Penyebab Gastritis, Tanda, Gejala Dan Cara Mengobati Gastritis

klinikabar.com, Gejala Dan Cara Mengobati Gastritis - Apa itu Gastritis? Gastritis adalah (inflamasi mukosa lambung) sering terjadi akibat diet tidak teratur atau tidak terkontrol, dan gastritis merupakan peradangan pada lambung yang sering terjadi dengan karakteristik adanya anoreksia, rasa penuh di perut, tidak nyaman pada epigastrium, mual dan muntah. dan gastritis bersifat akut, kronik atau lokal.

Apa Itu Penyakit Gastritis

Gambar Penyebab Gastritis, Tanda, Gejala Dan Cara Mengobati Gastritis

Patofisiologi Gastritis - Pada gastritis akut, membran mukosa lambung menjadi edema dan hipertensi (kongesti dengan jaringan, cairan dan darah) dan mengalami erosi superficial, bagian ini mensekresi sejumlah getah, lambung yang mengandung sangat sedikit asam tetapi banyak mukus, ulserasi superficial dapat terjadi dan dapat menimbulkan hemoragi. Mukosa lambung mampu memperbaiki diri sendiri setelah mengalami gastritis, jika makanan yang membuat iritasi tidak dimuntahkan tetapi mencapai usus, dapat mengakibatkan kolik dan diare.

Gastritis kronik diakibatkan dari perubahan dari perubahan sel perineal, yang menimbulkan entropi, infiltrasi seluler, serta keadaan mukosa terdapat bercak-bercak penebalan berwarna abu-abu kehijau-hijauan. Dengan hilangnya mukosa lambung, maka sekresi getah lambung juga berkurang sehingga menimbulkan anemia, pernisiosa, dan terjadi mundur atau kosfus dari lambung. gastritis atrofik boleh jadi merupakan pendahuluan untuk karsinoma.

Gejala Dan Tanda Gastritis

Tanda dan gejala gastritis dibagi menjadi 2 yaitu : gastritis akut dan gastritis kronik.
Tanda Gastritis Akut : nyeri epigastrium, nausea, muntah, anoreksia.

Tanda Gastritis Kronik : Wajah tampak pucat, hemoglobin tidak normal, perut terasa panas, anorexia, perut terasa tegang, BAO/MAO (basal acid output/ maximal acid output) rendah dapat diketahui dengan biopsi.

7 Penyebab Gastritis

1. Kafein
  2. Alkohol
  3. Aspirin
  4. Reflulus bakteri atau terapi radiasi dan endotoksin bakteri
  5. Obat-obatan
  6. Merokok
  7. Jenis makanan pedas, makanan asam, dan makanan mengandung santan.

Klasifikasi Gastritis

1. Gastritis Akut Erosif

Gastritis akut erosif adalah suatu peradangan permukaan mukosa lambung yang akut dengan kerusakan-kerusakan erosi.

2. Gastritis Akut Hemoragik

Penyebab gastritis akut hemoragik adalah akibat minum alkohol atau obat lain yang menimbulkan iritasi pada mukosa.

3. Gastritis Kronik

Inflamasi sel-sel radang yang terjadi pada lamina propria dan daerah intra epitel terutama terdiri atas sel-sel radang kronik, yaitu limfosit dan sel plasma

Komplikasi Gastritis

Komplikasi gastritis dibagi kedalam dua kelompok, yaitu :

1. Gastritis Superfisialis Akut : yaitu keadaan saluran cerna bagian atas berupa hematemesis melena, syok hemoragik.

2. Gastritis Atrofik Kronik : yaitu perdarahan saluran cerna bagian atas uklus, perforasi dan anemia.

3 Pemeriksaan Penunjang Gastritis

1. Endoskopi
  2. Tes darah lengkap
  3. Stool test

4 Penatalaksanaan Medis Untuk Gastritis

1. Antispasmodik
  2. Antibiotik
  3. Antipiretik
  4. Antasid

Obat-obatan, bakteri, alkohol, garam empedu atau enzim, pankreas dapat merusak mukosa lambung, mengganggu pertahanan mukosa lambung dan mungkin difus kembali asam dan pepsin ke dalam jaringan lambung terhadap kebanyakan penyebab iritasi tersebut adalah dengan regenerasi mukosa. Dengan iritasi yang terjadi secara terus menerus, jaringan menjadi meradang dan terjadi perdarahan. gastritis juga merupakan tanda pertama dari infeksi sistemik akut.