Penyebab Konstipasi, Cara Mengobati Konstipasi Pada Anak

klinikabar.com, Penyebab Konstipasi,  Cara Mengobati Konstipasi Pada Anak - Apa Itu Constipation atau Konstipasi Pada Anak? Konstipasi timbul bila buang air besar yang jarang terjadi dan tinja keras, keadaan ini merupakan keluhan umum pada anak kelompok usia dua sampai lima tahun.

Penyebab Konstipasi,  Cara Mengobati Konstipasi Pada Anak

Usia sekian adalah saat anak melatih buang air besar dan jika orang tua menuntut anak harus bersih, maka sering anak bereaksi dengan menahannya, hal ini menyebabkan air lebih besar sehingga tinja menjadi keras, lebih banyak diserap oleh usus, kemudian sewaktu mengeluarkan tinja, anak akan merasa nyeri. ini berakibat anak menahan pengeluaran tinja lebih lanjut.

Gambar Penyebab Konstipasi,  Cara Mengobati Konstipasi Pada Anak


Tanda Dan Gejala Konstipasi

1. Anak yang menderita konstipasi menahun bisa mengeluh nyeri perut, ini terjadi karena usus besar bergerak berlebihan sebagai usaha mendorong bahan sisa dalam jumlah besar.

2. Anehnya, anak-anak yang terkena konstipasi yang sangat lazim yang tertahan di dalam usus sebelah bawah.

Cara Mengobati Konstipasi

Pengobatan konstipasi ditujukan untuk menghasilkan buang air besar yang teratur dan lunak serta mendidik kembali usus yang telah teregang kronis.

1. Dosis obat pencahar yang tepat - pilih yang tidak akan menyebabkan anak anda mengeluh sakit perut, harus diberikan selama sekurang-kurangnya tiga minggu. Periksa label untuk dosis yang tepat berdasarkan usia anak. jika pengobatan dihentikan sebelum usus mendapatkan kembali  tonusnya yang normal, maka keadaan ini sangat mudah kembali lagi.

2. Mungkin juga diperlukan perubahan dalam komposisi makanan : perlu buah tambahan, sayuran dan serealia yang kaya serat.

Cara Mencegah Konstipasi

1. Komposisi makanan yang banyak seratnya : buah, sayuran, dan sedikit sekam yang ditambahkan ke serealia atau sup membantu menghindarkan konstipasi. (Dan tidak hanya bagi kelompok anak usia dua sampai lima tahun, keseluruhan keluarga dapat memperoleh manfaatnya ).

2. Masukan cairan yang banyak juga merupakan tindakan yang baik. air putih sudah cukup - tidak perlu memberi buah yang mahal.

3. Perawatan dengan latihan buang air besar juga penting : anak-anak akan cepat menyerap rasa cemas tentang hal ini dari ibunya. jika ditemukan kesulitan, tunda latihan buang air besar untuk beberapa minggu, ingat! usia setiap anak untuk tidak ngompol dan tidak buang air besar dicelana sangat berbeda-beda. lebih baik anak buang air seni atau buang air besar di popok daripada anak anda menderita konstipasi.

Baca Juga Cara Mengobati Infeksi Berat Pada Usus Bayi Dan Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel