4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Kuat

klinikabar.com, 4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Kuat - Jantung adalah alat yang kecil, kira-kira sebesar kepalan tangan anda, dan kepada jantung nyawa anda tergantung, dan ini adalah salah satu keajaiban alami. Denyut jantung yang teratur yang mengedarkan lima atau enam liter darah untuk berkeliling di tubuh anda pada setiap menit.

Cara Jantung Tetap Sehat Dan Kuat


Gambar 4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Kuat



Jantung dalam waktu 24 jam jantung anda menerima dan memompakan kira-kira 10.000 liter darah. dalam proses pemompaan ini, mesin kecil yang 1/70 tenaga kuda, menggunakan dalam waktu satu hari cukup tenaga untuk melemparkan satu orang yang memiliki berat 150 pon setinggi gedung Empire State Building (gedung tertinggi di kota New York) kira-kira 10 ton darah melalui jantung setiap 24 jam.

Denyut Jantung

Jika anda pernah mendengar detak jantung anda dengan menggunakan stethoscope, maka anda akan mendengar suatu denyutan yang berirama, yaitu bunyi nyawa anda sendiri, ketika darah mengalir dari katup bilik jantung.

Pompa kecil yang tidak dapat dicontohkan ini, yang berdenyut 100.000 kali sehari, menyebabkan darah selalu mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah anda selama 24 jam sehari dengan tidak pernah terhenti.

Dalam waktu 70 tahun, jantung itu berdenyut tidak kurang dari 2,500,000,000 kali. dengan tidak berhenti dengan sekalipun untuk perbaikan atau reparasi. Bahkan mungkin anda tidak dapat membandingkan denyut jantung anda dengan suatu contoh gerakan lainnya yang terus menerus dengan sempurna tanpa perbaikan sekalipun.

Sekali digerakkan untuk pekerjaan memompa  yang berjalan seumur hidup, ia hanya berhenti diantara denyutan sampai ia berhenti untuk selama-lamanya. Tuhan menciptakan satu jantung yang begitu kuat dalam tubuh manusia, tetapi jantung hanya dapat menahan beban yang begitu berat oleh berhentinya selama fase diantara denyutan jantung ketika ia bekerja pada waktu kuncup.

Yang mempunyai penyakit jantung harus memperhitungkan bagaimana penderita penyakit jantung memberikan sesuatu kepada tubuhnya dan harus memberikan kepada tubuhnya terhitung jantungnya, dua kali sebanyak istirahat dibanding dengan pekerjaan keras yang diberikannya kepada tubuhnya itu.

Delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk tidur dan delapan jam lagi untuk makan dan kegiatan bersenang-senang dan itu akan membuat jantung anda tetap sehat dan tetap baik. Jika anda menjaga jantung anda dengan baik dan benar, maka jantung kita akan berjasa sangat baik terhadap hidup kita hingga denyutnya yang dua setengah milyar kali pada usia 70 tahun atau lebih.

Sangat disesalkan, orang-orang modern tidak lagi memperhatikan jantungnya dan tidak mengindahkan keperluan nya untuk beristirahat.

Para pejabat dan pemimpin-pemimpin perusahaan serta pejabat pemerintahan akan terdapat diantara 600,000 korban yang akan mati karena penyakit jantung dan pembuluh darah. Terlalu sering sikap tidak peduli dengan jantung yang sangat penting untuk hidupnya itu dan tidak sedikit bangsa-bangsa kehilangan pemimpin-pemimpinnya karena serangan jantung.

Dan sekarang tidak jarang ditemukan fakta bahwa penyakit jantung telah diderita banyak orang yang masih berusia muda, dan pada zaman dahulu, menjadi peristiwa yang sangat jarang ketik penyakit jantung menerpa orang dengan usia muda.

Namun kini, seseorang diantara setiap tiga puluh orang yang sudah berusia 40 tahun, akan menderita serangan jantung. sebagian besar dari mereka tentu terdapat orang-orang yang sadar akan keberadaan dan fungsi jantung untuk hidupnya.

4 Tips Agar Jantung Selalu Sehat

1. Jangan Tergesa-gesa

untuk apa selalu berlari! jika anda selalu berjalan cepat, makan cepat, berbicara cepat dan mesti bekerja hingga larut malam, karena itu hanya membuat dan menambah tekanan pada jantung anda.

2. Pola Makan Yang Tidak Seimbang

Jangan biarkan badan anda terlalu gemuk, dokter akan memberitahu bagaimana bahaya dari kegemukan, dan dokter akan memberitahu anda bahwa setiap satu pon lemak yang anda tambahkan, maka jantung anda akan memompa darah lebih berat melalui pembuluh darah yang satu paal atau lebih panjangnya untuk  mencukupkan darah kepada lemak tambahan itu.

Jika berat badan anda 50 pon lebih berat, maka ingatlah akan jantung anda yang malang itu harus memompa darah melalui 50 paal pembuluh-pembuluh darah sebagai tambahan. dan buat berat badan anda turun untuk membuat jantung anda tetap sehat dan bekerja dengan baik.

3. Hindari Kecemasan

Orang yang selalu cemas adalah orang yang menjadi calon penderita penyakit jantung yang buruk, segala kesulitan hidup yang sepele merupakan kesulitan yang besar bagi mereka yang membuat kecemasan itu sebagai pekerjaannya.

Dengan memandang ke hari yang akan datang dengan cemas, mereka sesungguhnya telah menambahkan tekanan tambahan kepada pembuluh-pembuluh darah yang kecil dengan meninggikan tekanan darah mereka.

4. Jangan Bekerja Terlalu Keras

Kepenatan selalu dapat membunuh anda. janganlah main golf 18 lubang sehari sehingga mati pada usia 50 tahun, hanya karena anda tidak mengakui bahwa anda hanya sanggup bermain golf dengan 9 lubang saja.

Jangan menjadi seorang diantara mereka yang selalu berlomba-lomba selama 24 jam, mungkin baginya pekerjaan tidak pernah berakhir hingga pada akhirnya mereka sakit dan berhenti bekerja dan menderita suatu penyakit yang fatal.

Manfaat Wine Dan Musik Pop Untuk Jantung Sehat

Tahukah anda jantung anda bisa selalu sehat dengan wine dan musik pop? pasti anda bertanya, bagaimana itu bisa bekerja? terdengar tidak mungkin, tapi coba simak artikel berikut ini :

Jantung Sehat Dengan Musik Pop


Hasil studi dari Pavia University, Italia. dan dibenarkan oleh University of Maryland Medical Center tentang jenis musik tertentu yang berdampak positif terhadap kondisi jantung. " Studi ini semakin menguatkan musik sebagai alternatif pengobatan dengan metode rehabilitasi" kata Dr.Luciano Bernardi dari Pavia University. Secara spesifik, musik dengan tempo repetitif yang teratur berefek positif untuk "olahraga" jantung anda.


Tempo repetitif berarti rangkaian musk tersebut terbangun dari progresi nada yang konsisten pada ketukan dari awal hingga lagu berakhir, seperti musik bertempo stabil, studi juga kembali mengulas efektivitas musik klasik seperti Beethoven's Ninth Symphony. Sampai dengan lagu-lagu dalam opera Puccini dan Verdi yang memiliki khasiat terapi sistem kardiovaskuler.


Agar Jantung Sehat 

Berapa banyak red wine dalam seminggu? Satu? Atau dua gelas sehari? tahukah anda bahwa meminum wine satu atau dua gelas per hari dapat menjadikan wine "cairan" yang protektif untuk jantung. kandungan polyphenol pada red wine berkhasiat untuk jantung, terlebih lagi jika anda memilih jenis wine Cabernet Sauvignon. Mungkin anda harus ingat sebuah ungkapan tentang wine " sedikit akan selalu lebih baik dan bermanfaat serta baik untuk kesehatan jantung".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel