Tanda Dehidrasi, Akibat Dan Cara Mengatasi Dehidrasi

Klinikabar.com, Dehidrasi adalah Akibat Kurang Minum Air Yang Cukup - Tidak cukup minum air dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah yang meningkat, peredaran darah yang menjadi buruk, pencernaan jadi terganggu, fungsi ginjal yang rusak, meningkatnya risiko untuk terbentuknya batu ginjal dan juga resiko untuk mengalami infeksi saluran urin.

Beberapa Tanda Dehidrasi Pada Tubuh

Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi makhluk hidup. tanpa air manusia dan mahluk hidup hanya dapat bertahan hidup selama 9-10 hari, sedangkan tanpa makanan manusia dapat bertahan hidup selama 45-65 hari. meskipun demikian, seringkali kita menganggap sepele asupan air ini, komposisi manusia dewasa sekitar 69-70% terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80% tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin bahkan lebih dari 90% tubuhnya terdiri dari air.

Gambar Tanda Dehidrasi, Akibat Dan Cara Mengatasi Dehidrasi


Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh manusia untuk dapat melakukan aktivitasnya. manfaat air bagi tubuh manusia antara lain adalah :

Manfaat Air Untuk Tubuh Manusia

  • Air sebagai bahan pembentuk sel
  • Air sebagai bahan pembawa
  • Air sebagai pengatur suhu
  • Air sebagai pelarut
  • Air sebagai pereaksi
  • Air sebagai pelumas
  • Air sebagai bantalan atau absorber

Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, suhu dan kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis kelamin serta usia dan kondisi tubuh. Tubuh memerlukan sekitar 2-2,5 liter air per hari. jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air minum dan makanan.

Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air, salah satunya adalah melalui rasa haus. Rasa haus merupakan mekanisme alami dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh dan merupakan petunjuk bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi (kehilangan cairan tubuh) maka sebenarnya tubuh sedang memberikan sinyal karena mengalami defisit cairan. Sangat penting untuk kita untuk selalu minum air sebelum merasa haus supaya keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga. maka disarankan untuk minum air minimal 2 liter atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dan menjaga kesehatan.

Cara Mudah Mengetahui Tanda Dehidrasi

Cara mudah untuk mengetahui status hidrasi (keseimbangan cairan tubuh) kita adalah dengan mengecek warna urin yang dikeluarkan berwarna kuning pucat dan tidak berbau, maka menunjukkan bahwa tubuh perlu asupan air lebih banyak agar tidak mengalami dehidrasi.

Penyebab Dehidrasi

Dehidrasi terjadi akibat tubuh kehilangan air lebih banyak dibandingkan dengan asupannya. namun dehidrasi juga dapat berkaitan dengan kadar garam mineral (terutama natrium dan kalium) dalam tubuh. Dehidrasi dapat disebabkan oleh muntah, diare, demam, penggunaan obat yang mengakibatkan banyak kencing, keringat berlebih karena cuaca panas. dan lain-lain.

Tanda Dan Gejala Dehidrasi

  • Rasa haus
  • Urin yang sedikit dan berwarna pekat
  • Jumlah keringat yang sedikit
  • Mulut yang kering
  • Tubuh yang lemas
  • Kulit yang kurang elastis.

Akibat Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat menyebabkan turunnya turunnya tekanan darah sehingga muncul rasa pusing ketika berdiri. Jika dehidrasi semakin tinggi atau dehidrasi semakin parah dapat memicu penurunan kesadaran hingga kerusakan otak, karena otak adalah organ yang paling sensitif terhadap kekurangan air.

Tidak cukup minum air dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah yang tinggi, peredaran darah yang buruk, pencernaan yang terganggu, fungsi ginjal rusak, meningkatkan risiko untuk mengalami infeksi saluran kemih.

Oleh karena itu sangat penting untuk kita minum air yang cukup setiap hari. Karena dengan minum air yang cukup secara teratur dapat mencegah terjadinya dehidrasi sehingga kesehatan tubuh akan lebih baik dan juga meningkatkan kemampuan fisik dan mental yang lebih baik.

Cara Rehidrasi Tubuh

Selama satu hari, tanpa mencegah keluarnya keringat, rat-rata tubuh kehilangan minimal 1,5 liter air melalui kulit, paru-paru, saluran pencernaan, dan ginjal. Tubuh harus melakukan itu untuk menyingkirkan racun, termasuk yang menyebabkan kantung hitam di bawah mata dan yang berkumpul di bawah kulit hingga membentuk bintik-bintik. cuaca yang panas atau aktivitas fisik akan menyebabkan lebih banyak air yang dikeluarkan. Bersamaan dengan pengeluaran air, tubuh juga perlu menghasilkan air untuk membakar glukosa untuk memperoleh energi.

Berapa Banyak Air Yang Kita Perlukan Untuk Tubuh

Jumlah air yang digunakan dan hilang dari tubuh tergantung pada ukuran tubuh dan tingkat aktivitas, tetapi rata-rata kita perlu minum sekitar 1,8 liter atau 8 gelas air per hari agar dapat terus berfungsi secara optimal. Hanya sedikit orang yang minum sebanyak itu, kebanyakan orang tidak sadar jika mereka mengalami dehidrasi, seperti kelelahan yang sangat, sakit kepala, gangguan pencernaan dan nyeri sendi.

Air Mineral Dalam Botol Atau Air Kran Yang Baik Untuk Rehidrasi Tubuh?

Pada dasarnya, ada alasan yang bagus untuk mengganti air kran dengan air kemasan botol, telah diidentifikasi ratusan pencemar kimiawi pada air kran. Yang paling umum adalah nitrat timbal, aluminium, dan pestisida.

Jenis-Jenis Air Mineral Dalam Botol Kemasan

Tetapi air kemasan dalam botol tidak selalu murni dan sesederhana seperti terlihat oleh mata kita, air mineral dalam botol dapat diklasifikasi menjadi table water, spring water dan air mineral alami.

Air Mineral Alami

Dan hanya air mineral alami yang terjamin berasal dari sumber air bawah tanah yang tidak terkena polusi, air mineral alami tidak mendapat perlakuan apapun dan air mineral alami mengandung mineral-mineral yang ditemukan secara alami, yang masuk ke dalam air saat air mengalir melalui berbagai lapisan tanah dan bebatuan menuju sumur atau mata air, mineral-mineral itu semestinya tercantum di label.

Spring Water

Spring water biasanya juga berasal dari bawah tanah, tetapi tidak langsung dikemas dalam botol di sumber nya dan mungkin telah mendapatkan perlakuan untuk menyingkirkan bakteri.

Table Water

Table water adalah yang paling tidak jelas definisinya dan mungkin merupakan campuran air dari berbagai sumber, termasuk air kran. akan tetapi, biasanya table water sudah dimurnikan dan seringkali ditambahkan dengan sejumlah mineral.

Bahayanya Air Yang Mengandung Karbonasi

Ingatlah selalu bahwa air kran atau pun spring water seringkali diberi karbonasi yang dapat menyebabkan molekul-molekul karbon berikatan dengan mineral-mineral dalam tubuh dan merebut zat gizi di dalam tubuh.

Bahkan air mineral sejati, kandungan mineralnya sangat kecil dan tidak selalu seimbang bagi kesehatan, air yang kaya akan natrium, misalnya, juga akan memberikan efek dehidrasi. Menyaring air kran anda merupakan alternatif bagi air botolan dan menghasilkan air yang lebih jernih dan akan terasa lebih segar.

Manfaat Minum Lebih Banyak Air

Jagalah tubuh anda dalam kondisi terbaik dengan minum minimal 8-10 gelas air perhari, hal itu akan mendatangkan keuntungan bagi anda berupa :

1. Sistem peredaran darah yang lebih sehat (peredaran oksigen dan zat-zat gizi yang lebih efisien ke seluruh tubuh).

2. Pengeluaran yang lebih efektif dari ginjal (pengeluaran racun), sehingga hanya sedikit racun yang tertinggal yang mungkin mencapai permukaan kulit.

3. Peningkatan kondisi kulit dan rambut (air menjaga sel-sel kulit tidak kekeringan dan menjaga bibir terhidrasi). Pada orang dengan kondisi kulit normal, meminum banyak air akan membantu merangsang kelenjar-kelenjar sebasea untuk menghasilkan kelembaban. Akan tetapi, pada orang dengan kondisi kulit berminyak tidak akan membuat kulit menjadi lebih berminyak.

4. Sistem pencernaan yang lebih sehat (lebih kecil kemungkinan anda lapar atau mengalami konstipasi)

5. Peningkatan konsentrasi dan stamina

6. Lebih tahan terhadap stres, kecemasan, dan kelelahan.

7. Memperlambat tanda-tanda penuaan, berkat rangsangan terhadap produksi hormon pertumbuhan dari kelenjar pituitari di otak.

8. Mengurangi penahanan dan kembung air.

9. Membantu pembakaran lemak yang efektif

10. Otot-otot yang lebih bertenaga dan fleksibel di wajah dan bagian lain di tubuh, tiga perempat otot harus terdiri dari air dan jika otot kehilangan tiga persen kandungan air, kekuatannya akan berkurang sepuluh persen.

Baca Juga Inilah Aturan Minum Saat Olahraga

Penutup

Itulah artikel tentang tanda dehidrasi dan cara mengatasi dehidrasi. Tahukah anda! Minuman seperti kopi, teh, bir atau minuman soda tidak dihitung dalam asupan air harian anda, sebab minuman-minuman itu perlu disaring melalui ginjal, sedangkan air murni tidak perlu disaring oleh ginjal. Akan tetapi, anda dapat "memakan air", sebab kebanyakan dari buah dan sayuran adalah 90% terdiri dari air. Seperti anggur, melon, jeruk, paprika, timun, dan seledri adalah contoh makanan yang banyak mengandung air yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel