Inilah Aturan Minum Selama Melakukan Olahraga

klinikabar.com, Aturan Minum Selama Melakukan Olahraga - Tidak hanya penting dalam aktivitas sehari-hari, memperhatikan asupan minum dalam tubuh juga penting diperhatikan saat melakukan olahraga, kekurangan air saat melakukan olahraga berisiko menyebabkan terjadinya kram.

Inilah Aturan Minum Selama Melakukan Olahraga

Sebanyak 60 persen dari tubuh terdiri dari air, saat melakukan olahraga, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan, jika tidak segera diganti, kekurangan cairan saat melakukan olahraga akan menyebabkan dehidrasi. padahal, dehidrasi saat olahraga bisa meningkatkan risiko terkena sakit yang dikarenakan temperatur panas, seperti kelelahan, heat stroke sampai cedera otot atau kram.


Gambar Inilah Aturan Minum Selama Melakukan Olahraga


Cara Mencegah Cidera Saat Olahraga

Saat melakukan olahraga tubuh kehilangan banyak cairan. padahal air sangat diperlukan sebagai bagian utama atau pembentuk sel penting dalam menjaga  keseimbangan elektrolit dalam tubuh, kekurangan air bisa berdampak pada dehidrasi, yang dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh, seperti otak dan jantung.

Bila cairan di tubuh yang hilang tidak segera diganti, bisa mengakibatkan dehidrasi yang memungkinkan terjadinya mudah lelah dan heat stroke apalagi untuk yang berada di wilayah tropis dan berhawa panas. Berdasarkan penelitian, dehidrasi 2 persen terbukti mengakibatkan hilangnya energi sebesar 30 persen.

Secara fisik ini ditandai dengan dan kurangnya konsentrasi, bahkan kehilangan cairan 4 persen dari berat badan bisa mengakibatkan turunnya ketahanan otot dan jantung serta beresiko menimbulkan cedera otot atau kram, oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, sebelum dan sesudah olahraga.

Aturan Minum Sebelum, Saat Dan Sesudah Olahraga

Selain mencegah dehidrasi, cukup air saat olahraga juga berfungsi untuk membantu sendi dan jaringan tubuh, dan transportasi zat gizi, pemenuhan kebutuhan cairan dilakukan sebelum, saat dan sesudah olahraga, sebelum olahraga, sebaiknya anda minum 50-600 ml air kira-kira 4 jam sebelumnya atau 250-350 ml, 10-15 menit sebelum melakukan olahraga.

Sedangkan pada saat olahraga, sebaiknya anda minum 100-250 ml air setiap 10-15 menit, walaupun tidak haus, sesudah olahraga, cairan yang hilang juga dikatakannya harus segera digantikan, yaitu dalam 2 jam setelah olahraga dengan meminum paling sedikit 600-700 ml air dari setiap 1 pon berat badan yang hilang. Namun lakukan semua itu secara bertahap agar perut tidak begah, jangan minum lebih dari 950/jam selama latihan.


Cara Cegah Dehidrasi Saat Olahraga


  • Cukup kebutuhan air anda sebelum dan saat berolahraga
  • Timbang berat badan anda sebelum dan sesudah berolahraga
  • Segera ganti cairan setelah melakukan olahraga, yaitu 600-700 ml air dari setiap 1 pon berat badan yang hilang.
  • Pilih minuman yang tepat, yaitu air mineral jika olahraga kurang dari 60 menit atau spot drink jika lebih.
  • Cek hidrasi anda dengan cek warna urin.


Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Olahraga


  • Stop olahraga
  • Cek cairan atau dehidrasi
  • Cek berat badan
  • Berikan minum yang cukup sedikit demi sedikit.
  • Lakukan peregangan jika terjadi kram

Penutup

Selama olaharaga, Pilih air mineral yang diminum saat olahraga dan sport drink. sport drink adalah minuman yang mengandung sedikit gula, yang dapat menambah dan mengembalikan energi. Olahraga dalam waktu tertentu memang dapat mengurangi cairan gula dalam otot, oleh sebab itu, juga bisa diganti dengan minuman yang mengandung elektrolit dan air dengan sedikit gula. Itulah artikel tentang aturan minum selama melakukan olahraga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel