Penyakit Fibrosis Kistik : Gejala -Tanda Dan Cara Mengobati Fibrosis Kistik

klinikabar.com, Tanda Dan Cara Mengobati Fibrosis Kistik - Apa Itu Penyakit Fibrosis Kistik? Fibrosis kistik adalah penyakit yang diturunkan secara genetik, kira-kira satu dari dua ribu anak. Kelihatannya penyakit ini terbatas pada anak yang berkulit putih, dan di jepang dan di China tidak ditemukan penyakit seperti ini.

Penyakit Fibrosis Kistik Pada Anak


Gambar Penyakit Fibrosis Kistik : Gejala -Tanda Dan Cara Mengobati Fibrosis Kistik


Penyakit fibrosis kistik mengenai kelenjar penghasil lendir didalam tubuh yaitu di daerah pankreas dan paru-paru, karena pankreas dan paru-paru adalah organ yang paling menunjukan gejala penyakit fibrosik kistik. Fibrosis kistik ini bukan salah satu penyakit anak-anak yang umum, tetapi penyakit ini sangat penting untuk diketahui karena gejalanya dapat timbul dalam masa anak-anak di awal pertumbuhannya. Pengenalan diikuti dengan pengobatan yang tepat akan mengurangi efek dari penyakit fibrosis kistik ini sampai minimum.

Tanda dan Gejala Fibrosis Kistik Pada Anak

Pada bayi yang baru lahir, tanda pertama fibrosis kistik mungkin terlihat jika usus menjadi tersumbat pada hari pertama atau pada hari kedua dia lahir. Karena berlebihnya mekonium yang lengket ( suatu senyawa yang normalnya terdapat dalam kotoran bayi pada saat baru lahir). Tetapi keadaan ini tidak selalu timbul pada semua bayi yang di kemudian hari terbukti menderita fibrosis kistik.

Selama beberapa tahun pertama dari kehidupan seorang anak, infeksi saluran pernafasan merupakan masalah yang besar. Infeksi ini sering terjadi dan kadang infeksinya sangat parah sehingga memerlukan pengobatan di rumah sakit, ini terjadi karena infeksi lebih mudah mendapatkan pegangan oleh berlebihnya sekresi yang lengket seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Juga dalam beberapa tahun pertama kehidupan seorang anak, akan timbul tanda-tanda masalah pankreas. Salah satu fungsi pankreas adalah untuk membantu pencernaan makanan. Jika fungsi pankreas ini terganggu seperti pada fibrosis kistik maka dapat timbul salah gizi, ketika anak anda salah gizi maka kondisi anak anda akan menjadi kurus walaupun nafsu makannya tinggi, dan anak juga akan sering buang air besar dan kotorannya berminyak, ini disebabkan oleh buruknya pencernaan makanan pada tubuh anak anda. dan dua gejala tersebut sering terjadi pada anak dibawah dua tahun.

Cara Pemeriksaan Fibrosis Kistik

Pemeriksaan fibrosis kistik bisa melalui pemeriksaan keringat, karena pemeriksaan keringat sangat bermanfaat untuk memperkirakan jumlah garam yang terdapat di dalam keringat anak tersebut, semua penderita fibrosis kistik mensekresikan garam dalam tingkat berlebihan didalam keringatnya. Tes ini bersama dengan tingginya kejadian infeksi saluran pernapasan yang parah pada anak yang tidak tumbuh dengan baik, terutama jika anggota keluarga lainnya menderita fibrosis kistik, membuat diagnosisnya jelas.

Cara Mengobati Fibrisis Kistik

Infeksi Saluran Pernapasan harus diobati dengan antibiotika. kadang-kadang obat ini perlu diberikan untuk waktu yang lama, drainase postural paru-paru yaitu dengan anak berbaring dengan muka ke bawah di tepi ranjang sementara punggung anak tersebut ditepuk tepuk, hal ini akan membantu anak untuk membuat anak terbatuk supaya semua lendir yang terkumpul dan lengket didalam paru-paru dapat dikeluarkan, hal ini hanya dilakukan oleh ahli fisioterapi.

Sangat penting memberikan anak anda imunisasi secara rutin, terutama untuk batuk, difteri dan campak, karena jika ketiga penyakit ini diderita oleh anak anda yang menderita fibrosis kistik, maka akibatnya akan menjadi sangat serius pada anak anda.

Penutup

Perhatikan komposisi makanan untuk anak anda yang menderita fibrosis kistik, karena anak yang menderita fibrosis kistik harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung protein yang tinggi. Karena anak juga perlu mendapat ekstrak enzim pankreas yang dapat dibeli untuk membantu pencernaan setiap kali anak anda makan. Bila cuaca panas, anda harus memberikan garam tambahan pada makanan anak nada yang menderita fibrosis kistik untuk menggantikan garam yang hilang di dalam keringat tubuh anak tersebut. Walaupun fibrosis kistik suatu keadaan serius, banyak perbaikan yang dapat diberikan dengan pengobatan yang tepat.

Baca Juga 5 Jenis Masalah Bercak Pada Kulit Bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel