Penyebab Gondongan Dan Cara Mengobati Gondong

klinikabar.com, Penyebab Gondong Dan Cara Mengobati GondongPenyakit Gondong adalah salah satu demam menular pada masa anak-anak yang salah satu gejalanya adalah tidak adanya rash, penyakit ini akibat virus yang menyebar jika orang tersebut menghirup virus ini dari mulut dan hidung orang lain.

Cara Mengobati Gondong

Di Amerika Serikat, imunisasi gondong diberikan secara rutin pada masa bayi bersamaan dengan imunisasi lain, tetapi imunisasi seperti ini belum tersedia secara rutin di negara lain, sekarang di Inggris imunisasi gondongan hanya diberikan jika terdapat satu epidemi misalnya dalam suatu sekolah, satu serangan gondong akan menimbulkan kekebalan seumur hidup kecuali untuk beberapa kasus yang jarang terjadi.

Gambar Penyebab Gondongan Dan Cara Mengobati Gondong

Tanda Dan Gejala Gondong

Tanda pertama infeksi gondong sering sangat tidak jelas, anak pada umumnya akan merasa tidak sehat, mudah marah, menurun nafsu makan, dan mungkin menderita demam ringan. tetapi setelah dua sampai tiga hari ia akan mengeluh bahwa rahangnya mengalami luka dan terasa sakit pada waktu mengunyah makanan.

Pada stadium ini anda akan melihat pembengkakan gondong yang khas. pembengkakan terjadi dalam sepasang kelenjar yang menghasilkan air liur, di bawah dan di depan telinga. pembengkakan mungkin hanya mempengaruhi salah satu kelenjar ini. Atau kelenjar yang lain yang menghasilkan air liur - yang terletak di bawah rahang - bisa juga terlibat dan membengkak.

Walaupun hanya mengenai satu kelenjar, akan terdapat kekebalan terhadap serangan penyakit berikutnya, pembengkakan berlangsung antara sepuluh sampai empat belas hari, selama waktu tersebut anak akan merasa tidak sehat, mudah marah dan menderita sakit.

Komplikasi Dari Penyakit Gondong

Komplikasi tidak lazim terjadi walaupun ada cerita yang beredar tentang risiko kemandulan setelah suatu serangan gondongan pada anak laki-laki.

1. Buah zakar anak laki-laki dan indung telur anak perempuan dapat dipengaruhi oleh virus gondong ini, tetapi, hal ini jarang terjadi. Kemandulan timbul hanya dalam sedikit kasus dan biasanya bila penyakit ini diderita pria dewasa, rasa sakit di testis menunjukan bahwa orang ini terserang komplikasi dari virus gondong.

2. Pankreas ( kelenjar liur perut), kelenjar yang terletak dalam perut, kadang dapat juga terkena virus gondong, gondong hanya akan menimbulkan rasa sakit tumpul pada perut di samping rasa sakit pada rahang. cukup buruk tetapi tidak serius.

3. Ensefalitis, yaitu suatu radang otak, dapat juga timbul pada infeksi gondong, tetapi ini jarang terjadi. jika anak anda mengantuk, tanpa sakit, dan menderita sakit kepala, maka segera hubungi dokter.

Cara Mengobati Gondong Atau Gondongan

Antibiotika tidak berperan dalam pengobatan gondongan, karena penyakit ini disebabkan oleh suatu virus. antibiotika tidak mempunyai kekuatan terhadap virus.

Aspirin junior atau parasetamol akan mengurangi rasa sakit pada rahang - tetapi, untuk anak lebih baik diberikan aspirin dalam bentuk cair, karena aspirin dalam bentuk tablet akan sulit ditelan oleh anak. Jika dosis yang diberikan adalah sekitar setengah jam sebelum makan makanan ringan ( makan makanan yang lunak seperti bubur), makan akan lebih mudah.

Anda perlu memberikan masukan cairan yang baik, karena kebanyakan anak dengan penyakit gondong mau menerima berbagai minuman dan makanan cair seperti sup dan susu, dan berikan minuman melalui pipet besar yang akan memudahkan anak untuk menerima asupan makanan dibandingkan memberikan makanan melalui sendok, karena anak sedang merasakan sakit di bagian mulut. Jika terdapat komplikasi yang melibatkan buah zakar, indung telur, atau pankreas, maka dokter mungkin akan memberikan resep pengobatan tambahan.

Waktu dua minggu biasanya menjadi patokan biasa untuk seseorang yang menderita gondongan untuk kembali beraktivitas, itu pun jika gondongan tanpa komplikasi. Selama waktu ini pembengkakan akan hilang dan anak-anak akan kembali menjadi lebih baik. Masa inkubasi penyakit gondong adalah lama - tujuh belas sampai dua puluh satu hari setelah kontak - sehingga epidemi penyakit gondong tidak berlangsung terus menerus, namun lebih banyak anak yang dapat sembuh dari penyakit gondong pada interval tiga minggu.