11 Macam Susu Dan Susu Yang Bagus Untuk Bayi

klinikabar.com, Macam-Macam Susu - Pentingnya susu untuk tubuh sudah bukan rahasia umum lagi, karena susu yang komposisinya tepat dapat memenuhi kebutuhan zat-zat makanan yang penting bagi tubuh, terutama kebutuhan akan protein dan kalsium.

Jenis-Jenis Susu Yang Baik Untuk Tubuh

Susu yang mengandung kalsium memang merupakan bahan andalan untuk sebagian besar susunan tulang, selain merupakan zat makanan penting dalam mengatur pembekuan darah, penguatan otot, penyaluran rangsang saraf, fungsi kerja enzim dan dalam menjamin keteraturan denyut jantung.


Gambar 10 Macam Susu Dan Susu Yang Bagus Untuk Bayi


Susu yang terbuat dari susu sapi dianggap merupakan sumber nutrien yang mendekati ideal bagi tubuh, sebab susu mengandung riboflavin dan Vitamin A, selain kalori dari kandungan laktosanya. Intinya, penuhi asupan makanan berdasarkan empat sehat lima sempurna.

11 Jenis Susu Yang Baik Untuk Tubuh

1. Susu Pasteurisasi

Susu pasteurisasi adalah susu yang telah dipanaskan cukup lama pada temperatur yang tinggi, sehingga semua bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia terbunuh, tetapi tidak berarti susu steril sama sekali dari bakteri, masih ada sedikit kuman-kuman yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. Susu Mentah atau Susu Murni

Susu sapi yang belum diolah sama sekali, jika akan diminum harus dididihkan dahulu selama 5 menit untuk membunuh kuman-kuman penyebab mencret, TBC, infeksi tenggorokan, dan kuman-kuman lainnya.

3. Susu Berkadar Lemak Rendah

Ada beberapa macam susu dengan kadar lemak rendah :
Susu skim, mengandung kurang dari 1/2% lemak susu
Susu berkadar lemak rendah : mengandung 1/2% atau 1% atau 2% lemak susu.

Kadang-kadang ada beberapa macam susu berkadar lemak rendah ditambah protein ekstra. diet susu berkadar lemak rendah sering diberikan oleh dokter pada bayi-bayi yang lahir prematur. Biasanya yang berkadar lemak 2% sampai berat badannya mencapai 2,5 kg, susu semacam ini lebih mudah dicerna.(susu skim sama sekali tidak bermanfaat untuk bayi yang prematur karena susu skim kurang kadar nutrisinya).

Susu skim dan susu berkadar lemak rendah yang diencerkan 1:1 sering diberikan pada bayi atau anak yang menderita diare karena susu ini lebih mudah dicerna.

4. Susu Bubuk

Susu bubuk (non Skim) sangat berguna, terutama jika anda akan bepergian dengan membawa bayi dan anak-anak, atau jika anda tinggal ditempat, dimana sulit untuk mendapatkan susu segar setiap hari.

Susu bubuk ini sangat praktis dibawa kemanapun, mudah dalam penyimpanannya, walaupun harganya biasanya lebih mahal dari susu segar, anda hanya perlu mencampurnya dengan air hangat dan mengaduknya hingga susu larut.

Perbandingan air dan susu bubuk biasanya tergantung pada merk susu dan pabrik penghasilnya, yang pada umumnya menyertakan cara pengenceran susu di etiket kaleng atau kantung pembungkusnya. pada umumnya satu sendok (rata) dicampur dengan 60 cc air matang hangat.

5. Susu Bubuk Skim

Susu ini bisa dibeli di apotek, di toko, atau di supermarket, perbandingannya biasanya, 1 sendok makan dengan 60 cc air matang, tapi pada penderita diare, pengenceran dilakukan dengan 120 cc air.

6. Susu Kental

Jangan dicampur susu kental manis dengan susu kental, karena mengandung banyak gula dan tidak boleh susu campuran antara susu kental manis dan susu kental ini diberikan pada anak-anak.

Susu kental ini biasanya disimpan dalam kaleng, susu ini di dapat dengan cara menguapkan air yang terkandung dalam susu sapi.

Lebih dari separuh kandungan airnya telah diuapkan (dari 800 cc susu sapi setelah di proses hanya didapat 375 cc susu kental saja). Kemudian susu diolah dan diproses lagi dengan demikian sehingga sesudah dikalengkan, siap untuk menjadi minuman bayi atau minuman anak. 

Kadang susu kental ini harganya lebih murah dari susu bubuk, kaleng yang belum dibuka dapat disimpan lama diluar lemari es.

Rasanya mungkin sedikit berbeda dengan susu segar, karena susu kental telah mengalami beberapa proses, tetapi secara keseluruhan hampir tidak ada bedanya dengan susu biasa.

7. Susu Buatan

Susu ini disediakan untuk bayi-bayi dan akan-anak yang menderita alergi terhadap susu sapi atau bahkan alergi terhadap Air Susu Ibu, biasanya susu buatan ini terbuat dari kacang kedelai yang telah diproses dengan sedemikian rupa.

8. Susu Asam dan Susu Manis

Susu bubuk dalam kaleng untuk bayi biasanya tergolong dalam 2 golongan, ada susu yang manis dan susu yang asam.

Mungkin anda bertanya "kenapa ada susu asam dan ada susu manis?" sebenarnya tidak ada perbedaan apapun antara kedua jenis susu tersebut, hanya kadar gulanya saja yang berbeda, umumnya susu asam lebih tahan terhadap kemungkinan kontaminasi kuman-kuman penyakit. Susu manis lebih mudah terkena kontaminasi dan menimbulkan penyakit bila kebetulan yang masuk adalah kuma-kuman yang aktif.

9. Laktosa atau Gula Susu

Laktosa atau gula susu biasanya terkandung dalam asi atau susu sapi, gula ini baik untuk membuat manis susu bayi, karena gula susu ini mudah dicerna, tapi harganya mahal.

Gula Pasir atau Gula Sukrosa
Gula pasir atau gula sukrosa adalah gula tebu yang umumnya dipakai untuk mencampur susu bayi keran gula lebih murah dari laktosa atau gula susu, selain murah, gula sukrosa ini mudah larut sempurna.

10. Susu Formula

Apa itu susu formula? formula adalah campuran dari susu sapi, air dan gula, air untuk mengencerkan protein dan lemak, karena konsentrasinya dalam susu sapi lebih tinggi daripada Air Susu Ibu. Tetapi Air Susu Ibu jauh lebih manis dari susu sapi, sehingga perlu ditambahkan gula pada susu sapi. susu formula dapat dibeli di supermarket atau anda dapat membuat sendiri dari susu kental atau susu bubuk.

Anda harus mensterilkan botol susu dan bahan-bahan berbahaya lainnya sebaik mungkin untuk membunuh semua kuman yang masih ada. Karena kuman-kuman ini cepat sekali berkembang biak, dalam 1 hari saja kuman-kuman ini bisa mencapai jumlah jutaan dalam susu yang tidak steril, sehingga dapat membahayakan kesehatan bayi.

11. Susu Formula Dalam Kaleng

Kita mengenal beberapa macam susu formula, komposisinya sudah diatur dengan demikian rupa, sehingga lebih mendekati komposisi Air Susu Ibu, dan kadar proteinnya telah dikurangi, kadar gula ditambah lagi dan kadar lemaknya telah dikurangi atau diganti dengan minyak sayur.

Penutup

Terkadang susu formula ditambah zat besi. dan di Amerika, susu formula di dapatkan dalam bentuk : susu kaleng, susu dalam botol, susu formula yang dipekatkan dalam kaleng, dan susu yang diencerkan lagi serta susu formula dalam bentuk bubuk. Tetapi di berbagai negara susu formula di dapatkan hanya dalam bentuk susu bubuk.

Baca Juga 6 Jenis Tes Alergi Untuk Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel