Cara Mengatasi Otot Dan Saraf Yang Tegang Akibat Cemas

klinikabar.com, Cara Mengatasi Kecemasan Dan Ketegangan SarafApakah anda salah satu korban modern dari pikiran yang berputar-putar? Jika sudah tiba waktunya untuk tidur malam, apakah anda dikelilingi oleh suatu rasa cemas yang menusuk-nusuk otak anda, sehingga anda tidak dapat tidur dengan nyenyak, dan anda merasa tegang dan kehilangan waktu istirahat yang sangat diperlukan oleh tubuh anda?  Jika begitu adalah manfaat bagi kita berbicara dari hati ke hati tentang kecemasan, apakah itu rasa cemas, dan apa yang harus kita lakukan ketika rasa cemas melanda dan otot anda menjadi tegang karenanya.

Cara Mengatasi Otot Dan Saraf Yang Tegang Akibat Cemas

Karena sebenarnya adalah kita semua sering kali ditimpa kecemasan itu, bahkan para dokter pun juga. Jika kita melihat soal kecemasan itu dalam artinya yang benar, maka kita bisa mengatasi rasa cemas yang membuat saraf menjadi tegang.

Gambar Cara Mengatasi Otot Dan Saraf Yang Tegang Akibat Cemas


Kenapa Kecemasan Membuat Saraf Menjadi Tegang?

Kecemasan adalah pikiran yang berputar-putar dengan tidak ada tujuannya, selalu kembali pada pangkal permulaannya, tanpa ada apapun yang dilaksanakannya. beda dengan pikiran yang lurus yang selamanya menuju kepada maksudnya dan dibarengi dengan tindakan pembangunan, kecemasan itu tidak akan berguna lagi. Kecemasan adalah pikiran yang tidak menghasilkan apapun! apabila ada pikiran timbul dalam hati manusia, ketegangan otot saraf juga terjadi di dalam tubuh untuk menjalankan pikiran tadi. Misalnya, telepon anda berbunyi, maka otak anda akan memberitahukan kepada otot-otot anda untuk bangkit dan menjawab telepon itu sekarang, tetapi saat itu anda sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang tidak mungkin anda menjawab telepon tersebut.

Dan telepon itu terus berbunyi, maka otot-otot anda akan bertambah tegang dan anda pun semakin terganggu sarafnya. Lalu apa penyebab hal tersebut terjadi sehingga otot dan saraf anda tegang hanya karena bunyi telepon? Jawabannya adalah, karena otak anda menyuruh anda untuk berbuat sesuatu, tetapi tubuh anda tidak dapat bertindak. anda merasa cemas karena takut orang lain itu akan marah dan tidak menghubungi anda kembali.

Bagaimana pun, anda telah berpikir, tetapi tidak bertindak setuju dengan ada dipikiran itu, dan inilah yang menyebabkan ketegangan pada otot dan saraf anda. Tetapkanlah dalam hati bahwa anda tidak akan membiarkan perkara-perkara kecil untuk memberi kesulitan terhadap diri anda sendiri. Kecemasan adalah seperti udara yang kita hirup, setiap orang hidup dengan udara, tetapi hanya sedikit orang yang berbuat apapun untuk itu. Ilmu pengetahuan modern telah berbuat banyak tentang hawa udara untuk kita hirup.

Kita bisa membuat hujan dengan cukup menaburkan serbuk carbon dioxida pada awan-awan yang dijatuhkan dari pesawat terbang. maka kita harus membuat suatu keyakinan untuk kesehatan tubuh kita, dan kita harus yakin bahwa kita dapat berbuat apapun untuk mengubah kehidupan dan kesehatan kita dan segala kecemasan kita jika kita mau. Kecemasan berarti memandang ke belakang atau ke depan, tetapi tidak berbuat apapun tentang segala kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu, yang mencapai kepada segala perkara yang tidak pasti pada esok hari, tetapi tidak menghadapi segala kenyataan sebagaimana yang kita alami hari ini.

Terlalu sering kita berusaha memikirkan hari-hari buruk yang telah berlalu daripada memikirkan hari yang akan datang dengan berharap kita bisa merubah masa depan kita menjadi lebih sehat dan lebih baik. Maka dibawah ini adalah satu rencana kecil yang anda bisa lakukan untuk menghilangkan rasa kecemasan, untuk menghilangkan ketegangan otot dan ketegangan saraf.

3 Tips Mengatasi Otot Dan Saraf Yang Tegang

1. Buang Segala Kecemasan Dengan Mengerjakan Sesuatu
Anda harus mengalahkan segala kecemasan anda oleh berbuat apapun tentang itu. Sekali bertindak, ketegangan otot akan berkurang dan anda pun akan dapat kembali berpikir lebih baik tentang persoalan yang sedang anda hadapi itu. Dan anda harus mencoba untuk berpikir dengan lurus, jangan biarkan pikiran anda berputar selalu tidak pernah sampai ke manapun. Berpikirlah secara membangun dan berhasil serta selamanya mengikuti pikiranmu itu dengan tindakan, jika anda mau menghindarkan ketegangan otot dan ketegangan saraf.

2. Jangan Mengambil Porsi Yang Sangat Banyak Untuk Kecemasan
Manusia adalah makhluk sosial, anda tidak pernah dimaksudkan supaya duduk terus dalam satu pojok lalu membungkuk seperti kura-kura masuk ke dalam kulitnya. Bukan pula dimaksudkan supaya anda menyimpan segala perasaan takut dan kecemasan bagi anda sendiri. adalah sewajarnya jika anda hendak membagikan perasaan senang dan perasaan susah anda dengan orang-orang lain.

Pertukaran pikiran dan cita-cita ini yang dibahagiakan, dan menolong orang lain, dan itulah yang menjadikan anda merasa bahagia hidup di dunia ini dan merasa bermanfaat untuk orang lain. Sebab ketika anda menolong orang lain yang kesulitan, aka terlihat dari wajah mereka yang bahagia karena kebaikan anda. Apabila anda cemas, carilah seorang sahabat atau tetangga dan bicarakan kesulitan anda itu kepada mereka. seorang sahabat yang dipercaya boleh menjadi seorang sahabat menjadi seorang penghibur untuk segala kecemasan dan kesulitan anda, atau anda dapat membicarakan segala kesulitan dalam hidup anda kepada ahli agama atau kepada psikolog.

3. Hindari Segala Kesulitan
Biarlah Tuhan yang mengambil semua kesulitan anda, dan biarlah anda menghindarkannya dan membiarkan semuanya jatuh kedalam kuasa Tuhan. Setelah anda mengambil tindakan yang tegas dalam menghadapi kesulitan itu, bisa jadi masih ada sedikit persoalan yang tersisa yang masih membuat anda cemas dan saraf anda masih dalam keadaan tegang. 

Penutup

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Otot Dan Saraf Yang Tegang Akibat Cemas, Apabila anda berbuat seperti yang disarankan diatas, maka anda pun akan berpikir dengan lurus, otot-otot anda tidak akan tegang dan anda pun akan merasa senang dengan diri anda sendiri, dengan otot yang tidak tegang, dengan saraf yang tenang.

Baca Juga 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel