Cara Mengobati Demam Kelenjar Pada Anak

klinikabar.com, Cara Mengobati Demam Kelenjar Pada Anak - Apa Itu Demam Kelenjar? Demam kelenjar adalah suatu infeksi virus yang pada umumnya dilihat pada akhir masa remaja dan awal masa dewasa, tetapi ia juga dapat timbul pada anak-anak dalam ujung atas kelompok usia ini.

Penyakit Demam Kelenjar Pada Anak

Gambar Cara Mengobati Demam Kelenjar Pada Anak

Tanda Dan Gejala Demam Kelenjar

Ada dua bentuk demam kelanjar, keduanya dengan gejala yang sama, salah satu bentuk penyakit bersifat akut, tetapi hanya singkat, sementara lainnya dengan gejala awal yang kurang berat, tetapi penyakit ini berlanjut selama beberapa minggu.

1. Jenis Yang Mulainya Akut

Akan dimulai dengan sakit tenggorokan yang parah dan suatu demam yang khas lebih rendah di saat pagi hari tetapi akan meningkat dan bertambah di saat siang hari. Seluruh kelenjar getah bening tumbuh dan membesar, ini tampak jelas pada leher, ketiak, dan pada lipatan paha, pada kurang dari seperempat anak-anak dengan demam kelenjar juga terdapat rash pada dada dan punggung; itu timbul pada minggu pertama penyakit demam kelenjar.

Disamping itu, anak akan merasa sangat tidak sehat, gejala ini menetap selama dua minggu tetapi kesembuhan dan waktu pulih setelah waktu ini biasanya berlangsung cepat dan sempurna.

2. Pada Penyakit Demam Kelenjar Yang Mulainya Kurang Akut

Juga akan terdapat sakit tenggorokan dan pembesaran kelenjar getah bening. tetapi tenggorokan tidak akan begitu sakit dan demam tidak begitu tinggi.

Penderita tidak akan merasa begitu sakit tetapi ia akan terus menerus merasa tidak sehat selama beberapa minggu, anak akan merasa letih ketika melakukan gerak badan tambahan, serta anak akan merasa depresif dan mudah marah selama beberapa minggu.

Cara Mengobati Demam Kelenjar

Tidak ada pengobatan khusus untuk demam kelenjar. mula-mula dapat dianjurkan istirahat di tempat tidur selama beberapa hari, hanya dapat dilakukan pemberian banyak cairan, makanan ringan bergizi yang mudah ditelan, serta banyak perhatian dan kasih sayang.

kembali ke sekolah tergantung pada perasaan pasien ini, mungkin harus dilakukan secara bertahap, setengah hari untuk seminggu atau lebih dengan pekerjaan tambahan yang dilakukan dengan tenang di rumah merupakan pemikiran baik jika anak merasa cepat lelah. dan pada demam kelenjar ini jarang timbul  komplikasi setelah demam kelenjar sembuh.

Demam kelenjar memang bukan penyakit serius, tetapi dapat sangat mengganggu pekerjaan sekolah pada anak. Demam ini lebih umum dialami pada masa pertengahan sampai akhir masa remaja. Demam kelenjar juga dapat mengganggu anak pada saat anak sedang melakukan ujian sekolah, dan sangat beruntung karena demam kelenjar tidak menular sehingga jarang terjadi epidemi.