih parah dari demam dengue, dimana pendarahan dan syok terkadang dapat terjadi yang dapat mengakibatkan kematian.

Tanda Demam Berdarah Dengue

Penyakit demam berdarah dengue ditandai dengan timbulnya demam yang tinggi dan mendadak, sakit perut, muntah, dan sakit kepala, timbulnya pendarahan yang biasanya terjadi atau muncul pada hari ke 3-5 paska demam dan syok akibat perdarahan.

Gejala Lengkap Demam Dengue Dan Demam Berdarah Dengue

  1. Demam tinggi secara mendadak dan terjadi terus menerus
  2. Sakit kepala terutama di bagian dahi
  3. Sakit di bagian belakang bola mata
  4. Sakit pada bagian tubuh atau sendi
  5. Terasa mual atau muntah
  6. Muka kemerahan.

Gejala Demam Berdarah Dengue

  1. Sakit atau nyeri pada ulu hati yang terus menerus
  2. Pendarahan pada hidung, mulut, gusi atau memar pada kulit
  3. Muntah yang terus menerus, terkadang disertai dengan darah
  4. Kotoran feses yang berwarna kehitaman akibat terjadinya pendarahan di organ dalam
  5. Rasa haus yang berlebihan
  6. Kulit yang pucat dan dingin
  7. Penurunan kesadaran dan mengantuk

Pengobatan Demam Berdarah

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang spesifik yang dapat mengatasi demam berdarah dengue. Meskipun demikian pengobatan secara dini akan dapat meredakan gejala yang timbul dan dapat mencegah terjadinya komplikasi serta kematian. Untuk mengobati demam, sakit kepala dan nyeri sendi, paracetamol merupakan obat yang paling direkomendasikan oleh WHO, kemudian transfusi darah dan trombosit dapat dilakukan apabila terjadi perdarahan masif.

Jika satu atau lebih gejala demam dengue atau demam berdarah dengue timbul, maka disarankan untuk segera membawa pasien ke rumah sakit, terlebih lagi setelah hari pertama dan hari kedua setelah demam yang biasanya merupakan fase kritis dari penyakit ini. Untuk mencegah dehidrasi akibat demam maka sebaiknya berikan cairan terus menerus pada pasien, baik itu cairan berupa air putih, jus buah atau lainnya.

Selain itu yang penting adalah untuk menjauhkan pasien dari nyamuk supaya tidak menyebarkan penyakit lainnya tersebut kepada orang lain. Saat ini, metode utama yang digunakan untuk mencegah dan mengontrol terjadinya demam berdarah dengue adalah dengan melakukan pemberantasan terhadap nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebar virus dengue.

nyamuk Aedes aegypti ini dapat berada di dalam rumah maupun di luar rumah. di dalam rumah biasanya nyamuk Aedes aegypti biasanya bersembunyi di tempat yang gelap seperti di lemari, di baju yang tergantung, di bawah tempat tidur dan ditempat kotor, serta ditempat lainnya. Sedangkan apabila di luar rumah, nyamuk Aedes aegypti tersebut menyukai tempat yang teduh dan lembab. Nyamuk betina biasanya akan menaruh telur-telurnya pada wadah air di sekitar rumah, sekolah, perkantoran dan lain-lain, dimana telur tersebut dapat menetas dalam waktu 10 hari.

Baca Juga Cara Dan Manfaat Pemeriksaan Darah Pada Anak

Penutup

Untuk Mencegah timbulnya demam berdarah yang berbahaya, Oleh sebab itu, harus selalu membersihkan bak mandi, menutup tempat-tempat yang berisi air dan mengubur barang-barang yang sudah tidak terpakai adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, yang mana bertujuan untuk membasmi keberadaan nyamuk Aedes Aegypti. Itulah artikel tentang Gejala Demam Berdarah Dan Bahaya Demam Berdarah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel