Bahayanya Jika Minum Air Putih Saat Makan

klinikabar.com, Bahayanya Jika Minum Air Putih Saat Makan - Jika anda memiliki kebiasaan banyak minum air ketika sedang makan? Sepertinya anda harus segera mengubah kebiasaan tersebut karena berbahaya bagi tubuh anda. Karena meneguk air ketika makan ternyata dapat menghambat pencernaan makanan di lambung.

Fakta Ketika Minum Air Putih Pada Saat Makan


Gambar Bahayanya Jika Minum Air Putih Saat Makan


Konselor Mikrobiotik dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan, ketika makan adalah tidak tepat untuk memuaskan dahaga dengan minum air, "orang yang tidak tahu bahwa minum air saat makan cukup mempersulit pencernaan mereka" seperti yang dikutip Times Of India.

Keadaan Tubuh Pada Saat Minum Air Dan Makan Bersamaan

Penelitian menunjukan bahwa minum sedikit air selama makan tidak menjadi perhatian, namun minum segelas atau dua gelas air minum saat makan akan mengganggu pencernaan anda dalam bekerja, para peneliti menemukan bahwa yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam minum air putih sesudah makan, karena hal ini membantu dalam penyerapan nutrisi.

Shonali Subherwal, mengatakan, bahwa minum air ketika makan dapat membuat encer konsentrasi asam lambung (HCL). untuk mencerna makanan, tubuh memerlukan HCL dengan konsentrasi tertentu. Namun, karena minum air terlalu banyak pada saat makan, konsentrasi HCL menjadi berkurang. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh, hal ini jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Asam lambung, selain membantu pencernaan juga berfungsi sebagai anti bakteri. jika lambung sudah tidak bekerja secara optimal akan mempengaruhi kerja organ pencernaan lainnya menjadi lebih berat, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh.

Penutup

Supaya tidak merasa haus ketika makan, Subherwal, menghimbau agar tidak terlalu banyak makan makanan yang asin, pastikan makanan anda tidak terlalu asin, karena semakin semakin asin rasa makanan, maka akan semakin merasa haus ketika kita mengkonsumsi makanan tersebut. Supaya pencernaan tetap berjalan baik meskipun tanpa dibantu oleh air, maka disarankan untuk mengunyah makanan secara perlahan, karena saat mengunyah, mulut mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan makanan sehingga kerja lambung dalam mencerna makanan menjadi lebih ringan. Itulah artikel tentang bahaya jika minum air putih saat makan.

Baca Juga Cara Mengobati Infeksi Lambung Dengan Air

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel