Cara Mencegah Dan Mengobati Rakitis Pada Anak

klinikabar.com, Cara Mencegah Dan Mengobati Rakitis Pada Anak - Apa Itu Rakitis? Rakitis adalah keadaan yang mengenai pembentukan tulang karena kurangnya vitamin D - vitamin yang membantu penyerapan mineral kalsium dan fosfor, yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang tepat.

Penyakit Rakitis Pada Anak


Gambar Cara Mencegah Dan Mengobati Rakitis Pada Anak


Penyakit rakitis sangat rentan terjadi pada anak-anak, dan kelompok etnis tertentu yang rentan terhadap rakitis karena ada dua alasan yaitu :
1.  Komposisi makanan anak yang lebih besar kurang mengandung vitamin D.
2. Karena kebiasaan dan budaya untuk membungkus sebagian tubuh, maka sinar matahari tidak dapat bekerja pada kulit untuk membentuk vitamin D. tambahan vitamin D sangat penting pada anak-anak.

Bayi dan anak-anak yang menderita keadaan khusus seperti penyakit seliak dan fibrosis kistik  juga sangat beresiko terkena rakitis. Buruknya penyerapan vitamin penting ini menjadi bagian keadaan ini. Jadi walaupun vitamin D mungkin terdapat dalam makanan sehari-hari, tetapi vitamin itu tidak diserap dalam jumlah besar yang dapat mencukupi sehingga diperlukan tambahan vitamin D.

Tanda Dan Gejala Rakitis Pada Anak

  • Tulang menjadi lunak dan tulang menjadi bengkok
  • Dalam keadaan ekstrem, tungkai dan punggung melengkung serta terdapat kelainan bentuk pada panggul dan dinding dada
  • Bayi juga gelisah dan umumnya sangat menderita

Cara Mencegah Rakitis Pada Anak

Pastikan bayi anda mendapatkan masukan vitamin D yang cukup. vitamin ini diperoleh dari makanan dan dari sinar matahari.

Susu termasuk air susu ibu, mengandung sedikit vitamin D, sehingga bayi kecil harus mendapatkan tambahan vitamin D. Ini telah dilakukan oleh pabrik susu bayi kalengan atau pabrik susu formula, bayi yang mendapatkan air susu ibu seharusnya mendapatkan tambahan vitamin D dalam bentuk obat tetes, yang tersedia di klinik dan apotek.

Harus diberikan lima tetes per hari, pada waktu mulai memberikan makanan campuran, anda bisa mendapatkan vitamin D dari minyak hati ikan, kuning telur, dan mentega tertentu, tetapi anda juga dapat meneruskan pemberian obat tetes sampai bayi berusia sekurang-kurangnya dua tahun. Dalam musim hujan, pada saat sinar matahari alamiah berkurang, sebaiknya jika anda memberikan obat tetes pada anak-anak sampai mereka berusia lima tahun.

Cara Mencegah Rakitis Pada Anak

Rakitis dapat diobati dengan pemberian dan penyerapan vitamin D dalam jumlah yang mencukupi setiap hari. Tetapi pencegahan lebih baik daripada mengobati, dan rakitis sebenarnya dapat dicegah, lalu bagaimana cara mencegah rakitis itu sendiri!

Penutup 

Ingat! bahwa kelebihan vitamin D dapat berbahaya: jumlah ideal adalah 400 UI (Unit Internasional) per hari. jika anda ragu, dokter dapat memberi nasihat tentang jumlah asupan vitamin D yang seharusnya. Jika diperlukan tambahan, ia akan mengatakan cara memberikannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel