8 Tips Menghilangkan Stres Di Kantor Dengan Cepat

klinikabar.com,  Tips Menghilangkan Stres Di Kantor Dengan Cepat - Bagaimana cara cepat hilangkan stress di kantor? Karena seperti kita ketahui bahwa beban kerja, kesibukan atau banyaknya masalah di kantor tidak jarang membuat kita menjadi stress, namun semua itu bisa diatasi asal jangan sampai stress yang melanda justru menurunkan kinerja anda.

Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat


Gambar 8 Tips Cepat Hilangkan Stress Di Kantor


Stres ditempat kerja sering melanda kita, ketika beban kerja yang menumpuk dan tuntutan dari atasan yang begitu banyak sehingga kita menjadi stres dan tertekan dengan situasi dan keadaan di kantor, tetapi jika anda dilanda stres kembali, anda harus dapat mengantisipasinya dengan menyimak tips menghilangkan stres di kantor dengan cepat ini.

8 Tips Menghilangkan Stress Di Kantor Dengan Cepat

1. Tarik Nafas Panjang.
Tarik nafas panjang, cara ini adalah cara paling ampuh untuk membuat anda menjadi tenang, telah banyak penelitian membuktikan, menarik nafas panjang dapat membantu aliran darah serta oksigen di otak kembali teratur. Sehingga saat menarik nafas panjang, seseorang akan merasakan kenyamanan dan rasa rileks. Berhentilah sejenak dari pekerjaan, lalu tarik nafas panjang selama 5-10 menit. Anda akan merasakan bahwa anda akan lebih tenang, dan stress yang melanda akan hilang.

2. Bergerak.
Beranjaklah dari tempat kursi kerja anda, lalu berjalan-jalan sejenak, jika memungkinkan, maka disarankan untuk keluar ruangan atau ke luar dari tempat kerja anda untuk menikmati terpaan angin, dan sinar matahari. Bergerak akan membantu otot-otot badan anda yang sebelumnya terasa kaku menjadi lebih santai dan rileks. Hal ini juga bisa membantu menghilangkan stress pada diri anda.

3. Tertawa.
Tertawa bisa merangsang hormon endofrin atau lebih dikenal dengan hormon "bahagia". Dengan tertawa, segala beban anda akan terasa ringan, atau bisa juga dengan melihat video lucu, membaca buku humor atau bersenda gurau sesaat dengan rekan kerja dapat menjadi pilihan anda.

Dengan tertawa, asupan oksigen bertambah, sehingga menstimulan jantung, paru-paru dan otot serta menambah endofrin yang diproduksi oleh otak dan memancing "respon stress", yang menaikan tingkat detak jantung dan tekanan darah, yang menghasilkan rasa rileks dan santai. Tertawa juga sehat untuk kesehatan jangka panjang, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit dengan cara yang natural.

4. Gunakan Sendal Jepit.
Ini terkesan sederhana, namun dengan sedikit bergaya santai, anda akan merasakan lebih tenang, tidak perlu memakai sendal jepit dari rumah, cukup ganti sepatu anda dengan sendal yang sudah anda sediakan di kantor tempat anda bekerja. dan anda akan merasa lebih rileks dari sebelumnya.

5. Ganti Suasana.
Jika memungkinkan, coba minta izin dengan atasan anda untuk bekerja dari tempat lain. Misalnya kedai kopi yang nyaman, suasana yang berbeda akan membuat pikiran anda lebih terbuka.

6. Musik.
Klik playlist favoritmu, pasang headphone dan besarkan volume. Menurut sebuah penelitian dari Montreal Neurological Institute Dan Hospital di Universitas Mc.Gill, menunjukan kalau musik bisa memancing pelepasan dopamine dengan cara sama seperti efek yang ditimbulkan oleh makanan, bahkan musik yang tidak menyenangkan bisa meningkatkan dopamine.

7. Bernapas Dalam.
Ingat ketika anda emosi atau saat anda mengalami stress karena sesuatu dan seseorang menganjurkan anda untuk "mengambil nafas dalam", karena nasihat itu perlu anda ingat saat anda merasa stress atau tertekan. Pada saat kita bernafas dalam, hal tersebut mengirimkan pesan ke otak untuk lebih tenang dan rileks. Salah satu latihan yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghilangkan stress anda adalah bernapas dengan perut. Letakkan satu tangan di perut sebelah bawah tulang dada, dan satu tangan di dada. Saat menarik napas, rasakan tangan anda didorong oleh perut, tapi tidak menggerakkan dadamu. saat menghembuskan napas melalui mulut, rasakan perut anda masuk ke dalam. more breath, less distress.

8. Air
Kebanyakan dari kita tidak tahu seberapa dehidrasi tubuh kita. padahal minum air putih bisa mencegah stress, bahkan kekurangan air hanya setengah liter saja bisa meningkatkan level cortisol ( hormon yang dilepaskan oleh tubuh pada saat kita stress). Bisa dikatakan ini adalah siklus yang menyeramkan : kita merasakan stress, sehingga melupakan minum cukup air, dan karena tubuh dehidrasi membuat anda lebih stress lagi.

Penutup

Secara umum kita dianjurkan untuk minum air putih antara setengah ons sampai satu ons air setiap setengah kilogram dari berat badan kita, setiap harinya. contohnya : jika berat badan anda 50 kilogram, artinya 25 ons air setiap harinya atau sekitar 750 mililiter per hari. drink up! and more relax.

Baca Juga 9 Gejala Depresi Yang Dapat Diobati Secara Alami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel