Penyebab Anoreksia Nervosa Dan Cara Mengobati Anoreksia

klinkabar.com, Penyebab Anoreksia Nervosa Dan Cara Mengobati Anoreksia - Apa itu Anoreksia Nervosa? Anoreksia nervosa adalah keadaan mencemaskan ini terutama dijumpai pada anak remaja - kebanyakan terjadi pada anak wanita. Keadaan ini sering dimulai dalam usaha untuk ramping. Anak wanita semakin mengurangi makan-nya sampai akhirnya ia tidak makan apapun dan menjadi sangat kurus tetapi masih terlihat dirinya sendiri belum cukup kurus.


Anoreksia Nervosa Dan Cara Mengobati Anoreksia


Gambar Penyebab Anoreksia Nervosa Dan Cara Mengobati Anoreksia


Awal Anoreksia Nervosa adalah ketika ia membentuk gambaran yang salah tentang tentang dirinya sendiri dan tidak menyadari bahwa hal itu merugikan untuk kesehatannya serta lebih merusak dirinya sendiri daripada meningkatkan penampilannya. Penderita anoreksia nervosa dengan sengaja membatasi masukan makanan- misalnya menyembunyikan makanan dan sengaja memuntahkan makanan yang telah dimakan-nya.

Penyebab Dan Akibat Anoreksia Nervosa

Anak wanita - dan anak laki-laki yang menderita keadaan anoreksia nervosa ini cenderung mempunyai kepribadian seperti neurotik. Mereka membuat standar yang sangat tinggi bagi dirinya sendiri dan kegagalan apa pun untuk mencapai cita-cita kesempurnaannya menimbulkan banyak keresahan.

Sikap ini meluas ke pencarian bagi tubuh ramping yang "ideal". takut gagal dalam melakukan sesuatu juga berperan pada mulainya penyakit ini. Sebenarnya kecemasan tertentu mungkin menjadi faktor pencetus akhir dalam penolakan makanan, misalnya, pada suatu kesempatan seorang teman sekolah yang bercanda tentang kegemukan atau kegagalan memenangkan pertandingan hoki atau suatu pertandingan atletik.

Tidak dimakannya makanan yang bergizi cukup dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan penyakit serius. Walaupun tampak mempunyai sangat banyak energi, anak ini hidup tanpa cadangan tubuh, pada stadium sangat lanjut, gangguan kimia tubuh tidak akan pulih lagi. kematian bisa terjadi jika tidak dilakukan tindakan segera.

Pengobatan Anoreksia Nervosa.

Untuk mengobati anoreksia nervosa diperlukan konseling segera oleh psikiatris pada stadium dini penyakit ini untuk mencegah berlangsungnya keadaan stadium lanjut yang sangat serius. Masalah kepribadian dan kekhawatiran yang berhubungan dengan adaptasi terhadap situasi dan adaptasi dengan orang lain yang harus diketahui.

Anak wanita harus dibantu dalam memahami masalahnya sehingga sehingga ia dapat memulai membantu dirinya sendiri berjalan ke arah normal lagi, diperlukan banyak pengertian disertai kasih sayang serta bantuan dari keluarga dan teman.

Jika keadaan ini telah berakar dan anak wanita tersebut tidak dapat dibujuk untuk makan normal maka diperlukan konsultasi dengan dokter, atau segera bawa anak tersebut ke rumah sakit, sehingga ketidakseimbangan kimia dapat dipulihkan ke normal dan dijamin masukan yang minimum - jika perlu lewat pembuluh darah. Setelah keadaan fisik akibat kelaparan ini diperbaiki, diperlukan bantuan psikiatris untuk mengidentifikasi dan mengobati masalah yang mendasari-nya.

Penutup

Anoreksia adalah suatu keadaan yang mencemaskan dan masalah serius serta salah satu keadaan yang harus disadari setiap ibu, terutama ibu anak wanita remaja. karena kebanyakan adalah anak perempuan yang menginginkan tubuh yang ramping yang berlebihan merupakan suatu norma di dalam usia remaja. Tetapi biasanya seorang anak wanita yang terlalu teliti dan sangat cerdas yang dapat terobsesi oleh keinginan untuk menurunkan berat badan sehingga akhirnya menimbulkan anoreksia nervosa. kemungkinan ini harus dikenali sejak dini dan tindakan pencegah harus dilakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel