Gejala Osteokondrosis Dan Cara Mengobati Osteokondrosis

klinikabar.com, Definisi Osteochondrosis - Osteochondrosis( penyakit Perthes, Penyakit Osgood-Schlatter) adalah keadaan mengenai tulang dan berakibat serupa bagian rangka apapun yang terserang, tetapi berdasarkan tempatnya, maka akan dikenal dengan nama yang berbeda. Misalnya jika keadaan ini mengenai sendi panggul, maka dikenal dengan nama penyakit Perthes. jika bagian depan tungkai tepat di bawah sendi lutut yang terkena, maka dinamakan penyakit Osgood-Schlatter.

Osteochondrosis

Gambar Gejala Osteokondrosis Dan Cara Mengobati Osteokondrosis

Penampilan sendi panggul dan lutut serupa dalam setiap kasus : tulang sendi yang terkena akan melunak dan aliran darahnya terbatas, dan sangat beruntung karena penyakit ini dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat, keadaan ini dapat dikoreksi dan jarang meninggalkan gejala sisa apa pun.

Tanda dan Gejala Osteochondrosis

Penyakit Perthes.

Pada sendi panggul paling lazim mengenai anak laki-laki yang berusia 5-12 tahun, anak akan mengeluh nyeri panggul atau lutut pada tungkai yang terkena, ia juga akan mengalami ketimpangan tulang yang jelas.

Suatu keadaan yang dikenal sebagai "epifisis tergelincir" pada kelompok usia yang sedikit lebih tua dapat dikacaukan dengan serangan penyakit Perthes. Dalam kasus ini, gejala nyeri dan kepincangan pada kaki disebabkan oleh garis pertumbuhan bagian atas tulang paha yang tumbuh tidak rata sehingga "tergelincir". Dan pengobatannya adalah dengan imobilisasi di dalam gips.

Penyakit Osgood-Schlatter.

Biasanya timbul dalam kelompok usia yang sedikit lebih tua, paling umum pada awal usia remaja. penyakit ini melibatkan anak wanita maupun laki-laki. Nyeri pada tonjolan tulang dapat dibawah lutut menjadi gejala terparah, sering terdapat pembengkakan dan mungkin kemerahan, penderitanya akan pincang karena merasa tidak nyaman. bentuk olahraga apa pun tidak  menyenangkan, sering penderita keadaan ini adalah anak yang sangat rajin olahraga.

Cara Mengobati Osteokondrosis

Untuk pengobatan osteochondrosis tidak diperlukan pengobatan lain selain istirahat dan mungkin aspirin untuk pereda rasa nyeri jika osteokondrosisnya berat.

Penyakit Perthes, Istirahat sendi panggul harus menyeluruh. untuk itu anak perlu di gips selama beberapa bulan untuk membuat istirahat sendi yang biasanya sangat aktif ini. Keadaan ini dapat mengganggu anak yang aktif, terutama karena tungkainya di gips pada lutut tegak lurus terhadap badan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Ini dapat juga menyebabkan masalah mobilitas, misalnya dapat menyulitkan gerakan melewati pintu, tetapi dengan ketekunan dalam melakukan pengobatan ini maka tulang dapat dipulihkan ke bentuk dan pada kekuatan normal. dan tidak akan ada gejala sisa dari penyakit Perthes.

Penyakit Osgood-Schlatter juga memerlukan istirahat untuk pengendalian gejala dan agar tulang menjadi utuh lagi. sering hanya diperlukan menghindari olah raga dan meminimumkan berjalan selama beberapa bulan. Tetapi kadang diperlukan istirahat di dalam gips. dan pengobatan seperti ini tidak akan menimbulkan gejala lainnya.

Penyakit Osteokondrosis merupakan penyakit yang hanya terbatas pada masa anak-anak, tetapi dengan cara beristirahat, maka penyakit ini mudah dikendalikan. Istirahat pada anak remaja sulit dilakukan, tetapi orangtua harus melakukan yang terbaik untuk anaknya. Anak-anak dalam usia ini pasti dapat memahami perlunya mereka istirahat jika diberikan penjelasan tentang apa yang terjadi pada panggul atau tungkainya.