Sinar Rontgen Atau Sinar-X Dan Manfaat Dari Sinar-X

klinikabar.com, Sinar Rontgen Atau Sinar-X Dan Manfaat Dari Sinar-X - Sinar-X itu ditemukan di Jerman pada Tahun 1895 oleh Wilhelm Rontgen dan itulah sebabnya mengapa Sinar-X disebut sinar Rontgen. Sinar-X adalah sinar yang sifatnya bisa ditembus seperti halnya sinar cahaya, bedanya dengan sinar cahaya adalah pada panjang gelombangnya dan perbedaan pada tegangannya. gelombang terpendek dari sebuah tabung sinar rontgen mungkin sekitar antara 1/15000 sampai dengan 1/1000.000 panjang cahaya berwarna hijau.




Sinar Rontgen Atau Sinar-X


Gambar Sinar Rontgen Atau Sinar-X Dan Manfaat Dari Sinar-X


Sinar rontgen dapat menembus bahan-bahan padat yang tidak mungkin dapat ditembus oleh cahaya biasa, karena sinar rontgen memiliki gelombang yang sangat pendek, semakin pendek suatu gelombang itu, maka semakin besar daya tembusnya. Sinar rontgen dihasilkan dalam sebuah tabung sinar-X. Udara dipompakan keluar dari tabung ini sampai tersisa kurang dari 1/100.000.000 dari jumlah semula.

Metode Kerja Sinar-X Atau Sinar Rontgen

Di dalam tabung, yang biasanya terbuat dari kaca, terdapat dua jenis elektroda. Elektroda yang ke satu disebut "katoda" dan bermuatan tenaga listrik negatif.

Pada katoda ini terdapat gulungan kawat wolfram yang dapat dipanasi dengan arus listrik sehingga elektron-elektron dapat mengalir keluar. elektroda yang ke dua diberi nama "anoda" atau "sasaran". Elektron-elektron bergerak dari katoda ke anoda atau sasaran itu dengan kecepatan luar biasa, karena adanya perbedaan antara katoda dan anoda itu. Mereka bergerak ke sasaran dengan kecepatan yang berkisar sekitar 60.000 sampai 175.000 mil per detik.

Anoda itu bisa terdiri dari sebatang gelombang kawat wolfram atau sebuah roda-rodaan yang di lilit kawat wolfram. maksudnya adalah untuk menahan dengan mendadak elektron-elektron itu, sebagian besar tenaga elektron ini berubah menjadi panas, tetapi sebagian juga menjadi radiasi-X yang muncul melalui sebuah jendela pada dasarnya sebagai sinar-X.

Pernahkah anda mengagumi bagian potret sinar-X itu pada saat menggambakan tulang-tulang di dalam tubuh anda? Gambar yang dihasilkan oleh sinar rontgen itu merupakan suatu "shadowgraph" atau "potret bayangan". Sinar rontgen itu menembus bagian tubuh kita yang disorot itu lalu memantulkan bayangan pada negatif sebuah film, film itu dilapisi dengan sejenis emulsi yang peka pada kedua belah sisinya, setelah potret diambil. film itu dicuci seperti halnya pada pembuatan film potret biasa. Tulang-tulang dan benda lain yang tidak bisa dengan mudah ditembus oleh sinar-X itu memantulkan bayangan yang lebih tebal dan muncul dalam film itu sebagai gambaran yang terang.

Penutup

Sekarang sinar rontgen memainkan peranan yang penting dalam dunia kedokteran, ilmu pengetahuan, industri, dan merupakan salah satu alat yang paling bermanfaat bagi manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel