Cara Mengobati Bronkitis Pada Anak Dan Penyebabnya

klinikabar.com, Cara Mengobati Bronkitis Pada Anak - Apa Itu Bronkitis? Bronkus adalah suatu pipa sempit yang berawal pada pipa angin (trakea), yang menghubungkan saluran pernapasan atas, hidung dan tenggorokan dan sinus ke paru-paru. Biasanya yang menyebabkan bronkitis adalah infeksi dari hidung dan tenggorokan ke bronkus.

Bronkitis Pada Anak

Gambar Cara Mengobati Bronkitis Pada Anak Dan Penyebabnya

Bronkitis paling lazim timbul pada anak-anak yang baru mulai bergaul dengan ana-anak lainnya, dalam kelompok bermain atau kelompok taman anak-anak, sampai usia ini mereka belum membentuk imunitas terhadap semua infeksi yang mungkin ditemukan untuk pertama kali.

Oleh karena itu, batuk, flu, dan bronkitis dapat timbul pada kelompok usia ini, terutama pada anak-anak yang menderita alergi dan pada anak-anak yang hidup dalam atmosfer yang terisi asap rokok. Juga jika kondisi tubuh anak yang menurun karena alasan apa pun (misalnya setelah serangan salah satu penyakit infeksi dengan demam pada masa anak-anak), dapat timbul bronkitis.

Campak dan batuk rejan dapat juga diaplikasikan oleh bronkitis seperti begitu sering dikira, tetapi karena beberapa anak kurang sehat pada waktu tumbuhnya gigi, maka kedua keadaan ini dapat timbul secara bersamaan.

Tanda Dan Gejala Bronkitis Pada Anak

Tanda utama yang menunjukan anak anda menderita bronkitis lebih daripada sekedar pilek yang berat, yaitu "pilek" yang tidak sembuh secepat yang diperkirakan, biasanya gejala pilek yang terburuk akan hilang pada hari ketiga : batuk membaik, nafsu makan kembali baik, dan anak-anak kembali lincah seperti biasanya.

Tetapi jika infeksi ini telah menyebar ke bronkus, maka batuk akan kembali hebat dan akan berubah sifatnya. Tadinya hanya menderita batuk tenggorokan yang menggelitik, maka anak akan menderita batuk dan merasa sakit di dalam dadanya. Dan batuk ini akan memburuk di waktu malam. anak juga akan sulit bernapas bila melakukan aktivitas tambahan, dan napas anak bisa berbunyi dan dadanya mengeluarkan bunyi pada saat ia bernapas.

Cara Mengobati Bronkitis Pada Anak

Jika anak anda tidak dalam kondisi tidak sangat sakit atau menderita karena batuknya. Coba berikan salah satu obat batuk yang dijual di apotik, pastikan anda memberi yang cocok untuk anak kecil dan mengikuti dengan ketat dosis yang disebutkan pada labelnya.

Tempatkan anak anda di dalam suhu yang tetap hangat dan berikan anak anda banyak minum seperti minuman sari buah, atau berikan minuman susu kesukaannya, sering hanya diperlukan pengobatan sederhana ini seperti ini ketika anak mengalami serangan batuk ringan, jika anda mendengar bunyi "ngik" pada saat anak anda bernafas, dan bunyi tersebut begitu menonjol dan terlihat sangat mengganggu, ada baiknya anda membiarkan anak anda menghirup uap air, hanya dengan mendidihkan ketel di dalam ruangan untuk beberapa waktu dapat membuat lembab ruangan tempat anak anda berada dan ini cukup meringankan anak yang menderita bronkitis.

Tetapi jika anak anda menderita karena gejala tersebut atau gejala terlihat buruk, anda harus segera menghubungi dokter, mungkin diperlukan antibiotik untuk mengobati infeksi ini, setelah diagnosis yang dipastikan.

Komplikasi Bronkitis Yang Mungkin Terjadi

1. Infeksi ini dapat menyebar dari bronkus ke dalam jaringan paru dan menyebabkan pneumonia, anak-anak akan tampak sakit demam, dan menderita batuk, menetap, dan ini harus diberikan pertolongan medis khusus yang segera harus diberikan.

2. Jika napas "ngik" menetap selama satu minggu atau lebih, mungkin karena ada penyebab alergi, ini harus diperiksa oleh dokter sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat.

3. Kadang-kadang seorang anak, terutama kelompok usia ini, dapat menghirup suatu benda asing secara tidak sengaja, seperti kacang tanah, benda itu menempel di dalam salah satu bronkus kecil, akibatnya dapat terjadi infeksi dan kerusakan jaringan paru sehingga objek ini perlu dikeluarkan secepatnya.

4. Yang kurang serius, pilek dan bronkitis dapat dikompilasi oleh radang selaput lendir hidung dan tenggorokan menetap dengan pengeluaran lendir (catarrh).

Lendir berlebihan yang dikeluarkan oleh lubang hidung menuruni bagian belakang tenggorokan dan merangsang jaringan yang halus ini, ini dapat menyebutkan batuk, terutama malam hari pada waktu anak berbaring, dan batuk bisa berlangsung terus-menerus selama berminggu-minggu, sering tetes hidung atau inhaler dapat membantu, tetpi minta nasihat dari dokter sebelum memberikan pengobatan apa pun.