Manfaat Oksigen Membuat Otak Anak Cerdas

klinikabar.com, Manfaat oksigen membuat otak anak cerdas - Tahukah anda bahwa salah satu yang membuat otak anak cerdas adalah oksigen yang dihirupnya? Selain itu manfaat oksigen membuat anak kuat, Anak pintar dan anak sehat. Tapi, bagaimana cara membuat anak anda tumbuh sehat, pintar dan kuat, kelihatannya sepele, tapi ini sangat penting untuk anda sebagai orang tua. Mari kita simak bagaimana cara membuat otak anak cerdas.

Cara Membuat Otak Anak Cerdas


Gambar Manfaat Oksigen Membuat Otak Anak Cerdas


Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk anak anda, asupan makanan yang sehat dan berimbang dipastikan dapat mendukung pertumbuhan secara optimal, namun sering anak sulit menerima hal penting tersebut sehingga memunculkan bermacam masalah dalam pertumbuhan anak, lalu bagaimana solusinya?

Untuk mendapatkan anak yang sehat, cerdas dan kuat, diperlukan nutrisi, baik itu makronutrien (karbohidrate, lemak, dan protein) maupun micronutrient (vitamin dan mineral). Nutrisi bertanggung jawab untuk pertumbuhan fisik dan kematangan seksual serta diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan anak.

Kebutuhan nutrisi setiap anak berbeda, tergantung dengan usia, tinggi badan, dan berat badan, serta aktivitas, misalnya, pada anak usia satu sampai lima tahun harus mendapatkan komposisi makanan yang seimbang yang mengandung 50-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, 30 persen lemak, vitamin, dan mineral.

Pola Makan Sehat Untuk Anak

Anak-anak membutuhkan asupan diet seimbang dengan menu makanan yang bervariasi, Ahli nutrisi dan Gizi anak, Dr. Soeklola, memberikan contoh terdiri dari sereal, sayur, buah, susu, dan protein hewani seperti ikan, ayam, atau daging yang diberikan dalam jumlah cukup sebanyak 3 kali dalam sehari. Dokter Lola juga menyarankan para ibu untuk menyediakan makanan dan cemilan sehat bervariasi yang diberikan diantara waktu makan, seperti buah segar, jus buah, ataupun puding.

Namun, dalam membangun nutrisi anak yang tepat seringkali menghadapi problema, seperti kurang nafsu makan, sulit konsentrasi, dan sering sakit. biasanya anak sering kurang nafsu makan karena menu makanan yang kurang bervariasi setiap harinya, juga bisa disebabkan masa peralihan dari makanan lunak ke makanan padat, kurangnya mikronutrien (vitamin B1 dan Lysine) serta kondisi tubuh yang kurang sehat.

Bila anak tidak nafsu makan, anak juga tidak mampu berkonsentrasi optimal, ia akan mengalami kelelahan, bahkan stres; kesehatan mata menjadi terganggu; dan gangguan pada kesehatan otak, anak juga cenderung lebih sering sakit apabila kondisi cuaca kurang baik, berada pada puncak kelelahan, dan daya tahan tubuh yang menurun.

Perlunya Multivitamin Untuk Anak

Bila anak mengalami permasalahan seperti yang ditulis di bagian atas, konsumsi multivitamin memang perlu dilakukan " orang tua sebaiknya mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan tambahan multivitamin yang diminum secara rutin untuk memenuhi gizi seimbang".

Kandungan apa saja yang ada dalam multivitamin yang dibutuhkan oleh anak?. Misalnya, Lysine yaitu mikronutrien yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan asupan makanan ke dalam tubuh, juga baik untuk penyerapan kalsium, pembentukan otot, penyembuhan luka, produksi hormon, enzim, antibodi, dan L-carnitin. ini cocok bila anak anda kurang nafsu makan.

Selain itu, anak membutuhkan taurine yaitu asam amino penting yang terletak di bagian otak, apabila kurang konsentrasi, fungsinya membantu dalam membentuk dan regenerasi jaringan otak, serta perkembangan dan kesehatan jaringan mata. lalu untuk daya tahan tubuh, anak juga membutuhkan vitamin C.

Penutup

Itulah pembahasan tentang manfaat oksigen untuk kecerdasan anak. Dengan memahami kebutuhan anak, pola makan sehat dan seimbang, serta pemberian multivitamin dan mineral yang benar, maka orang tua dapat mengoptimalkan asupan makanan sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan otak anak.

Baca Juga Otak Dan Cara Pembelajaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel