Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami

klinikabar.com, Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami - Apa itu Demam? Demam atau peningkatan suhu badan adalah gejala perlawanan tubuh terhadap infeksi. suhu tubuh normal benar-benar konsisten pada rata-rata 98,4 derajat fahrenheit (37 derajat Celsius).

Mengobati Demam Pada Anak

Gambar Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami

Cara Memeriksa Suhu tubuh anak pada saat demam yaitu suhu badan dapat diperiksa dengan termometer klinis yang pada hakikatnya merupakan bola air raksa yang berhubungan dengan saluran sempit di dalam kotak gelas dengan tanda derajat suhu. Karena air raksa dipanaskan, air raksa naik pada saluran ini dan suhu badan merupakan angka pada tempat berhentinya air raksa.

Jangan tempatkan termometer klinis di dalam mulut anak - karena anak bisa menggigitnya sehingga mulutnya penuh kaca, sisipkan termometer di bawah lipatan ketiak anak atau ke dalam lipatan paha. Tinggalkan anak di dalam posisi ini selama sekurang-kurangnya satu menit, kemudian baca suhunya. (anda harus menggoyangkan termometer agar air raksa turun ke dalam bolanya sebelum mengukur suhu badan siapapun).

Ingat juga untuk mencuci termometer di dalam air dingin sebelum menggunakannya. jangan menggunakan air panas untuk mencuci termometer karena dapat memecahkan bola yang mengandung air raksa itu. Ada juga lajur-demam (fever-strips) yang dapat dibeli, maka ini memperlihatkan bacaan suhu badan bila ditempatkan di dahi anak. lajur-demam lebih mudah digunakan oleh anak yang sangat kecil usianya daripada menggunakan termometer klinis dan jauh lebih menggembirakan untuknya.

Untuk mendapatkan bacaan yang sebenarnya, suhu badan tidak boleh diukur setelah pengerahan tenaga tidak biasanya atau setelah anak meminum sesuatu yang panas - aktivitas ini dapat meningkatkan suatu suhu badan sehingga memberikan hasil tes palsu, tidak perlu memeriksa suhu badan anak dengan jangka waktu selama sakit, anda akan sanggup menilai secara nyata suhu badan anak anda dengan menyentuh kulitnya.

Penyebab Infeksi Bisa Meningkatkan Suhu Badan Pada Anak

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran pernapasan atas adalah yang paling sering dijumpai dalam kelompok usia ini - meliputi infeksi telinga, karena infeksi ini lazim menyertai infeksi saluran pernapasan, pada anak yang tidak sanggup menceritakan sumber sakitnya kepada anda, maka peningkatan suhu badan sering merupakan satu-satunya tanda infeksi telinga. Suhu badan dapat meningkat pada kecepatan yang membuat gelisah pada anak-anak kelompok usia ini.

Mereka bisa bermain-main dengan senang dan, setengah jam kemudian, sakit dengan suhu badan yang memuncak, untungnya dengan pengobatan yang tepat, suhu badan anak akan turun secepatnya seperti cepat peningkatannya.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah suatu keadaan lain yang bisa menimbulkan demam ringan sebagai salah satu gejala yang lebih jelas, terutama pada anak perempuan. peningkatan ringan suhu badan bersama dengan keluhan "sakit perut" dan kegelisahannya dapat merupakan tanda infeksi saluran kemih. dokter perlu memeriksa contoh urine anak anda untuk membuat diagnosis yang tepat.

3. Demam Masa Anak-anak

Permulaannya salah satu penyakit ini mungkin menunjukan dirinya dengan peningkatan suhu badan, tetapi setelah dua puluh empat jam atau lebih, akan menjadi jelas tanda-tanda klasik infeksi spesifik.

Penyebab Lain Peningkatan Suhu Badan Pada Anak

Jangan menganggap sepele efek panas berlebihan pada seorang anak. iklim panas, terutama suhu yang luar biasa tingginya bagi anak, dapat menyebabkan sengatan panas (heat-stroke) kecuali dilakukan perawatan untuk menjaga agar badannya sejuk.

Dalam keadaan demikian, jika suhu badan telah tinggi, kekurangan cairan dapat memperburuk masalah ini dan menyebabkan peningkatan suhu badan lebih lanjut. Maka anak anda perlu mendapat air dan minuman sari buah tambahan.

Dan sejumlah penyebab demam lainnya yang jarang menyerang anak dan memerlukan pertolongan dokter - pertama untuk diagnosis yang tepat, kemudian untuk nasihat pengobatan yang tepat. Sehingga jika anak anda menderita demam yang tidak mereda dalam dua hari, anda harus menghubungi dokter tanpa menunda lagi.

Efek Samping Demam Yang Mungkin Terjadi.

Dalam kelompok usia ini, dan juga pada anak-anak di bawah usia dua tahun, demam tinggi dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai kejang demam. Ini merupakan reaksi otak yang belum matang terhadap peningkatan mendadak suhu badan - pada orang dewasa, reaksi ini berupa delirium (mengigau). Setelah usia lima tahun, jarang timbul kejang demam.

Anda harus menghubungi dokter jika anak anda menderita kejang demam ( untuk pengobatan pertama yang anda harus berikan sampai datangnya bantuan medis. Demam merupakan reaksi badan terhadap infeksi atau sejumlah sebab luar panas berlebihan, demam pada anak kecil tidak boleh diabaikan, terutama jika demam itu menetap.