Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi

klinikabar.com, Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi - Kenapa penderita darah tinggi tidak boleh melakukan sembarangan olahraga? Sangat penting sekali untuk memahami bahwa ada dua bentuk latihan jasmani, yang satu latihan jasmani yang anda lakukan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan yang lain latihan jasmani yang mungkin berbahaya dan tidak disarankan untuk anda.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Darah Tinggi


Gambar Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi

Latihan Jasmani Dinamik Yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Latihan jasmani yang "dinamik" adalah latihan jasmani yang membuat otot anda berkontraksi untuk menggerakkan tubuh. Lari, jalan kaki, berenang, bersepeda, tari, aerobik, semua masuk dalam kategori ini. Anda dapat memulainya secara bertahap dan menambah kesegaran tubuh tanpa mengganggu tekanan darah.

Dalam jangka panjang, latihan jenis ini akan menurunkan tekanan darah anda, satu-satunya peringatan menyangkut latihan jenis ini adalah, jika anda telah mengidap tekanan darah tinggi dan sedang menjalankan pengobatan dokter, diskusikan bersama dokter anda tentang banyaknya porsi latihan yang dapat anda mulai dan tambahkan kegiatan anda secara perlahan-lahan dengan titik tolak dari dasar tersebut.

Bentuk Latihan jasmani Yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Tekanan Darah Tinggi

Dalam latihan jasmani yang statik atau isometrik, apabila otot berkontraksi, panjangnya akan tetap sama, namun ketegangan pada otot itu meningkat secara tajam, untuk memberikan tenaga eksplosif yang dibutuhkan, misalnya, dalam olahraga angkat beban atau tolak peluru, atau mendorong mebel agar berpindah tempat.

Jenis latihan jasmani seperti ini meningkatkan tekanan darah tinggi secara tajam dan sangat cepat, sering sampai pada tingkat yang sangat tinggi, sehingga memberikan tegangan yang besar pada jantung. perubahan tersebut bahkan lebih besar pada penderita tekanan darah tinggi daripada pada orang yang mempunyai tekanan darah normal.

Menahan napas saat mendorong atau mengangkat beban akan memperburuk tekanan dan ketegangan pada jantung karena ia meningkatkan tekanan darah, menghambat darah kembali ke jantung, dan pada saat yang sama jantung mengalami kekurangan oksigen. Oleh karena itu, mudah untuk dipahami mengapa para hipertensi harus menghindari stres seperti itu.

Penutup

Latihan jasmani yang menegangkan ini tidak terbatas pada olahraga lapangan. anda dapat menemukan diri anda sendiri berada dalam situasi yang sama dalam kegiatan harian yang biasa : mengangkat beban yang berat, membersihkan kebun, mendorong mobil atau mendorong gerobak, atau berjongkok terlalu lama di kamar mandi karena sembelit.

Segala sesuatu yang dapat membuat anda tegang atau menahan napas harus dihindari, biarkan orang lain yang memerlukan pekerjaan yang berat, biasanya ada seseorang yang dengan senang hati membantu. Tunggu hingga ada orang yang datang, atau meminta bantuan seseorang - jangan mengambil risiko atau mempertahankan harga diri anda , karena kesehatan anda lebih berharga dari risiko tersebut.

Baca Juga Bahaya Diet Untuk Penderita Darah Tinggi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel