Sejarah Brachiosaurus Dinosaurus Terbesar Dan Cara Hidup Brachiosaurus

klinikabar.com, Sejarah Brachiosaurus Dinosaurus Terbesar Dan Cara Hidup Brachiosaurus - Brachiosaurus merupakan jenis dinosaurus terbesar atau dinosaurus raksasa, dan Sejarah panjang bumi berawal pada 4,6 miliar tahun yang lalu. Dinosaurus merupakan sebagian dari hewan-hewan di masa lalu bumi yang paling menakjubkan.

Sejarah Brachiosaurus Dinosaurus Terbesar


Gambar Sejarah Brachiosaurus Dinosaurus Terbesar Dan Cara Hidup Brachiosaurus


Kata Dinosaurus berasal dari kata dinosauria. kata ini ditemukan oleh Richard Owen, seorang ilmuan Inggris, pada tahun 1842. Kata dinosauria berasal dari bahasa Yunani, yaitu deinos dan sauros. bila digabungkan, kedua kata tersebut berarti "kadal yang menakutkan".

Masa dinosaurus, disebut juga Masa Mesozoikum, berlangsunng sejak 248 juta tahun yang lalu hingga 65 juta tahun. masa Mesozoikum dibagi menjadi tiga zaman. Zaman pertama, yaitu Zaman Trias, berlangsung selama 42 juta tahun. Zaman kedua, yaitu Zaman Jura, berlangsung selama 61 juta tahun. Dan zaman ketiga, Zaman Kapur, berlangsung selama 79 tahun. Dinosaurus telah menguasai dunia dalam rentang waktu yang sangat panjang yaitu 160 juta tahun.

Seperti dinosaurus, mamalia muncul pada akhir zaman Trias. Selama masa dinosaurus, mamalia hanyalah hewan kecil seukuran binatang tikus. Setelah dinosaurus punah, barulah mamalia berkembang jadi beragam bentuk seperti yang kita lihat sekarang. Manusia tidak pernah bertemu dengan dinosaurus. Dinosaurus telah punah hampir 65 juta tahun sebelum manusia muncul di muka bumi.

Dinosaurus berubah seiring berjalannya waktu, Stegosaurus dan Brachiosaurus sudah tidak ada lagi ketika Tyrannosaurus dan Triceratops ada 75 tahun kemudian. Dunia dinosaurus berbeda dengan dunia di masa kini, iklim pada masa itu lebih hangat dengan perkecualian di beberapa wilayah. Letak benua juga berbeda dengan yang sekarang, tumbuh-tumbuhan terus berubah, dan pada waktu itu belum ada rumput.

Pembagian Zaman Dinosaurus

  • Akhir Zaman Trias yaitu 227 - 206 juta tahun yang lalu
  • Awal Zaman Jura yaitu 206 - 176 juta tahun yang lalu
  • Pertengahan Zaman Jura yaitu 176 - 159 juta tahun lalu
  • Akhir Zaman Jura yaitu 159-144 juta tahun yang lalu
  • Awal aman Kapur yaitu 144 -99 juta tahun yang lalu
  • Akhir Zaman Kapur yaitu 99 - 65 juta tahun yang lalu.


Brachiosaurus Adalah Dinosaurus Raksasa

Brachiosaurus termasuk ke dalam kelompok Sauropoda atau Saurischia. Dinosaurus-dinosaurus yang termasuk dalam kelompok Sauropoda sering disebut Brontosaurus, yang artinya berleher panjang. Brachiosaurus mempunyai leher yang sangat panjang dan kaku. Lehernya yang panjang itu membuat Brachiosaurus terlihat seperti jerapah raksasa.

Sauropoda merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan yang jinak. meskipun dinosaurus jenis ini jinak, tubuh mereka sangat besar sehingga membuat tanah berguncang ketika mereka melangkah. Tulang-tulang serta organ-organ tubuh tubuh Brachiosaurus menunjukkan betapa besarnya dinosaurus jenis ini.

Tulang rusuk Brachiosaurus memiliki panjang 2,7 m, panjang tulang kaki depan atas (humerus) dan tulang paha (femur) Brachiosaurus adalah 2 m. Tulang belikat (skapula) Brachiosaurus labih panjang dari tinggi manusia dewasa. panjang tengkorak Brachiosaurus bisa mencapai 80 cm. Paru-paru Brachiosaurus yang sangat besar mampu menampung sampai 6000 liter udara. jantung Brachiosaurus juga tidak ringan, berat minimal sekitar 385 kg.

Leher Brachiosaurus yang panjang membuat kepalanya terlihat kecil dibandingkan dengan badannya yang besar. Lubang hidung Brachiosaurus tidak terletak dibagian moncongnya seperti pada hewan-hewan lain, melainkan berada pada tonjolan yang ada diantara kedua matanya. Ekor Brachiosaurus pendek tidak seperti Diplodocus atau Apatosaurus, dinosaurus-dinosaurus yang mirip dengan Brachiosaurus tetapi memiliki ekor yang lebih panjang.

Kaki depan Brachiosaurus lebih panjang dibandingkan kaki belakangnya. ini membuat badannya terlihat menurun, jenis Sauropoda yang lain memiliki badan-badan yang lebih rata. Brachiosaurus berjalan dengan empat kaki. Jalan Brachiosaurus sangat lambat dikarenakan ukuran tubuhnya yang sangat besar. 

Para ilmuan menduga Brachiosaurus hanya mampu bergerak dengan kecepatan sekitar 16 km/jam. Brachiosaurus dewasa yang paling besar mungkin bergerak lebih lambat. Brachiosaurus dewasa mungkin saat tidur, posisinya tidur sambil berdiri. Tubuh mereka terlalu besar untuk bisa tidur berbaring di tanah. Selain itu, mereka juga akan kesulitan untuk bangkit dari posisi berbaring.

Brachiosaurus hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu di akhir zaman Jura. para ilmuan telah menemukan dua spesies Brachiosaurus, yaitu Brachiosaurus altithorax dan Brachiosaurus brancai. Kedua jenis Brachiosaurus ini hidup ditempat yang berbeda, Brachiosaurus altithorax hidup di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Colorado dan Utah. Sedangkan Brachiosaurus brancai hidup di wilayah yang sekarang adalah wilayah Tanzania, Afrika. karena Brachiosaurus hidup di wilayah Amerika Utara dan Afrika, kedua benua ini di duga dulu pernah menyatu.


Cara Brachiosaurus Berkembang Biak

Induk betina Brachiosaurus meletakkan telur bulatnya yang besar di dalam sarang pasir. mereka terlalu besar dab bisa mengerami telurnya seperti burung. ini berarti telur-telur dan anak-anak Brachiosaurus yang baru menetas membutuhkan perlindungan dari hewan pemangsa. Kawanan Brachiosaurus dewasa di duga tetap mengawasi sarang-sarangnya.

Kelebihan Brachiosaurus Dibandingkan Dengan Dinosaurus Lainnya

Kelebihan Brachiosaurus dibandingkan dinosaurus-dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan lainnya adalah kemampuannya untuk meraih puncak pohon yang tinggi. gigi Brachiosaurus cukup kuat untuk menarik daun-daun dan cabang-cabang kecil. Anak Brachiosaurus yang masih kecil mungkin memakan tumbuhan serta batang-batang muda yang tumbuh di dekat tanah.

Tidak seperti hewan mamalia pemakan tumbuhan, Brachiosaurus menelan makanan tanpa mengunyah telebih dahulu. Seperti beberapa burung pemakan tumbuhan, Brachiosaurus menelan batu-batuan yang disebut Gastrolit untuk membantu mencerna makanan.

Habitat Brachiosaurus

Brachiosaurus hidup di daerah pesisir yang kering, mirip dengan daerah sabanadi Afrika. Tapi, tumbuh-tumbuhan yang ada saat itu berbeda dengan tumbuh-tumbuhan sekarang. Rumput da tumbuhan berbunga seperti pohon palem belum ada.

Setelah musim hujan yang pendek, datanglah musim kemarau yang panjang. Selama musim kemarau, sangat sulit bagi kawanan Brachiosaurus untuk menemukan makanan dan air yang cukup. Menemukan air hal sangat penting untuk semua jenis dinosaurus. Biasanya mereka mengelilingi genangan-genangan air yang tersisa dan meminumnya.Pemangsa khususnya buaya, sering bersembunyi di tempat yang tidak jauh dan mencoba untuk menyerang kawanan dinosaurus secara tiba-tiba.

Dunia Yang Berbahaya Bagi Brachiosaurus

Brachiosaurus adalah hewan terbesar di zamannya. pemangsa mungkin takut untuk menyerang Brachiosaurus dewasa yang besar. Meskipun demikian, anak Brachiosaurus bisa dimangsa oleh dinosaurus pemakan daging. Elaphorosaurus yang panjang tubuhnya 6 meter dan memiliki gerakan sangat lincah adalah salah satu pemangsa Brachiosaurus.

Elaphrosaurus datang mendekat saat kawanan Brachiosaurus sedang lengah, misalkan ketika kawanan Brachiosaurus sedang sibuk makan. Kemudian, Elaphrosaurus tahu bahwa induk Brachiosaurus yang sangat besar itu terlalu lamban untuk menghentikan serangan mereka. Elaphrosaurus lebih suka menyerang anak Brachiosaurus yang sedang berkelahi dengan Brachiosaurus dewasa.

Baca Juga Penyebab Kepunahan Brachiosaurus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel