11 Manfaat Dan Cara Mengolah Sambiloto Untuk Pengobatan

klinikabar.com, Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Dan Pengobatan, Tanaman sambiloto merupakan tanaman ranting berdaun yang tumbuh semusim, tanaman ini tumbuh tegak, dan memiliki tinggi sekitar 50 cm, sambiloto ini memiliki rasa yang pahit. Pada saat muda, batang dari tanaman sambiloto ini berbentuk segiempat dan setelah tua akan berubah menjadi bulat serta warnanya hijau.

Sambiloto Untuk Pengobatan Dan Kesehatan



Gambar Manfaat Dan Cara Mengolah Sambiloto Untuk Pengobatan


Tanaman sambiloto memiliki daun tunggal, berbentuk lanset, saling berhadapan, dan berwarna hijau. Bunganya berukuran kecil dan berwarna putih dengan strip ungu. Buah dari sambiloto ini bentuknya memanjang dan bijinya gepeng.

Tanaman sambiloto dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai daerah pegunungan. Pembudidayaan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek atau biji namun, yang sering dilakukan adalah pembudidayaan dengan biji, karena bibit yang dihasilkan banyak.


Tanaman sambiloto banyak tumbuh di dataran rendah sampai 700 meter diatas permukaan laut, di indonesia tanaman ini tumbuh liar ditempat-tempat terbuka, seperti dipinggir jalan, di ladang, di tanah kosong yang tanahnya lembab, tanaman sambiloto juga bisa ditanam di halaman yang bibitnya dapat dibeli dari penjual bibit tanaman.

Mengobati Penyakit Dengan Sambiloto

Daun sambiloto dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai antibiotik. Sambiloto dapat menyembuhkan berbagai radang penyakit secara alamiah dan sambiloto sangat mudah diperoleh. Sambiloto atau nama latinnya adalah Andrigraphics Paniculata, merupakan tanaman yang berkhasiat obat dengan rasa pahit dan bersifat mendinginkan, seluruh bagian tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit radang, tekanan darah tinggi, TBC , sakit paru-paru, menurunkan panas, kudis dan lain-lain.

Di China tanaman sambiloto disebut Chuan Xin Lien, sudah dibuat tablet dan di ekstrak menjadi cairan untuk infus dan suntik. Daun sambiloto berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti, tumor di paru, kencing manis, hipertensi, anti kanker, bronchitis, batuk rejan, disentri, perut kembung, diare, influensa, menurunkan sakit panas, demam, abses, bisul, kudis, kencing nanah, luka bakar, diabetes, typus, sakit kepala, menyembuhkan luka akibat gigitan ular, luka infeksi, infeksi saluran empedu, pilek, dan lain-lain.

Kandungan Dalam Sambiloto

Kandungan dalam sambiloto adalah laktone, flavonoid, ketone, dan aldehyde, selain itu, sambiloto juga mengandung mineral, seperti kalsium, kalium, natrium dan asam kersik.

11 Cara Mengolah sambiloto Untuk Pengobatan

1. Mengobati Radang Hati Atau Hepatitis Dengan Sambiloto

Sediakan daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 15 gram, dan daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, rebus daun tersebut dengan air 600cc, hingga tersisa 300cc. Minum dua kali dalam satu hari.

2. Mengobati Radang Usus Dan Disentri Dengan Sambiloto

Rebus daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, kemudian tambahkan patikan kebo segar sebanyak 20 gram, kemudian saring airnya, tambahkan madu secukupnya, langsung diminum.

3. Mengobati Bronchitis, Radang Paru-paru Dan Tumor Pada Paru-paru Dengan Sambiloto

Rebus 20-30 gram daun sambiloto segar dengan air secukupnya , atau bisa menggunakan daun sambiloto kering sebanyak 15 gram, minum sebanyak 2-3 kali dalam satu hari.

4. Mengobati Radang Mulut Dan Radang Amandel Dengan Sambiloto

Sediakan daun sambiloto kering sebanyak 15 gram, kemudian rebus dengan air secukupnya, minum sebanyak 2-3 kali dalam satu hari.

5. Mengobati Batuk Rejan Dengan Sambiloto

Daun segar sambiloto sebanyak 5 gram, direbus dengan air secukupnya selama 15 menit, saring airnya, kemudian tambahkan madu, dan siap untuk diminum. 3 kali dalam satu hari.

6. Mengobati Tekanan Darah Tinggi Dengan Sambiloto

30 gram daun segar sambiloto dan 75 gram seledri, direbus dengan air sebanyak 500cc, rebus sampai air hanya kira-kira 250cc, saring dan minum airnya.

7. Mengobati Luka Bakar Dengan Sambiloto

Haluskan 15 gram daun kering sambiloto sampai menjadi halus, kemudian aduk dengan minyak kelapa. Atau bisa juga dengan cara merebus daun sambiloto segar lalu direbus, lalu kompreskan di tempat luka bakar.

8. Mengatasi Demam Dengan Sambiloto

Haluskan 30 gram daun sambiloto segar, tambahkan air secukupnya, saring dan minum airnya.
atua bis ajuga dengan cara menghaluskan daun sambiloto, tambahkan air secukupnya, lalu kompreskan pada bagian tubuh yang demam.

9. Mengatasi Radang Ginjal Dan Radang saluran Kemih Dengan Sambiloto

Sediakan daun sambiloto segar, tanaman kumis kucing, rambut jagung, takarannya adalah : jika daun segar sebanyak 30 gram, jika daun kering sebanyak 15 gram. rebus semua bahan tadi dengan 1 liter air, hingga hanya tersisa kira-kira 1/2 liter. saring dan minum airnya.

10. Mengatasi Diabetes Dengan Sambiloto

Daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, atau 15 gram daun sambiloto yang kering, tambahkan 1 buah pare, air 1000cc, rebus semuanya hingga air tersisa 500cc, setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari. dan pare yang tersisa dapat dimakan langsung.

11. Untuk Kasus-Kasus Penyakit Umum Lainnya

30 gram daun sambiloto segar, ditambah dengan 15 gram daun sambiloto yang kering, direbus dengan air sebanyak 500cc, hingga air tersisa 250cc. saring dan minum airnya.

Penutup

Itulah 11 manfaat dan cara mengolah sambiloto untuk kesehatan dan pengobatan. Dengan banyaknya sambiloto yang di jual di pasaran, baik itu sambiloto segar atau sambiloto kering, maka tidak ada salahnya anda mencoba mengobati dan mencegah penyakit dengan menggunakan resep obat tradisional ini. Selain praktis dalam pembuatannya, sambiloto tidak memiliki efek samping yang buruk untuk tubuh.

Baca Juga Manfaat Puasa Untuk Penderita Diabetes

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel