Cara Menyembuhkan Luka Pada Tali Pusar Bayi Dan Hernia Umbilicalis

klinikabar.com, Cara Menyembuhkan Luka Pada Tali Pusar Bayi Dan Hernia Umbilicalis - Ketika bayi dalam kandungan ibu, ia mendapatkan makanan dan udara, melalui pembuluh-pembuluh darah yang mengalir di dalam tali pusat. Begitu bayi itu lahir, Dokter atau bidan akan menjepit tali pusatnya dan memotong-nya kira-kira 5 cm dari perut dan mengikatnya. Sisa-sisa tali pusat ini akan terlepas dalam waktu 7 - 10 hari. Kadang-kadang sampai 3 minggu akan terlepas. Setelah terlepas tali pusat ini akan meninggalkan bercak yang kasar, yang memerlukan waktu beberapa hari lagi, terkadang beberapa minggu untuk mengeringkan dan sembuh.

Cara Menyembuhkan Luka Pada Tali Pusar


Gambar Cara Menyembuhkan Luka Pada Tali Pusar Bayi Dan Hernia Umbilicalis


Penyembuhan yang berjalan lambat akan menyebabkan bercak kasar ini bertambah tebal dengan jaringan yang disebut jaringan granulasi (jaringan baru yang tumbuh, jika ada luka. maksudnya untuk menggantikan jaringan lama yang rusak. Jaringan granulasi yang berlebih akan lebih menonjol dari kulit disekitarnya). Keadaan ini tidak membawa akibat apapun juga terhadap bayi. Bercak ini harus dirawat dengan teliti dan baik, dan dijaga kebersihannya, sehingga kuman-kuman tidak dapat menginfeksi luka ini. Jangan menaburkan apapun juga pada luka ini, yang perlu anda lakukan adalah menjaga agar bekas luka ini tetap kering.

Setelah mandi, keringkan bagian ini dengan kain kasa steril, lalu tutup dengan kain kasa yang dilipat 3 lapis. Jika pusat yang belum sembuh ini menjadi basah dan mengeluarkan cairan, anda harus lebih berhati-hati lagi, cobalah agar jika bayi mengompol, urine yang membasahi popok tidak mengenai luka ini.

Bersihkan luka yang basah ini setiap hari dengan alkohol 70%. dokter mungkin akan memberikan suatu cairan antiseptic untuk membersihkan luka ini setiap hari. Jika kulit disekitar pusat ini menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti kulit yang lebih merah dari sekitarnya, agak membengkak, bawalah bayi anda ke dokter dengan segera untuk mendapat pengobatan yang lebih baik.

Cara Mengobati Hernia Umbilicalis Pada Bayi

Hernia umbilicalis adalah penonjolan usus melalui pusar yang sudah tertutup kulit. ini disebabkan oleh otot-otot perut yang semasa bayi masih dalam rahim, ditembus oleh pembuluh-pembuluh darah tali pusat, tetap terbuka. Seharusnya setelah tali pusat ditutup lubang ini akan menutup sendiri. Pada beberapa bayi lubang ini tidak menutup sempurna, sehingga jika sewaktu-waktu tekanan di dalam rongga perutnya meninggi, misalnya jika bayi menangis, tertawa atau batuk, maka usus seakan-akan didesak ke arah lubang dan masuk ke lubang. dan biasanya tonjolan usus ini akan tampak dari luar.

Lubang ini umumnya ukurannya kecil, sehingga mudah menutup sendiri, tetapi ada saatnya lubang besar memerlukan waktu agak lama untuk menutup. Untuk mencegah penonjolan usus melalui lubang ini, anda dapat memasang plester yang agak lebar melintang pusar. Cara ini biasanya kurang bermanfaat, selain itu plester dapat menimbulkan kelainan pada kulit bayi yang allergi. Hernia umbilicalis jarang menimbulkan kelainan seperti hernia di tempat lain, jarang sekali hernia ini memerlukan tindakan operasi.

Penutup

Setelah Mengobati Hernia Umbilicalis dan jika nanti anak telah berusia 6 tahun hingga 8 tahun, dan hernia ini masih juga sering menonjol, serta tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengecil, disarankan untuk meminta dokter untuk mengambil tindakan operasi dan menutup lubang ini.

Baca Juga Cara Mengatasi 4 Gangguan Pencernaan Pada Bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel