Gejala Rubella Dan Cara Mengobati Campak Jerman

klinikabar.com, Gejala Rubella Dan Cara Mengobati Campak Jerman - Apa Itu Rubella Atau Campak Jerman? Rubella atau Campak Jerman adalah penyakit ringan yang disebabkan oleh suatu virus, kenyataannya rubella sering begitu ringan sehingga dapat berlalu tanpa diketahui. Tetapi campak ini penting untuk dikenali karena dapat mendatangkan efek merusak atas bayi yang belum dilahirkan.

Rubella Atau Campak Jerman


Gambar Gejala Rubella Dan Cara Mengobati Campak Jerman


Campak Rubella merupakan penyakit yang sangat menular pada anak-anak, namun dapat terjadi juga pada orang dewasa. Penyakit rubella ini merupakan penyakit infeksi oleh virus rubella yang menular lewat batuk, bersin, dan lewat tangan yang kotor dengan cairan hidung atau mulut.

Jika rubella diderita oleh wanita pada empat bulan pertama kehamilannya. Ada kemungkinan lima puluh persen bayi akan rusak dalam beberapa cara, tergantung atas stadium kehamilan - sehingga pada perkembangan bayi, dapat mengenai telinga, mata, jantung, atau otak.

Untuk menghindari efek yang tragis ini dianjurkan imunisasi bagi semua anak wanita di sekolah, semua anak wanita antara usia sepuluh dan dua belas tahun ditawarkan imunisasi terhadap campak jerman. Dan lebih baik jika memanfaatkan imunisasi, walaupun anak anda pernah menderita penyakit campak jerman atau rubella ini, karena pemberian imunisasi tidak akan merugikan pada anak, karena akan meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

Tanda Dan Gejala Campak Jerman Atau Rubella

Perasaan umum " tidak sehat" dan kurangnya nafsu makan dan akan timbul rash, yang halus dan berwarna merah muda, yang dimulai pada bagian badan dan wajah, serta meluas dalam satu atau dua hari ke anggota tubuh yang lain. Dalam banyak kasus mungkin tidak ada timbul rash sama sekali atau begitu cepat berlalunya ( dalam artian hanya berlangsung beberapa jam saja ).

Gejala campak lainnya adalah demam tinggi, pusing serta mata yang merah, hidung berair dan sakit tenggorokan, terdapat ruam pada kulit (ruam kulit berwarna merah jambu) yang timbul setelah demam menurun dan menyebar keseluruh tubuh.

Satu tanda lainnya yang dapat anda pakai untuk memperkirakan adanya serangan rubella adalah adanya pembesaran kelenjar getah bening di bagian tengkuk, pembesaran getah bening ini menyebabkan anak anda menolak untuk menyisir rambut, anda akan mendapat petunjuk tentang apa yang menyebabkan anak anda terlihat tidak sehat jika anda menemukan kelenjar getah bening tersebut membesar dab nyeri tekan (tender).

Komplikasi Campak Jerman Atau Rubella

Ada beberapa komplikasi, jika anggota keluarga anda yang lebih tua menderita penyakit rubella, mungkin terdapat artritis ( radang sendi ) sementara, yang terasa nyeri pada beberapa sendi tubuh yang kecil, terutama pada pergelangan tangan dan pada area tangan, tetapi ini akan segera menghilang dan tidak meninggalkan gejala yang tersisa.

Cara Mengobati Campak Jerman Atau Rubella

Tidak ada pengobatan khusus, sebenarnya penderitaannya mungkin hanya merasa sakit dan merasa tidak sehat, hanya diperlukan untuk beristirahat beberapa hari di rumah dengan diberikan perhatian, kasih sayang dan rasa simpati yang cukup.

Penutup

Campak jerman sama sekali tidak ada hubungannya dengan campak, kedua penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama sekali berbeda dengan campak, kecuali efek yang dapat ditimbulkannya pada bayi yang belum lahir.

Baca Juga Cara Mengobati Rakitis Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel