Penyebab Penyakit Croup, Gejala, Tanda Dan Cara Mengobati Penyakit Croup

klinikabar.com, Penyebab Penyakit Croup Dan Cara Mengobati Penyakit Croup - Definisi Penyakit Croup - adalah keadaan yang menyerang banyak bayi dan anak-anak, keadaan ini disebabkan oleh infeksi virus pada kerongkongan (laring), pada orang dewasa biasanya penyakit ini dinamakan penyakit laringitis, tetapi karena jalan pernapasan bayi sangat kecil, maka croup tidak boleh diabaikan.

Penyakit Croup Pada Anak

Gambar Penyebab Penyakit Croup, Gejala, Tanda Dan Cara Mengobati Penyakit Croup

4 Tanda Dan Gejala Penyakit Croup.

1. Setiap tarikan napas disertai dengan bising, bernada tinggi dan serak.
  2. Tangisan bayi akan berbunyi serak dan bernada tinggi
  3. Pada kasus croup yang berat, maka akan terjadi sulit bernapas.
  4. Juga akan ada gejala umum infeksi seperti : bayi rewel, tidak mau minum susu, dan disertai demam ringan.
  5.

Cara Mengobati Croup.

Jika ada kesulitan bernapas, anda harus memanggil dokter secepatnya, karena saluran pernapasan bayi dan anak-anak sangat kecil maka dapat terjadi penyumbatan. Bayi yang sulit bernapas akan terlihat dengan adanya cekungan tajam antara iga pada setiap tarikan napas. Jika bayi menangis dengan suara serak disertai flu, maka anda tidak perlu memanggil dokter secara segera. Tetapi tetap awasi bayi anda atau anak anda secara teliti, karna di khawatirkan pernapasannya akan memburuk, jika gejala ini berlangsung terus-menerus, maka anda bisa segera menghubungi dokter. Croup ringan dapat diobati dengan cara seperti mengobati infeksi saluran pernapasan, dan berikan makanan yang lembek, berikan banyak minum, serta berikan perhatian dan kasih sayang.

Jika croup memburuk, dan anda perlu memanggil dokter, dan sediakan sebuah ceret yang berisi air mendidih di dalam ruangan tempat bayi anda terbaring, karena itu akan membantu sementara, supaya pernapasan pada bayi atau anak anda tertolong sementara, tapi ingat jangan meninggalkan ceret tersebut dengan anak anda, karena anda harus tetap mengawasi anak anda.

Biasanya dokter akan memberikan resep antibiotika untuk mengobati serangan croup yang berat. croup akan menghilang bersama pertumbuhan bayi atau anak, dengan pertumbuhan pada bayi atau anak, maka makin besar juga saluran pernapasan yang dimiliki anak tersebut, maka efek pembengkakan apapun karena infeksi akan berkurang, tetapi anda perlu mengobati croup secara cepat dan tepat sewaktu bayi atau anak anda masih kecil.