Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Sampai Tuntas

klinikabar.com, Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Sampai Tuntas - Biasanya ketika anak yang terjangkit kutu rambut, dia akan divonis sebagai peribadi yang kurang bersih. Padahal, kepala yang bersih pun bisa saja tertular apabila ada kontak dengan orang yang berkutu. Pada anak-anak, biasanya kutu rambut akan cepat menular. Apalagi kalau teman-teman dan lingkungan sekitar sudah ada yang terjangkit. Bila sudah tertu;ar kutu rambut, maka kepala akan terasa sangat gatal dan anak jadi terdorong untuk terus menerus menggaruk kepalanya.

Kutu rambut, seperti yang dijelaskan, merupakan suatu investasi pediculus humanus varian capitis pada kulit kepala dan rambut. Apakah kutu rambut merupakan hal yang wajar dialami oleh anak-anak? "Ya" kutu rambut cukup sering ditemukan. Angka kejadian paling banyak terdapat pada anak-anak usia sekolah.

Efek Dari Kutu Rambut



Gambar Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Sampai Tuntas


Alangkah baiknya jika anak langsung dibawa ke dokter begitu diketahui ada kutu rambut yang bersarang di kepalanya agar dia mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. nantinya dokter akan melakukan diagnosis dengan menemukan kutu rambut atau telur kutu yang dinamakan nits, biasanya di daerah belakang kepala atau di samping kepala.


Nits merupakan telur kutu kepala serta terus menerus menyusahkan setiap ibu, epidemi kutu rambut lazim terjadi di sekolah terutama sekolah terutama sekolah dasar. Dan kutu ini tidak terbatas pada kelapa yang kotor - Kenyataannya kutu tersebut lebih menyukai rambut bersih, rambut yang bagus dan mengkilat.!


Tanda Dan Gejala Kutu Rambut Dan Telur Kutu Atau Nits

Tanda pertama bahwa anak anda mempunyai kutu rambut ialah jika ia mulai menggaruk kepalanya, dengan pemeriksaan teliti anda akan menemukan telur putih yang sangat kecil atau nits, menempel pada batang rambut. Anda bisa juga melihat seekor atau dua ekor kutu rambut jika anda mempunyai penglihatan yang baik, nits sangat menyerupai ketombe tetapi berbeda dari ketombe, nits tidak mudah dilepaskan dari batang rambut- ia menempel seperti kerang.

Mungkin awalnya terasa gatal, lalu infeksi. Itulah gejala awal dari adanya kutu rambut dikepala, terutama kepala bagian belakang dan samping. Gatal ini lalu bisa meluas hingga seluruh kepala. Gatal memicu anak untuk menggaruk, sehingga muncul luka di area tersebut, luka yang muncul akibat garukan dapat terinfeksi,bahkan bernanah. Apabila infeksi terjadi dan meluas serta menjadi infeksi berat, dapat disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening di sekitar kepala. Biasanya ini disebut dengan sekelan atau sengkelan. pada infeksi berat ini juga dapat disertai dengan bau yang tidak enak.

Cara Mengobati Dan Cara Mengatasi Kutu Rambut Dan Nits

Membasmi kutu rambut, dari mulai menggunakan sisir khusus hingga penggunaan antibiotik agar anak terbebas dari kutu rambut dan telur kutu. Anda dapat memakai obat kutu untuk mengeradikasi semua kutu dan telur kutu. Selain itu, bisa juga menggunakan kondisioner dan sisir serit, yang bisa melepaskan kutu dan telur kutu dari rambut.

Meskipun demikian, penggunaan sisir serit biasanya kurang efektif karena masih ada kemungkinan kutu dan telur kutu yang tertinggal. jadi, akan lebih baik bila dibawa ke dokter agar diberi obat yang tepat. Pada kasus dengan infeksi berat, dapat diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi. Kemudian, ingat untuk menjaga kebersihan pribadi. Ini kunci untuk mencegah terjadinya kekambuhan.

Bermacam jenis shampo atau lotion yang sangat efektif tersedia untuk pengobatan kutu rambut, tetapi sampo harus sering ditukar dengan jenis berbeda, kutu rambut cepat menjadi resisten terhadap satu jenis sampo, gunakan sisir khusus untuk membuang kutu dan nits di rambut dan di kepala. Atau anda bisa gunakan obat pembasmi kutu dan nits yang banyak dijual di apotik.

Tetapi jika anda menemukan, janganlah mengira itu sebagai suatu bencana besar - kepala berkutu dapat ditemui pada siapa saja - termasuk pada guru sekolah, pada dokter, dan perawat! Obati saja masalah ini dan lakukan tindakan pencegahan terhadap kembalinya kutu dan nits dengan perawatan teratur yang teliti atas rambut anak anda.

Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami

Jika kutu rambut masih bersarang dikepala anda, dan tetap bandel walaupun anda telah melakukan berbagai macam pengobatan, maka anda dapat mencoba cara membasmi kutu rambut secara tradisional, yaitu dengan cara : keramas dengan menggunakan minyak tanah, jika anda tidak suka dengan bau menyengat dari minyak tanah, anda apat juga menggunakan campuran air dan cuka untuk keramas, lalu diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air bersih hingga bersih, setelah itu, anda dapat menggunakan shampoo untuk menghilangkan bau cuka tersebut

Baca Juga Aturan Penggunaan Obat Herbal Dan Obat Tradisional

Penutup

Untuk mencegah penularan kutu rambut, anda perlu menghindari faktor-faktor peningkatan resiko. Pertama, selalu jaga kebersihan anak dengan rajin mandi dan keramas. Kedua, selalu waspada dengan lingkungan tempat tinggal. Khususnya kalau anda beberapa di hunian yang padat, karena akan memudahkan penularan kutu rambut. Ketiga, hindari kontak langsung dengan orang yang menderita kutu rambut. jangan bertukar sisir, topi atau bantal. Untuk urusan kutu rambut pada anak, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca Juga Cara Mengobati Rakhitis Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel