Tetralogi Fallot, Definisi, Gejala, Dan Komplikasi Tetralogi Fallot

klinikabar.com, Gejala, Dan Komplikasi Tetralogi Fallot - Apa itu Tetralogi Fallot? Tetralogi Fallot adalah kelainan jantung dengan gangguan sianosis yang ditandai dengan 4 kombinasi 4 hal yang abnormal meliputi defek septum ventrikel, stenosis pulmonal, overriding aorta, dan hipertrofi vertikal kanan. Komponen yang paling penting dalam menentukan derajat beratnya penyakit adalah stenosis pulmonal dari sangat ringan sampai sangat berat, stenosis pulmonal bersifat progresif, makin lama makin berat.

Tetralogi Fallot


Gambar Tetralogi Fallot, Definisi, Gejala, Dan Komplikasi Tetralogi Fallot


Tetralogi fallot terjadi karena dua faktor, yaitu faktor endogen dan faktor oksigen, faktor endogen yaitu faktor yang meliputi berbagai jenis penyakit genetik : kelainan kromosom, adanya penyakit penyakit tertentu dalam keluarga, anak yang lahir sebelumnya menderita penyakit jantung bawaan. Dan faktor eksogen adalah faktor yang meliputi riwayat kehamilan ibu, ibu menderita penyakit infeksi, pajanan terhadap sinar-x.

Patofisiologi Tetralogi Fallot

Karena adanya VSD yang besar dan stenosis pulmonal maka akan terjadi perubahan hemodinamik. Stenosis pulmonal yang terjadi itu menyebabkan darah yang berasal dari vena cava superior dan inferior seluruhnya akan tertampang dalam ventrikel kanan, kemudian masuk ke aorta tanpa membebani ventrikel kiri, sehingga timbul hipertrofi ventrikel kanan.

Sedangkan ventrikel kiri relatif kecil, VSD tersebut menyebabkan terjadi shunt kanan ke kiri sehingga timbul sianosis, stenosis pulmonal menyebabkan aliran darah ke pulmo menjadi menurun sehingga terjadi hipoksemia yang dikompensasi dengan polistema.

Pemeriksaan Penunjang Tetralogi Fallot

Radiologis
Sinar-x pada toraks menunjukkan penurunan aliran darah pulmonal, tidak ada pembesaran jantung.

Elektrokardiogram
Pada EKG sumbu QRS hampir selalu berdeviasi ke kanan

Ekokardiografi
Memperlihatkan dilatasi aorta, penurunan ukuran arteri pulmonalis dan penurunan aliran darah ke paru-paru.

Kateterisasi
Diperlukan sebelum tindakan pembedahan untuk mengetahui defek septum ventrikel multiple.

Manifestasi Klinis Tetralogi Fallot

  • Sianosis
  • Dispnea
  • Serangan dispnea paroksimal
  • Keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan
  • Denyut pembuluh darah normal
  • Bising sistolik

Komplikasi Tetralogi Fallot

  • Trombosis pulmonar
  • CVA trombosis
  • Abses otak
  • Pendarahan
  • Anemia relative

Bentuk Dan Ukuran Jantung

Jantung dibentuk oleh organ-organ muscular, apex dan basis cordis, atrium kanan dan kiri serta vertikal kanan dan kiri, ukuran jantung panjangnya kanan dan kiri 12 cm, lebar 8-9 cm serta tebal kira-kira 6 cm. berat jantung kira-kira sekitar 7-15 ons atau 200 sampai 425 gram dan sedikit lebih besar dari kepalan tangan.

Ruang Dalam Jantung

Ada 4 ruangan jantung dimana dua dari ruang itu disebut atrium (serambi) dan sisanya adalah vertikel (bilik). Kedua atrium merupakan ruang dengan dinding otot yang tipis karena rendahnya yang ditimbulkan oleh atrium.

4 Katup Jantung
  1. Katup trikuspid, berada diantara atrium kanan dan ventrikel kanan.
  2. Katup pulmonal, setelah katup trikuspid tertutup, darah akan mengalir dari dalam ventrikel kanan melalui trunkus pulmonalis.
  3. Katup bikuspid, mengatur aliran darah dari atrium kiri menuju ventrikel kiri
  4. katup aorta, terdiri dari 3 daun katup yang terdapat pada pangkal aorta.

Kesimpulan

Lalu apakah pasien tetralogi fallot dapat sembuh total? Jawabannya adalah kemungkinan pasien tetralogi fallot sulit disembuhkan karena bawaan genetik, tetapi dapat diminimalkan dengan cara operasi jantung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel