Pemeriksaan Kaki Datar, Pengobatan Kaki Datar Pada Anak

klinikabar.com, Pemeriksaan Kaki Datar, Pengobatan Kaki Datar Pada Anak - Pengobatan Kaki datar normal pada bayi baru lahir dan anak yang masih kecil, bantalan lemak di bawah lengkungan kaki menyebabkan kaki tampak datar. Dengan lewatnya waktu sehingga anak mencapai usia dua tahun dan telah berjalan beberapa bulan atau satu tahun, akan mulai timbul lengkungan kaki yang normal, tetapi kadang-kadang kaki masih tampak "datar". disamping itu pergelangan kaki mungkin memutar ke dalam.

Pengobatan Kaki Datar Pada Anak


Gambar Pemeriksaan Kaki Datar, Pengobatan Kaki Datar Pada Anak


Pemeriksaan Kaki Datar Pada Anak

1. Jika anak berdiri pada ujung jarinya, biasanya akan terlihat lengkungan ini. tes sederhana ini dapat sangat membuat tenang ibu dan anak, karena seorang ibu akan cemas jika anaknya menderita kaki datar seumur hidup.

2. Disamping itu juga, kaki dapat mudah digerakkan kesemua arah - ke atas dan ke bawah pada pergelangan kaki maupun dari sisi satu ke sisi yang lain - pasti tidak ada masalah tulang yang mendasari.

"Tali tumit" atau tendo Achilles, kadang-kadang tegang, tetapi ini cenderung membuat anak berjalan pada ujung jarinya, bukan dengan cara kaki datar. Jika ini masalahnya, harus minta nasihat dari ahli bedah ortopedi. 

Kadang-kadang fisioterapi dapat membantu mengatasi masalah ini, tetapi kadang-kadang diperlukan operasi kaki datar untuk memanjangkan tendo ini.

3. Kadang-kadang anak mengeluh bahwa tungkai di sekeliling betis terasa pegal setelah melakukan gerak badan, jika mereka menderita kaki datar, ini tidak berarti terdapat sesuatu kelainan, beberapa gerak badan sederhana untuk memperkuat otot akan mengobati masalah ini.

Cara Mengobati Kaki Datar Pada Anak

Gerak badan sederhana untuk memperkuat otot kaki biasanya merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan untuk menjamin perkembangan lengkungan kaki yang normal. Jika kegiatan ini dijadikan permainan,maka anak akan suka melakukannya dan lengkungan akan lebih cepat terlihat.

1. Perintahkan anak anda berjalan di sekeliling rumah dengan ujung jari kaki yang diberikan kaos kaki, untuk sekurang-kurangnya sepuluh menit setiap hari. karena melakukan ini, anda akan sanggup melihat timbulnya lengkungan ini (pastikan lantai bersih dari benda-benda berbahaya sebelum memulainya!)

2. Sementara ia menonton TV, desak agar anak anda mencoba memungut pensil dengan jari kakinya.

3. Jika ia menunggu sementara anda berbicara dengan seorang teman atau pergi berbelanja, anjurkan anak untuk berdiri pada sisi luar kakinya. cara-cara sederhana ini, bila dilakukan dengan teratur, menjamin kaki segera membentuk lengkungan normal.

Sepatu Khusus Untuk Kaki Datar Menetap

Pemakaian sepatu harus dipertimbangkan hanya pada kasus kaki datar yang sangat berat, yang disertai pergelangan kaki terputar ke dalam dan sepatu yang dipakai anak berbekas dengan jelas pada bagian dalamnya dalam waktu yang sangat singkat. Jelas anda pertama kali harus memeriksa bersama dokter anda apakah sepatu itu diperlukan, sebuah pabrik sepatu terkenal menjual sepatu dengan bentuk khusus di dalamnya, sehingga kaki anak "terdorong" ke atas, sehingga ia dapat berjalan dengan cara yang lebih normal.

Penutup

Setelah memeriksa bersama dokter, kunjungi toko sepatu anak yang baik, untuk mengukur kaki anak anda dengan tepat.

Baca Juga Cara Mengatasi Fimosis Pada Anak Laki-Laki

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel