Penyebab Pilek Dan Infeksi Saluran Pernafasan Atas

klinikabar.com, Infeksi Saluran Pernapasan Atas - Infeksi saluran pernapasan atas terjadi segera setelah anak mengikuti kelompok bermain atau mulai masuk sekolah, maka biasanya ana-anak terserang infeksi saluran pernapasan atas, infeksi ini menjadi bagian sangat penting dalam pertumbuhan anak. Kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus diperoleh dengan bertemu dan mengatasi infeksi saluran pernapasan atas ini.

Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Gambar Penyebab Pilek Dan Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Tanda-tanda akan datangnya pilek telah lazim dialami setiap orang dan setiap anak tidak kecuali dari gejala yang tidak menyenangkan ini.. Tetapi dalam usia tertentu, mereka belum menyadari apa yang akan timbul dari rasa yang menggelitik di hidung dan tenggorokan!.

Dalam kelompok anak usia dua sampai lima tahun, tanda pilek pertama yang tampak adalah berupa penolakan makanan dan anak menjadi gelisah, setelah satu atau dua hari akan timbul tanda-tanda lebih biasa berupa hidung yang basah dan batuk.

Pilek pada anak mempunyai gejala dan tanda yang sama dengan pilek pada orang dewasa, biasanya gejala terburuk akan hilang dalam dua atau tiga hari.

Komplikasi Pilek Yang Mungkin Terjadi

1. Penyebaran infeksi yang menurun ke saluran pernapasan bawah dapat melibatkan bronkus yang menimbulkan bronkitis, penyebaran lebih lanjut ke jaringan paru, yang menyebabkan pneumonia, juga dapat timbul walaupun, untungnya, jarang terjadi.

2. Infeksi dapat juga menyebar ke telinga bagian tengah yang menyebabkan otitis media.

3. Sinusitis (infeksi sinus), biasanya semua gejala sinusitis akan sembuh dengan membaiknya hidung yang basah serta tenggorokan yang menggelitik dan sakit, tetapi terkadang sekresi hidung, nyeri tekan pada tulang pipi, dan demam yang menetap, ada baiknya anda memberikan tetes hidung yang dirancang untuk mengerutkan pelapis hidung yang bengkak dan meradang. tetes hidung memungkinkan terjadinya pengeringan sinus, kadang-kadang diperlukan antibiotika untuk mengatasi infeksi sinus yang menetap.

Cara Mengobati Pilek Biasa

Tidak ada pengobatan yang "menyembuhkan" suatu pilek biasa. tetapi banyak obat yang dapat membantu meringankan gejala ini, obat ini berkisar dari analgesik untuk mengurangi nyeri dan demam, sampai berbagai jenis obat batuk. Anak-anak hanya boleh diberikan obat yang cocok bagi kelompok usianya, harus diperhatikan dengan cermat dosis obat apa pun yang telah di beli, baca dengan teliti petunjuk apa pun pada labelnya, dan jika anda ragu, silahkan tanyakan ke apoteker tempat anda membeli obat itu.

Pasien anak-anak harus tinggal di dalam lingkungan yang selalu hangat selama dua atau tiga hari, nafsu makan yang memburuk mungkin dapat dicoba diatasi dengan memberikan makanan kesukaannya, tetapi jangan takut jika anak anda hanya ingin minum selama satu atau dua hari, ia dapat bertahan dengan baik hanya dengan cairan selama stadium awal pilek.

Antibiotika tidak bermanfaat dalam pengobatan pilek biasa, karena pilek disebabkan oleh virus dan antibiotika tidak berefek apa pun atas serangan infeksi saluran pernapasan ini. Perawatan dengan kasih sayang menjadi pengobatan terbaik yang dapat anda lakukan pada anak anda yang sedang menderita pilek, dan ingat! frekuensi pilek akan berkurang dengan bertambahnya usia anak tersebut.